Masing-masing negara tentunya memiliki makanan khasnya sendiri. Makanan tersebut diturunkan dari nenek moyang mereka. Seperti contohnya di Indonesia, salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal dan merakyat yaitu nasi pecel. Namun, tidak hanya di Negara Indonesia saja, negara lainnya pun juga memiliki makanan khas yang tak kalah nikmat.

Salah satunya yaitu di Negara Brunei Darussalam. Brunei Darussalam itu sendiri merupakan salah satu negara yang lokasinya berada dekat dengan Indonesia. Negara ini terletak di daratan Kalimantan. Sebagai negara dengan latar belakang Melayu, kuliner tradisional yang khas dari negara tersebut menyajikan cita rasa yang begitu nikmat.

Bagi Anda yang tengah berlibur ke negara Petro Dollar, maka sangat disayangkan untuk melewatkan makanan-makanan khas yang ada di negara yang kaya akan hasil minyak ini. Bagi Anda yang penasaran, maka berikut adalah daftar-daftar makanan khas dari Brunei Darussalam yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Mie Goreng Brunei

Mie Goreng Brunei
Image Credit: Twitter HIS Travel Malaysia

Makanan pertama yang berasal dari negara ini yaitu mie goreng Brunei. Bagi Anda yang sudah terbiasa menyantap mie goreng, maka tentu merasa penasaran dengan mie goreng khas dari negara yang satu ini. Jika dilihat dari segi tampilannya, maka mie goreng satu ini memang tidak berbeda jauh dengan mie goreng yang sering Anda temukan di Indonesia.

Yang membedakan hanyalah pada sambal khas yang digunakan. Selain itu juga terdapat saus tiram yang semakin memberikan cita rasa unik dan berbeda pada mie goreng Brunei tersebut. Anda yang tertarik untuk mencicipi makanan khas ini, maka bisa dengan mudah menemukannya di pedagang kaki lima saat malam hari di beberapa kota di negara tersebut.

2. Nasi Katok

Nasi Katok
Image Credit: Twitter Angie Chen

Anda yang memiliki budget pas-pasan tak perlu khawatir, karena masih bisa menikmati makanan khas yang satu ini. Nasi katok memang merupakan salah satu jenis kuliner khas dari negara Brunei yang harganya sangat terjangkau.

Bisa dikatakan nasi ini selevel dengan nasi kucing yang dijual dengan porsi kecil dan menggunakan bungkusan kertas seperti umumnya banyak ditemukan di negara Indonesia. Lauk yang bisa ditemukan di nasi tersebut yaitu berupa olahan ayam dengan menggunakan tambahan bumbu khas Brunei yang terasa begitu lezat di mulut.

Sekalipun harga dari nasi ini cenderung murah, tapi mengenai masalah cita rasa Anda tidak perlu meragukannya. Karena dipastikan Anda akan merasa ketagihan. Menikmati malam sambil berjalan-jalan dan berburu nasi katok merupakan ide yang sangat bagus ketika Anda berada di Brunei. Karena harganya yang murah, maka Anda pun bisa sekaligus mentraktir teman-teman ataupun keluarga.

3. Kue Celurut

Kue Celurut
Image Credit: Facebook Kuih Hmy Hmj

Kue celurut dikenal juga dengan sebutan kuih celurut. Merupakan salah satu makanan ringan yang berasal dari Brunei. Camilan tersebut dibuat dari bahan berupa gula merah, tepung beras, santan dan juga bumbu-bumbu lain yang diolah dan dibungkus menggunakan daun kelapa.

Rasa manis dan gurih yang dipadu pada kue celurut ini membuatnya sangat cocok untuk dinikmati ketika sore hari bersama dengan segelas teh ataupun kopi. Anda akan menemukan tak sedikit warga Brunei yang bersantai menikmati waktu sambil mengobrol dengan ditemani kue tersebut.

Harga dari makanan tradisional yang satu ini juga sangat bersahabat dan tidak akan menguras kantong Anda. Dengan begitu tidak perlu khawatir ketika harus memakan kue celurut dengan porsi yang banyak sekalipun.

4. Pulut Panggang

Pulut Panggang
Image Credit: Instagram Alan Goh

Makanan berikutnya yang juga tak kalah lezat dan merupakan kuliner khas yaitu pulut panggang. Pulut panggang ini dibuat dari bahan berupa beras ketan, gula santan dan juga garam. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak memakai bara api dan dibungkus dengan daun pisang, sebelum akhirnya dipanggang.

Untuk menambah cita rasa yang nikmat di pulut panggang nantinya akan ditambahkan isian berupa ikan ataupun daging. Sehingga akan terasa lebih gurih dan lezat. Bagi yang Sangat gemar seafood maka makanan yang satu ini sangat cocok untuk Anda konsumsi. Anda bisa memilih isian berupa ikan di pulut panggang.

5. Ambuyat

Ambuyat
Image Credit: Twitter Happy Trails! Asia

Ambuyat merupakan sebuah kuliner bubur sagu yang berasal dari negara Brunei dan disini memang menyerupai papeda. Tak jauh berbeda seperti makanan papeda, Ambuyat ini disajikan bersama dengan sop ikan dan kuah kuning.

Makanan tersebut mempunyai cita rasa yang begitu gurih. Agar semakin nikmat, Anda juga bisa menambahkan lauk pauk pendamping ataupun menggunakan opor ayam. Setelah lelah beraktivitas menyusuri tempat-tempat wisata di negara Brunei Darussalam, maka tidak ada salahnya untuk sejenak beristirahat dan mencoba makanan khas yang satu ini.

6. Soto Brunei

Soto Brunei
Image Credit: Twitter i am Izzi

Bagi Anda yang merupakan pecinta soto, tidak perlu khawatir karena di Brunei Darussalam pun Anda juga akan menemukan soto. Soto khas dari negara Brunei ini memiliki rasa yang begitu gurih. Secara garis besar memang tidak jauh berbeda dengan soto yang ada di Indonesia.

Memiliki kuah bening kecoklatan yang terasa begitu sedap dan gurih, membuat makanan ini sangat cocok untuk di santap ketika malam hari dan cuaca dingin. Terlebih jika Anda menikmati Soto Brunei tersebut berdua dengan pasangan, tentu suasana romantis di negeri orang bisa Anda dapatkan.

7. Katilapam

Katilapam
Image Credit: Facebook Hjh Rohani

Makanan tradisional yang sangat direkomendasikan berikutnya yaitu katilapam. Menurut sejarah, kue tradisional ini dulunya hanya muncul ketika terdapat acara-acara penting, seperti contohnya saat perjamuan.

Kuliner yang khas Negara Brunei ini memang banyak diminati tidak hanya oleh warga sekitar saja, melainkan juga wisatawan asing yang datang berkunjung. Katilapam dibuat dari bahan olahan tepung beras yang untuk kemudian disajikan di sebuah kotak daun kelapa.

8. Hati Buyah

Hati Buyah
Image Credit: Instagram bann.nucha.bn

Makanan khas yang tak kalah nikmat selanjutnya yaitu Hati Buyah. Namun Anda jangan salah menafsirkan, sekalipun nama dari makanan ini adalah Hati Buyah tapi nyatanya makanan tersebut tidak dibuat dari hati, melainkan paru-paru sapi. Namun tidak jarang juga digantikan dengan bagian limpa ataupun daging sapi.

Kuliner tersebut nantinya akan diolah menggunakan bumbu rempah yang khas dari Negara Brunei. Selanjutnya akan di campur dengan kecap dan disajikan dengan cara ditusuk. Saat Anda mencicipi Hati Buyah, maka Anda akan merasakan sensasi rasa gurih dan manis.

9. Salad Udang

Salad Udang
Image Credit: Instagram JAJANAN KAMPOENG

Makanan ini tercipta dari perpaduan masakan Melayu dan juga Belanda. Salat undang merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Brunei dan cukup populer dan digemari. Di dalam makanan ini nantinya Anda akan menemukan potongan mentimun, mangga, bawang, selada dan sayuran-sayuran lain serta udang yang kemudian akan dibubuhi saus.

Cita rasa yang dimiliki oleh salad udang yaitu gurih dan pedas. Bagi Anda yang sangat gemar dengan makanan pedas, maka Salad Udang sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Namun perlu diingat, jika Anda memang tidak terlalu kuat dengan pedas, sebaiknya mengonsumsi Salad Udang secukupnya saja. Karena jika terlalu dipaksakan, hal itu hanya akan membuat Anda sakit perut.

10. Belutak

Belutak
Image Credit: Instagram Minz Shop BN

Nama atau julukan dari kuliner yang satu ini memang tak kalah unik seperti rasanya. Belutak memiliki rasa yang sangat unik dan membuat banyak orang ketagihan. Dibuat dari bahan berupa sosis sapi yang kemudian diolah memakai bumbu rempah-rempah khas dari negara tersebut. Hal itu menjadikan cita rasa dari kuliner yang satu ini cukup berbeda dibanding yang lain.

Nantinya Anda juga akan menemukan sambal khas Negara Brunei yang terkenal begitu pedas. Selain itu, Belutak seringkali dipakai sebagai bahan pelengkap berbagai macam makanan-makanan khas lainnya.

11. Kue Cincin

Kue Cincin
Image Credit: Facebook Herlina J TW

Mencicipi kue cincin akan membuat Anda merasakan sensasi rasa renyah dan juga manis. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang gemar dengan cemilan-cemilan manis. Dibuat dari bahan berupa tepung beras dan mempunyai bentuk cukup menarik membuat Anda akan tertarik untuk menyantapnya.

Bentuknya sendiri seperti salah satu kue yang ada di Negara Indonesia. Namun tentunya rasa dari kue cincin ini tidaklah sama. Karena itu patut untuk Anda coba dan rasakan perbedaannya.

12. Kue Calak

Kue Calak
Image Credit: Facebook DS Kitchen

Untuk daftar makanan tradisional terakhir yang cukup populer dan sangat direkomendasikan yaitu Kue Calak. Kue yang satu ini dibuat dari bahan berupa santan, terigu, kacang, daging sapi cincang serta sayuran dan bahan-bahan pelengkap lainnya.

Komposisi bahan yang digunakan untuk membuat kue ini memang sangatlah unik, sehingga tidak heran jika sensasi rasa yang ditimbulkan akan sangat nikmat. Nantinya Anda akan merasakan sensasi manis yang bercampur dengan gurih. Selain itu juga Anda bisa merasakan sedikit rasa pedas ketika mencicipi makanan tersebut.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai makanan khas yang berasal dari Brunei Darussalam yang patut untuk Anda coba. Makanan-makanan tersebut memang terbukti banyak digemari tidak hanya oleh warga sekitar saja, melainkan juga wisatawan asing yang datang berkunjung ke Negara Brunai. Karena itu jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi salah satunya.