Malaysia merupakan negara dengan beragam etnis di antaranya Melayu, China, dan India sebagai etnis utama. Keberagaman tersebut membuat Malaysia memiliki beragam kuliner yang merupakan perpaduan dari etnis-etnis yang ada di sana. Tidak hanya beragam, makanan khas di Malaysia juga sangat menggugah selera.

Makanannya juga cocok untuk lidah masyarakat Indonesia karena masih memiliki budaya yang hampir sama. Bahkan ada beberapa makanan khas yang memiliki nama yang sama dengan makanan khas yang ada di Indonesia, misalnya saja adalah rendang. Meski begitu, keduanya memiliki ciri khas rasa dan sajian yang berbeda.

Berwisata kuliner menjadi salah satu pilihan kegiatan yang menarik jika mengunjungi Malaysia. Ada banyak sekali jenis kuliner yang terkenal dan banyak diminati wisatawan asing yang datang. Berikut beberapa daftar makanan khas Malaysia yang harus dicoba jika berkunjung.

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak
Image Credit: Twitter mya

Nasi lemak merupakan menu makanan yang sangat sering ditemukan di Malaysia. Secara umum, nasi lemak merupakan hidangan yang dimasak dengan santan yang dicampur bumbu pedas. Soal rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi. Nasi yang dimasak menggunakan santan membuat rasanya menjadi gurih dan nikmat. Beberapa rempah juga digunakan sehingga menimbulkan aroma yang sedap.

Nasi lemak biasanya disuguhkan dengan beberapa jenis lauk seperti ayam goreng, sambel goreng teri atau sotong, telur rebus, tumis kangkung, dan lainnya. Agar lebih segar, biasanya juga ada irisan mentimun. Nasi lemak awalnya hanya dinikmati saat pagi hari untuk sarapan, namun kini banyak yang menyantapnya pada siang atau malam hari. Lauknya juga semakin bervariasi sesuai dengan selera.

2. Ayam Percik

Ayam Percik
Image Credit: Twitter Farah

Ayam percik merupakan kuliner khas dari Malaysia yang memiliki banyak penggemar. Pasalnya, rasa ayam dan juga kuahnya dimasak dengan berbagai macam rempah yang khas sehingga membuat rasanya sangat gurih. Ada beberapa cara memasak ayam percik ini, ada yang digoreng dan juga ada pula yang dipanggang. Sebelumnya, ayam harus direndam dalam bumbu sehingga lebih terasa.

Ada dua jenis ayam percik di Malaysia, tergantung tempatnya. Ada ayam percik Kelantan dan ada juga ayam percik Trengganu yang keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Ayam percik kelantan biasanya dimasak menggunakan rempah-rempah yang membuat bumbunya sangat kuat dan nikmat. Sementara ayam percik Trengganu biasanya ditambah dengan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas.

3. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu
Image Credit: Twitter 中学生伯父さんのスローライフ

Menu makanan ini sangat unik karena nasinya yang berwarna kebiruan. Warna ini merupakan hasil dari proses memasaknya yang menggunakan kelopak telang kering. Makanan yang menjadi pilihan untuk sarapan ini biasanya disajikan dengan beragam lauk yang nikmat seperti ayam goreng atau bakar, ikan asin, kerupuk, dan lainnya.

Warnanya yang unik membuat banyak wisatawan yang penasaran untuk mencicipi rasanya. Sayangnya, bunga telang saat ini sangat sulit untuk didapatkan sehingga nasi yang berwarna kebiruan cukup sulit ditemukan. Biasanya alternatif nasi kerabu menggunakan nasi putih biasa, atau nasi kuning, atau juga bisa dengan nasi hitam.

4. Asam Laksa Penang

Asam Laksa Penang
Image Credit: Twitter shê gonzales

Ayam laksa penang merupakan perpaduan kuliner khas Tionghoa dan Melayu. Makanan ini biasa disajikan dengan menggunakan bihun atau mi yang disiram dengan menggunakan kuah kental yang memiliki rasa yang unik. Setelah itu, sajian mi akan diberi tambahan toping sayur-sayuran seperti mentimun, cabai, selada, dan bahkan nanas.

5. Mee Siam

Mee Siam
Image Credit: Twitter DannyWong

Menu makanan ini merupakan salah satu kuliner lezat dengan bahan dasar bihun atau misoa. Rasanya asam pedas dengan berbagai toping seperti ayam yang disuwir, irisan telur, dan daun bawang. Kelezatan dari makanan ini membuatnya sebagai ajang promosi kuliner dalam bagian daya tarik pariwisata,

6. Ayam Pongteh

Ayam Pongteh
Image Credit: Instagram Debbie Ho

Menu ini disajikan dengan ayam, kentang, dan juga jamur shitake yang membuatnya lebih nikmat. Makanan aslinya biasanya menggunakan daging yang non-halal namun saat ini sudah banyak ditemukan ayam pongteh menggunakan daging yang halal. Makanan ini terlihat seperti semur, namun saat memasaknya menggunakan tauco lalu disajikan dengan sambal balacan.

7. Char Kway Teow

Char Kway Teow
Image Credit: Twitter HIS Travel Malaysia

Hampir mirip seperti kwetiaw goreng, namun bahan-bahan didalamnya jauh lebih banyak seperti udang, kerang, lokio, taoge, dan kecap kedelai. Terkadang makanan ini dimasak menggunakan minyak babi dan lemak babi, sehingga harus berhati-hati jika pantang memakan daging babi. Sementara untuk menemukannya, makanan ini banyak tersebar di Kuala Lumpur dan Pulang Pinang.

8. Nasi Kandar

Nasi Kandar
Image Credit: Twitter Kevin Fulton

Makanan nas kandar sudah ada sejak abad ke-19. Rasanya seperti nasi rames dan banyak dikenal masyarakat Malaysia selain nasi lemak. Nasi kandar nikmat dan sangat khas karena dimasak menggunakan rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat kari yang menghasilkan aroma yang menggoda. Tidak heran makanan ini banyak dicari oleh wisatawan.

Arti dari nasi kandar adalah nasi yang dipikul di bahu. Awalnya, penjual nasi kandar akan memikul dua wadah besar yang berisi nasi dan lauk-pauk. Seiring waktu, nasi ini banyak dijual di berbagai restoran. Jika sebelumnya nasi kandar hanya dinikmati saat sarapan saja, kini ada banyak yang menikmatinya baik siang maupun malam hari.

9. Mi Tarik

Mi Tarik
Image Credit: Instagram Fatimah Ramlan 

Sesuai dengan namanya, mi tarik diolah dengan cara dibanting-banting lalu ditarik hingga menjadi mi. Anda dapat melihat atraksi di ini banyak restauran China di Malaysia. Tekstur mi tarik sangat lembut, sedangkan kuahnya dari kaldu segar dan gurih. Biasanya mi tarik akan disajikan dengan beberapa lauk pauk seperti irisan daging atau telur rebus.

10. Umai

Umai
Image Credit: Facebook Raia Hotel & Convention Centre Kuching

Umai merupakan salah satu makanan khas dari Serawak, lebih tepatnya di Khucing, Malaysia. Bahan dasar makanan ini adalah ikan tengiri atau udang. Untuk menyantapnya dapat menggunakan nasi putih yang pulen atau langsung dinikmati. Rasa dari umai sangat lezat dengan perpaduan rasa pedas dan asam dari cabai, perasan jeruk, dan juga jahe yang digiling halus.

Umai sendiri dikenal dengan sushi-nya Malaysia karena memang dihidangkan dengan mentah. Untuk menghilangkan bau amis sendiri, biasanya dengan cara merendamnya dalam jus limau kasturi. Setelah direndam beberapa waktu, selanjutnya dibaluri dengan bumbu-bumbu. Tambahan lainnya untuk menikmati umai adalah dengan menggunakan sambal.

11. Palak Paneer

Palak Paneer
Image Credit: Facebook Eats by WilliamLye

Dari namanya, tentu sudah jelas jika makanan ini berasal dari India. Makanan khas Malaysia ini sendiri juga banyak dijual oleh para pedagang keturunan India. Palak Paneer merupakan makanan yang berwarna hijau karena kuah karinya diolah dengan menggunakan sayur bayam yang segar. Biasanya kuah akan diberi tambahan keju kambing.

Makanan palak paneer biasanya dinikmati dengan chaoatis atau bhaturas yang merupakan roti khas dari India. Rasanya sangat nikmat sehingga banyak yang ketagihan dengan rasanya. Karenanya, makanan ini banyak dicari wisatawan dan disantap lebih dari satu kali karena kelezatannya.

12. Che Cheong Fun

Che Cheong Fun
Image Credit: Facebook Foodlytics

Che cheong fun merupakan jajanan tradisional khas Negeri Jiran. Bentuknya mirip dengan lembaran kwetiaw. Jajan tradisional ini sendiri dibuat dengan menggunakan tepung beras dan tang mien yang dipotong-potong. Kemudian di atasnya akan disiram dengan kecap asin atau bisa juga saus asam pedas manis di atasnya. Agar lebih nikmat, biasanya juga akan ditaburi dengan bawang goreng.

Makanan ini sendiri memiliki dia varian. Anda dapt memilih rasa yang polos atau yang disertai dengan irisan daging. Daging yang digunakan bisa jadi babi atau daging sapi. Ada juga isian tanpa menggunakan daging sehingga dapat dinikmati oleh para vegetarian.

13. Gulai Kawah

Gulai Kawah
Image Credit: Facebook Pavilion KL

Salah satu makanan khas yang cukup terkenal adalah gulai kawah. Hidangan ini biasanya menggunakan daging kambing yang masih bertulang yang kemudian dipotong-poting. Bahan makanan tambahan makanan ini bisa beripa nanas uang diparut, berbagai bumbu dan rempah yang khas dan pekak. Setelah direbus, makanan ini kemudian ditambah dengan santan dan air asam.

14. Lapis Serawak

Lapis Serawak
Image Credit: Twitter Kok Sen Wai

Selain makanan yang berat, Malaysia juga memiliki jajanan manis yang khas yaitu lapis serawak. Biasanya dalam bahasa Melayu disebut dengan kek lapis Serawak atau juga disebut dengan kek lapis moden Serawak. Bahan utama makanan ini adalah susu, mentega, selai, dan telur. Warnanya juga berwarna-warni sehingga memanjakan mata.

Biasanya lapis serawak banyak dicari saat acara-acara keagamaan baik Idulfitri, Natal, atau lainnya. Tidak jarang juga yang menggunakan lapis serawak di acara ulang tahun. Selain nikmat untuk dicoba, warnanya yang cerah berwarna-warni sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Namun, sebelumnya harus memastikan berapa lama lapis serawak yang dibeli dapat bertahan sebelum basi.

15. Cucur Udang

Cucur Udang
Image Credit: Twitter sakinah

Jajanan lainnya yang khas Malaysia adalah cucur udang. Bahan utamanya adalah tepung terigu dan udang segar yang ditambahkan dengan potongan daun kucai. Bentuk dari cucur udang beragam, tergantung oleh pembuatnya. Biasanya bentuknya tampak seperti cacahan bakwan goreng. Cucur udang ini sangat nikmat, apalagi jika disantap dengan saus kacang yang pedas.

Malaysia sangat kaya dengan kuliner khas yang menggugah selera dan wajib untuk dicoba. Selain lezat, makanan khas negara ini juga cocok di lidah. Oleh karena itu, sayang sekali jika belum menikmati hindangan khas saat berkunjung ke Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published