Timor Leste merupakan negara dengan kuliner yang khas dan harus dicoba saat berkunjung ke sana. Cita rasa kuliner Timor Leste juga sangat beragam karena merupakan perpaduan dari Asia Tenggara, Arab, bahkan hingga Eropa sehingga menghasilkan rasa yang unik. Tidak heran jika banyak wisatawan luar yang datang untuk mencoba dan mencicipi makanan khas Timor Leste.

Kuliner dari negara berjulukan Bumi Loro Sae juga dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Hal ini karena dulu Timor Leste merupakan salah satu bagian dari Indonesia sehingga beberapa makanan tradisional hampir mirip dengan makanan di Indonesia. Makanan pokok di Timor Leste juga hampir sama. Selain beras, masyarakat Timor Leste juga mengkonsumsi talas, ubi kayu, ubi jalar, dan jagung.

Keunikan lainnya dari kuliner khas negara ini adalah ada dua jenis makanan yaitu vegetarian dan juga non-vegetarian. Tentu saja hal tersebut menambah rasa penasaran bagi para wisatawan untuk mencicipinya. Jika Anda datang ke Timor Leste untuk berkunjung, berikut beberapa rekomendasi makanan khas yang terkenal dan wajib untuk dicoba.

1. Carna Assada

Carna Assada
Image Credit: Twitter bunanawin

Carna Assada merupakan makanan tradisional yang khas dan sangat populer di kalangan wisatawan. Banyak yang berburu kuliner lezat ini saat berlibur ke Timor Leste. Carna Assada sendiri meripakan daging kerbau yang diolah dengan cara dipanggang hingga benar-benar matang. Setelah itu daging kerbau akan disajikan dengan kuah asam manis kental.

Makanan khas ini cukup unik karena diolah dengan gula merah dan juga air asam. Dengan perpaduan yang pas, cita rasa yang dihasilkan dari hidangan ini sangat lezat dan memanjakan lidah. Agar lebih nikmat, hidangan ini juga dapat ditambahkan dengan saus yang dibuat dari campuran cabai, belimbing sayur, dan juga garam.

Carna Assada tidak hanya nikmat namun juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga termasuk makanan yang menyehatkan. Untuk dapat menikmatinya juga tidak perlu merogoh kantong yang cukup dalam. Hidangan ini terjangkau dan cocok sebagai menu utama untuk dinikmati bersama dengan keluarga maupun teman.

2. Roti Pa’un

Roti Pa’un
Image Credit: Twitter Norulwfms | نورالوافقة

Roti Pa’un sangat terkenal di Timor Leste dan menjadi makanan yang sangat mudah ditemukan di jalanan maupun toko-toko tertentu. Roti yang terbuat dari gandum ini memiliki dua cita rasa, ada yang tawar dan ada juga yang asin. Tekstur dari roti ini sendiri memiliki permukaan tidak rata dan keras sedang di dalamnya lembut sehingga membuat roti ini enak untuk dinikmati.

Roti Pa’un biasanya dijadikan sebagai teman sambil menikmati kopi. Agar menambah cita rasa, roti ini juga dapat ditambah dengan mentega atau selai dan taburan gula di atas permukaan roti. Selain mudah untuk mendapatkannya, roti dengan bentuk bantal ini juga sangat terjangkau. Dengan begitu, semua orang dapat mencobanya.

3. Caldeirada

Caldeirada
Image Credit: Twitter Chef Robert Kirk

Caldeirada merupakan makanan khas yang sering menjadi hidangan saat acara-acara besar seperti pesta pernikahan, ulang tahun, juga pesta-pesta lainnya. Caldeirada terbuat dari daging kambing atau dapat juga dari daging sapi. Stew daging kemudian dibumbui dengan garam, bir, cuka, merica, cabai merah besar, dan juga tomat.

Caldeirada biasanya akan disajikan dengan wortel atau kentang. Selain itu, caldeirada juga dapat terbuat dari seafood atau ikan putih sehingga dapat menjadi pilihan lain jika sudah bosan atau tidak menyukai daging. Makanan ini sendiri biasanya disantap dengan roti yang digunakan sebagai karbohidrat pengganti nasi.

4. Saboko

Saboko
Image Credit: Facebook Pajina Kinur

Soboko merupakan sajian ikan tuna yang dipanggang dengan daun lontar, meskipun terkadang ada juga yang tidak menggunakan daun lontar. Sebelum dipanggang, ikan tuna dibumbui terlebih dahulu dengan menggunakan cabai, bawang, merica, serta daun asam muda. Bumbu yang meresap akan membuat sajian ini terasa sangat nikmat.

Setelah ikan tuna dilumuri bumbu kemudian dibalut dengan menggunakan daun lontar selanjutnya dibakar hingga matang. Saboko lebih nikmat dijadikan sebagai lauk dan dimakan dengan nasi dan juga sayur-sayuran. Sajian ini juga lebih cocok untuk disantap pada saat makan malam.

5. Batar Daan

Batar Daan
Image Credit: Facebook Catholic Accompaniment and Reflection Experience – CARE

Batar Daan juga menjadi makanan yang populer di Timor Leste dan wajib dicoba. Sajian ini sendiri memiliki arti jagung rebus, sementara itu bahan yang digunakan untuk Batar Daan berupa kacang hijau, jagung, labu, minyak zaitun, dan juga bawang. Makanan ini sangat nikmat dijadikan sebagai menu utama saat makan siang.

Makanan satu ini terbuat dari bahan-bahan yang mengandung banyak nutrisi sehingga sehat dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Terkadang untuk menambah kenikmatannya, batar daan dimasak hingga menjadi bubur dan diolah dengan daging sapi. Untuk menemukan menu makanan satu ini sendiri juga sangat mudah karena banyak tersebar di Timor Leste.

Wisatawan yang datang banyak yang berburu batar daan karena penasaran dengan rasa makanan khas yang satu ini. Apalagi harga untuk satu porsi batar daan juga sangat terjangkau. Tidak heran jika makanan ini diburu baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar.

6. Tapai

Tapai
Image Credit: Twitter Mo

Tapai merupakan makanan tradisional Timor Leste yang menjadi favorit dan harus dicoba. Makanan ini terbuat dari nasi yang kemudian dililit dengan menggunakan daun pisang, rasanya gurih dan enak. Tapai memiliki struktur yang lengket karena merupakan hasil dari fermentasi. Tapai sendiri memiliki beberapa varian yang tersebar di wilayah Asia Tenggara.

Tapai merupakan hasil dari fermentasi karena terbuat dari bahan nasi, air, dan ragi. Cara memasaknya adalah dengan mengukusnya di dalam air. Setelah dikukus, selanjutnya tapai dimasukkan dalam sebuah toples yang terbuat dari tanah liat lalu kemudian dibiarkan dua hingga empat hari sampai tapai terfermentasi dengan baik dan menghasilkan cita rasa yang diinginkan.

7. Pastel de Nata

Pastel de Nata
Image Credit: Facebook Jimmy’s Patisserie Dublin

Pastel de Nata atau juga biasa disebut telur tart Portugis juga sangat menarik untuk dicoba. Makanan ini sangat terkenal dan sering dijadikan menu penutup di Timor Leste. Selain itu, makanan ringan satu ini juga nikmat jika dinikmati sambil meminum kopi. Pastel de Nata sangat nikmat sehingga menjadi favorit baik masyarakat Timor Leste maupun wisatawan luar.

Pastel de Nata dapat ditambahkan topping agar lebih enak, biasanya taburan kayu manis di atasnya. Sebenarnya makanan ini tidak hanya dikenal di Timor Leste, namun juga beberapa negara di Asia dan Eropa Barat. Beruntungnya makanan ini cukup tahan lama sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Koto

Koto
Image Credit: Facebook Fatima Gon

Koto hampir mirip seperti sop brenebon yang berasal dari Manado. Pembuatan dari makanan tradisional ini sendiri sangat mudah dan bahannya juga murah. Karena itulah hampir semua masyarakat Timor Leste dapat membuat hidangan ini. Apalagi selain mudah dibuat, makanan yang cocok untuk menu makan siang ini memiliki gizi yang tinggi.

Sajian ini terbuat dari olahan daging, kacang merah, wortel, kentang, dan juga kol. Semakin lama disimpan, kuah pada Koto akan semakin mengental dan membuatnya jauh lebih enak. Koto sendiri dapat ditemukan di warung-warung dan juga restoran. Sebagai menu wajib untuk disantap, harga makanan satu ini juga sangat terjangkau.

9. Tukir

Tukir
Image Credit: Facebook Seran Kalau Carocho

Tukir adalah kuliner khas dari Viqueque, sebuah kota di Timor Leste. Sajian ini merupakan olahan dari daging kambing yang dibumbui lalu kemudian dibakar. Tidak hanya daging kambing, tukir juga bisa terbuat dari babi guling dan sering menjadi sajian saat acara atau pesta-pesta besar. Biasanya makanan ini juga akan didampingi dengan midar sin atau sajian seperti babi kecap.

Makanan tradisional ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan minuman seperti cerveja yang merupakan minuman khas Timor Leste. Selain itu, bisa juga disajikan dengan tuak sabu yang berasal dari Baucau, atau Sopi yang berkadar alkohol rendah. Jika tidak ingin meminum minuman beralkohol, maka dapat meminum Kopi Timor yang juga sangat khas.

10. Batar Nurak

Batar Nurak
Image Credit: Masakandapurku.com

Batar Nurak menjadi salah satu makanan khas yang dapat dicoba. Merupakan bubur yang terbuat dari jagung, makanan ini biasanya disajikan dengan daun singkong dan kangkung. Sekilas, batar nurak tampak seperti bubur tinotuan, namun tidak menggunakan beras. Biasanya makanan pendamping batar nurak adalah ikan maran goreng dan sambal tomat agar lebih nikmat.

11. Selada

Selada
Image Credit: Twitter Satya Yudha Laksono

Timor Leste memang banyak memiliki makanan tradisional dari olahan daging, namun tidak semuanya. Ada juga makanan yang berbahan dasar sayur-sayuran, sangat cocok bagi yang tidak memakan makanan hewani.

Seperti namanya, bahan utama sajian ini adalah sobekan dari daun selada bokor. Selanjutnya dimasak dengan irisan bawang bombay, tomat, bawang merah, dan selada air. Setelah itu sayuran disiram dengan saus vinaigrette yang terbuat dari merica, minyak zaitun, dan jeruk nipis. Selada juga biasanya disajikan dengan sajian tumis daun dan bunga pepaya atau bisa juga irisan pepaya muda.

Makanan khas Timor Leste sangat unik dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Oleh karena itulah, berburu kuliner menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh ketinggalan jika berlibur ke sana. Harga makanan di Timor Leste juga cukup terjangkau, hampir sama dengan harga yang ada di Indonesia. Anda dapat menikmati berbagai kuliner tanpa harus merogoh kantong yang dalam.