Thailand merupakan salah satu negara yang sering dijuluki sebagai surganya kuliner yang lezat. Oleh karena itu, rugi sekali apabila tidak berburu kuliner ketika sedang berkunjung ke negara yang ada di Asia tersebut. Kelezatan kuliner khas Thailand telah tersohor sekali di mata wisatawan asing maupun lokal. Bahkan, cita rasanya pun pas di lidah masyarakat Indonesia.

Hal tersebut wajar saja apabila mengingat bahwa kebanyakan kuliner dari Thailand ini dimasak menggunakan bumbu yang hampir sama dengan kuliner nusantara. Meskipun dibuat menggunakan bumbu yang hampir sama, namun kuliner khas negara ini mempunyai cita rasa yang cukup unik karena Anda dapat menikmati rasa manis, pedas, dan asam sekaligus.

Tentu saja beberapa makanan yang ada di negara tersebut belum pernah Anda lihat dan rasakan. Dijamin Anda tidak akan bosan untuk berburu kuliner di sana karena cukup beraneka ragam. Berikut daftar rekomendasi makanan khas Thailand yang cukup populer dan pastinya harus Anda cicipi untuk menambah pengalaman rasa Anda.

1. Tod Man Pla

Tod Man Pla
Image Credit: Twitter SirinyaAnn

Tod Man Pla merupakan makanan yang memiliki bentuk seperti kroket yang berarti kue ikan. Bahan dasar pembuatannya yaitu ikan dan dibungkus oleh adonan kentang yang terkadang dilapisi lagi dengan tepung roti. Pengolahannya sendiri yaitu dengan digoreng.

Ikan yang dipakai untuk isian biasanya yaitu ikan salmon, ikan haddock, maupun ikan kod. Tod Man Pla umumnya disajikan bersama pasta kari merah dan saus cabai manis. Oleh karena itu, cita rasa yang dimunculkan yaitu pedas, gurih, dan sedikit manis.

2. Gai Yang

Gai Yang
Image Credit: Twitter Andrew

Gai Yang atau Kai Yang secara harfiah memiliki arti ayam bakar. Ini merupakan makanan yang asalnya dari daerah Indochina dan termasuk Thailand. Makanan yang satu ini kerap dijual di street food serta sering dipasangkan dengan nasi ketan dan salad pepaya hijau, sayuran mentah, dan saus pedas jaew bong.

Bahan dasarnya yaitu ayam utuh yang dibelah menjadi dua, lali ditumbuk rata dengan rempah-rempah khas. Setelah itu, diolah dengan cara diasinkan dan dipanggang dengan waktu yang lama di atas api arang.

3. Khao Tom

Khao Tom
Image Credit: Twitter Scott Eddy

Apabila di Indonesia ada bubur ayam yang sering menjadi menu sarapan favorit, maka di Thailand mempunyai sajian bubur enak yang disebut Khao Tom. Bubur yang satu ini dihidangkan dengan irisan daging babi atau aneka seafood.

Tetapi, Anda juga dapat menikmati bubur tersebut menggunakan isian udang serta khao tom pla yang biasanya dicampur dengan ikan segar. Apapun pilihannya, Anda wajib menikmati makanan tersebut sebagai menu sarapan sebelum memulai kegiatan sehari-hari.

4. Kari Massaman

Kari Massaman
Image Credit: Twitter detikcom

Kari Massaman adalah masakan khas Thailand yang telah dikenal mulai abad ke 17 silam. Menu enak ini umumnya akan disajikan bersama potongan ayam atau isian daging sapi. Tidak ketinggalan pula beberapa pelengkap lainnya seperti jintan putih, kapulaga, kayu manis, kentang, wortel, dan lain sebagainya.

Kari Massaman pas disajikan untuk teman menyantap nasi. Cita rasanya yang kaya rempah tentu saja dijamin membuat Anda tidak dapat berhenti untuk menikmati makanan tersebut.

5. Guay Teow Rhua

Guay Teow Rhua
Image Credit: Facebook TST Tourist Tây Nam bộ

Guay Teow Rhua ini adalah masakan olahan mie yang sangat terkenal di Thailand. Nama dari makanan ini sendiri memiliki arti yaitu bakmie perahu. Dinamakan dengan Guay Teow Rhua karena pada zaman dahulu ada banyak penjual mie di atas perahu.

Bahan yang dipakai untuk pembuatan bakmie tersebut yaitu darah babi. Pastinya dengan campuran mie seperti mie bihun, mie kwetiaw, ataupun mie biasa. Di dalamnya pun menggunakan pelengkap seperti jeroan babi, daging sapi atau daging babi, dan beraneka bumbu lainnya.

6. Khao Pad

Khao Pad
Image Credit: Twitter Summie N.

Kuliner khas Thailand yang berikutnya yaitu Khao Pad ataupun nasi goreng. Meskipun tampak sederhana, Anda tetap dapat mencicipi cita rasa yang kental dengan negara ini ketika mengunyahnya. Nasi goreng tersebut dibuat dengan menggunakan nasi yang dicampurkan bersama saus kecap, gula, garam, saus tiram, bawang putih, dan telur.

Apabila sudah matang, maka Khao Pada umumnya akan dihidangkan bersama irisan tomat, selada, timun, dan jeruk. Ada banyak sekali variasi dari nasi goreng ini, namun biasanya Khao Pada juga bisa disajikan menggunakan tambahan irisan daging babi, sapi, ayam, maupun seafood.

7. Sweet Cassana

Sweet Cassana
Image Credit: Anakjajan.com

Olahan singkong yang diberi nama Sweet Cassana ini menjadi salah satu kuliner Thailand yang pas dijadikan sebagai dessert. Sweet Cassana ini dibuat dari singkong yang dipotong, direbus, dan dilumuri oleh saus santan.

Hidangan tersebut akan menawarkan rasa yang legit, gurih, dan manis yang tentu saja bisa bikin nagih. Rasa singkongnya pun akan manis karena telah direbus dengan gula dan lebih nikmat lagi setelah dipadukan bersama gurihnya saus santan kental.

8. Banana Pancake

Banana Pancake
Image Credit: Twitter Annie Greenberg

Martabak pisang alias Banana Pancake merupakan salah satu jajanan favorit banyak backpacker yang datang ke Thailand. Oleh sebab itu, pastikan Anda untuk mencicipi makanan manis yang satu ini.

Banana Pancake ini juga mempunyai beraneka isian atau topping yang cukup menggiurkan. Misalnya saja seperti pisang dengan coklat dan pisang dengan krimer kental yang manis.

9. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
Image Credit: Twitter Breanna Wilson

Mango Sticky Rice ini sering kali dijadikan sebagai sajian penutup mulut dan juga banyak diburu oleh wisatawan asing. Makanan tersebut adalah kombinasi sempurna dari buah mangga, santan kental, dan ketan. Kebanyakan orang tentu saja sudah tidak asing lagi dengan makanan khas yang satu ini. Cita rasa yang dimiliki pun sangat unik yakni campuran dari manis, gurih, segar, dan sedikit asam.

Makanan tersebut dibuat dengan cara mengukus beras ketan serta kemudian dicampurkan dengan gula aren, santan, dan garam. Barulah selanjutnya ditambahkan dengan irisan mangga. Variasi yang dipakai di dalam makanan tersebut adalah ketan ungu. Jika tidak menyukai buah manga, maka bisa juga diganti dengan buah durian.

10. Kanom Krok

Kanom Krok
Image Credit: Twitter TansterInJakarta

Kanom Krok merupakan salah satu jajan pasar tradisional yang terbuat dari kelapa dan tepung beras. Sebenarnya, makanan ini sudah bisa disajikan secara original atau tidak ditambahkan dengan topping apapun. Namun, banyak pula tempat yang menjajakan Kanom Krok ini dengan beraneka topping.

Berbagai topping tersebut misalnya saja seperti taro, jagung, dan daun bawang. Makanan ini semakin nikmat apabila dinikmati ketika sedang dalam keadaan panas. Isian di dalamnya pun akan meleleh ketika Anda santap.

11. Som Tam

Som Tam
Image Credit: Twitter AmazingThailand

Som Tam tersebut biasa Anda kenal dengan sebutan Papaya Salad. Penggemar dari makanan ini yaitu kebanyakan adalah kaum wanita.

Bahan dasar pembuatannya yaitu pepaya muda yang diparut dan dicampur dengan roasted peanuts serta tomat kecil. Untuk saus dressingnya sendiri memiliki rasa yang asam manis.

12. Kaeng Khiao Wan

Kaeng Khiao Wan
Image Credit: Twitter Summie N.

Apabila Indonesia memiliki kari, maka begitu pun dengan Thailand. Kaeng Khiao Wan ini adalah makanan khas berupa kari yang berwarna hijau serta memiliki rasa yang pedas. Sebetulnya, terdapat berbagai isian kari yang dapat dipilih, salah satunya yang paling favorit yaitu sayuran dan ayam.

Warna hijau di makanan ini asalnya dari cabai hijau, untuk cita rasanya pun lebih pedas bila dibandingkan kari merah. Bahan lainnya yang dipakai yakni berupa saus ikan, pasta kari hijau, gula aren, santan, dan kadang terong maupun buah.

Sementara, untuk pasta kari hijaunya sendiri berasal dari racikan berbagai bumbu, garam, pasta udang, biji jintan, yang digoreng bersama krim kelapa. Kaeng Khiao Wan umumnya dihidangkan dengan nasi, daging sapi atau ayam, mie, ataupun roti.

13. Pad Thai

Pad Thai
Image Credit: Twitter cASSie

Pad Thai adalah mie goreng yang sangat khas dengan negara Thailand. Sama dengan mie goreng dari Indonesia, Pad Thai ini juga kerap dijual di pinggiran jalan. Makanan ini cukup melegenda karena telah ada mulai zaman Kerajaan Ayutthaya serta diyakini sebagai masakan yang berasal dari China atau Vietnam.

Sajian Phad Thai ini juga bisa Anda temukan di restoran mewah. Untuk mie yang dipakai di dalam makanan ini terbuat dari bahan beras. Selain mie, umumnya dilengkapi lagi dengan kacang kedelai, cabai, saus ikan, bawang putih, asam, tahu, telur, dan gula.

14. Khao Soi

Khao Soi
Image Credit: Ttwitter Tourism Thailand

Khao Soi adalah mie kuning yang dihidangkan dengan kuah kari. Biasanya dilengkapi dengan daging ayam, babi, maupun sapi.

Makanan yang satu ini juga disajikan dengan mie crunchy yang digoreng. Tambahkan bawang merah mentah dan ekstra cabai untuk menambah kenikmatannya.

15. Kluai Buat Chi

Kluai Buat Chi
Image Credit: Facebook Home and Condo

Kluai Buat Chi ini mirip dengan kolak pisang karena dibuat dari buah pisang, pandan, gula merah, santan, dan sedikit garam. Bisa juga ditambahkan dengan taburan kacang-kacangan seperti yellow mung bean dan wijen.

Itulah beberapa makanan khas asal Thailand yang cukup terkenal dengan kelezatannya. Dijamin seluruh menu makanan tersebut mampu memanjakan lidah Anda sembari menikmati keindahan alam yang tersaji di Negeri Gajah Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published