Bagi setiap orang yang sudah pernah mencicipi makanan khas Vietnam, pasti akan setuju apabila beragam makanan di negara ini memiliki cita rasa yang begitu lezat. Selain bercita rasa lezat, pada umumnya kuliner khas Vietnam dikenal menyehatkan, sebab sering menggunakan bahan-bahan tambahan yang memiliki nutrisi seimbang untuk tubuh.

Belum lengkap rasanya apabila berkunjung ke negara ini, namun tidak mencicipi berbagai makanan khas yang dimilikinya. Makanan tradisional Vietnam diyakini banyak terinspirasi oleh olahan khas Prancis yang selanjutnya dikembangkan warga lokal sehingga menghasilkan makanan baru perpaduan timur dan barat.

Kebanyakan makanan dari negara ini memiliki cita rasa yang cocok bagi lidah orang Indonesia, walaupun sebenarnya hal ini tergantung pada selera masing-masing. Bagi Anda yang ingin atau akan berkunjung, tidak ada salahnya untuk mengetahui dan mengenal beberapa kuliner dari negara tersebut. Berikut daftar makanan khas Vietnam yang terkenal enak.

1. Bahn Mi

Bahn Mi
Image Credit: Twitter Henry McKenna

Bahn Mi merupakan salah satu kuliner khas Vietnam yang populer di Indonesia. Makanan ini ialah sejenis sandwich yang memiliki tampilan seperti sandwich pada umumnya. Hal yang membedakan Bahn Mi dengan sandwich lainnya adalah penggunaan bahan khusus yang memiliki bernama Vietnames Baguette pada Bahn Mi khas Vietnam.

Makanan ini memiliki tekstur lembut yang di dalamnya ditambah dengan isian berupa berbagai olahan daging, mulai dari daging ayam, daging sapi, hingga daging babi. Selain memiliki isian daging, Bahn Mi juga dilengkapi dengan beraneka ragam sayuran seperti pate, irisan lobak, wortel, irisan zuchini, acar, serta saus khas asal Vietnam.

2. Goi Cuon

Goi Cuon
Image Credit: Twitter amelia primarini

Goi Cuon merupakan sebutan dari makanan khas yang memiliki bentuk mirip seperti lumpia namun tidak perlu digoreng untuk proses memasaknya. Walaupun memiliki tampilan yang mirip dengan lumpia yang ada di Indonesia, tetapi nyatanya kuliner ini memiliki cita rasa yang jauh berbeda dengan lumpia.

Makanan tradisional asal Vietnam ini memiliki beraneka ragam isian, yakni irisan daging atau udang yang ditambah sayur-sayuran dan kemudian dibungkus atau dilapisi dengan kulit lumpia khas negara tersebut. Ketika menyantap Goi Cuon, Anda akan merasakan sensasi rasa gurih dan segar dalam satu makanan.

3. Papaya Salad

Papaya Salad
Image Credit: Twitter Lin Ye Xin

Makanan khas yang satu ini cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan Papaya Salad menggunakan bahan utama berupa wortel mentah dan irisan buah pepaya yang tentu saja dapat menjadi pilihan makanan ketika sedang diet.

Selain itu, makanan ini juga menggunakan beragam rempah, seperti ketumbar, daun kemangi, saus asam manis dan rempah-rempah yang lainnya. Dengan perpaduan beberapa bahan tersebut, Papaya Salad menghasilkan cita rasa unik yang berupa segar, manis, asam, dan juga pedas.

Apabila tidak sedang dalam proses diet dan ingin mengkonsumsi atau menambahkan protein ke dalam makanan ini, Anda dapat menghidangkan Papaya Salad dengan beragam olahan daging, seperti ayam panggang, ayam goreng, hingga sapi panggang.

4. Pho

Pho
Image Credit: Twitter Alisa

Ketenaran makanan ini tidak lagi perlu diragukan. Pho merupakan salah satu hidangan paling populer dan paling banyak diburu baik oleh pengunjung mancanegara maupun penduduk lokal.

Makanan sejenis mie ini terbuat dari bahan utama berupa tepung beras, kaldu asin, dan taburan rempah. Makanan ini disajikan bersamaan dengan kuah segar, sayur-sayuran, serta tambahan daging ayam atau daging sapi sebagai campuran.

Selain memiliki cita rasa yang membuat banyak orang jatuh cinta pada makanan ini, Pho juga memiliki harga terjangkau serta dapat dengan mudah ditemukan di warung, gerai, atau bahkan penjual kaki lima.

5. Chao

Chao
Image Credit: Twitter Vietnam Visa Center

Chao merupakan olahan makanan berupa bubur yang sudah cukup terkenal di berbagai kalangan. Walaupun begitu, setiap wilayah memiliki ciri khas rasa dan penyajian yang masing-masing tidak sama. Bubur lembut khas Vietnam ini biasanya disajikan ketika keadaanya masih hangat, hal ini dikarenakan untuk menjaga dan mempertahankan rasa yang dimiliki bubur.

Makanan khas dari Vietnam ini biasa dilengkapi dengan irisan daging ayam, jeroan, ikan, hingga remahan roti yang sudah digoreng. Selain itu, hidangan ini juga diberi taburan bawang, lada hitam bubuk, toge, serta irisan jeruk nipis, kemudian ditambahkan saus ikan dan jahe sebagai pelengkap yang tentunya semakin memperkaya cita rasa yang dimiliki Chao.

6. Banh Cuon

Banh Cuon
Image Credit: Twitter Cao Mến

Banh Cuon dapat dikategorikan sebagai camilan atau makanan sehat yang dimiliki negara Vietnam. Terbuat dari tepung beras serta isian daging dan sayur yang dimasak dengan cara dikukus, camilan khas ini memiliki rasa yang semakin nikmat dengan tambahan bawang goreng yang renyah.

Banh Cuan merupakan jajanan yang terdiri dari gulungan nasi kukus yang memiliki isian daging babi, jamur, tahu keduanya.

Kebanyakan restoran, warung, atau bahkan pedagang kaki lima yang menjual Banh Cuon sering kali menghidangkan makanan ini bersama dengan udang, tempura, atau gorengan-gorengan yang lainnya. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan dengan saus bawang merah, saus ikan asam manis, berbagai rempah segar, dan saus yang berbasis jeruk nipis.

7. Cha Kho To

Cha Kho To
Image Credit: Facebook Quỳnh Nguyễn

Biasanya Cha Kho To dihidangkan menggunakan clay pot yang menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat di Asia Tenggara. Selain dapat menjaga makanan agar tetap panas, clay pot juga mempu melembutkan serta mengentalkan daging yang sedang direbus.

Proses pemasakan masih dilakukan tradisional, hal ini dapat menjadikan berbagai bumbunya dapat menyerap ke dalam daging ikan serta dapat menjadikannya memiliki cita rasa yang semakin lezat.

Makanan ini merupakan makanan tradisional atau makanan klasik bagi masyarakat Vietnam yang berupa daging ikan rebus dengan tambahan gula dan bumbu gurih, sehingga menghadirkan kuah dengan tekstur kental yang melingkupi daging.

8. Banh Xeo

Banh Xeo
Image Credit: Twitter Robert Sietsema

Salah satu makanan favoit wisatawan yang berkunjung ke Vietnam yaitu Banh Xeo. Makanan ini merupakan sebuah crepes renyah berwarna kuning. Crepes ini terbuat dari bahan-bahan berupa, santan, tepung beras, dan kunyit yang kemudian diisi dengan tumisan dari udang, daging, dan tumpukan tauge.

Selain itu, Banh Xeo juga dilengkapi dengan berbagai lalapan daun seperti daun selada dan daun herbal. Makanan ini memiliki cita rasa berbeda ketika sedang dalam keadaan hangat dan dingin, jadi sebaiknya Anda memakan Banh Xeo ketika sedang dalam keadaan hangat.

9. Nem Ran

Nem Ran
Image Credit: Twitter Amasia Travel

Nem Ran merupakan kuliner lezat yang menggunakan bahan utama erua daging cincang, daging yang dipakai pun dapat bermacam-macam, seperti daging ayam, daging udang, atau daging kepiting. Bahan lain yang digunakan yakni, bawang bombay, jamur, telur bebek, garam, lada, dan beberapa bumbu atau rempah penyedap yang lain.

Semua bahan yang sudah disebutkan, kemudian diaduk secara merata sebelum kemudian dimasukkan ke dalam kulit paling luar yang dibuat dari beras dan digulung dengan ukuran cukup kecil. Gulungan ini lalu dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Nem Ran dapat langsung dimakan atau dicelupkan ke dalam saus khas Vietnam terlebih dulu.

10. Com Tam

Com Tam
Image Credit: Twitter SAFIMEX JOINT STOCK COMPANY

Com Tam adalah nama julukan yang diberikan pada hidangan yang terbuat dari beras berkualitas rendah. Dikatakan berkualitas rendah, sebab com berarti nasi dan Tam artinya beras patah, sehingga dapat diartikan bahwa pengolahan makanan Com Tam ini menggunakan bahan yang berkualitas cukup rendah dengan dipilihnya beras patah sebagai bahan utama pembuatannya.

Makanan yang berbahan dasar nasi dari beras-beras yang patah ini banyak disebut sebagai olahan broken rice. Walaupun terbuat dari beras berkualitas rendah yang sudah patah-patah, namun makanan ini memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga saat dengan mudah untuk menelan makanan ini.

Dalam penyajiannya, setelah masak dan nasi berubah menjadi nasi putih yang pulen, Com Tam akan disajikan bersamaan dengan potongan berbagai macam daging yang dapat berupa daging hewan apapun. Salah satu makanan tradisional yang dapat menjadi pilihan Anda ketika sedang bingung memilih menu makan siang yang tepat.

11. Banh Cam

Banh Cam
Image Credit: Instagram daily.food.vn

Banh Cam merupakan jajanan khas yang memiliki bentuk dan tampilan mirip dengan olahan onde-onde yang ada di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang renyah di bagian luar, dan lembut ketika sudah menggigit isinya.

Isian yang biasa digunakan untuk olahan khas Vietnam ini salah satunya adalah kacang hijau. Banh Cam cocok untuk dinikmati ketika sore hari bersama dengan segelas kopi atau teh.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas yang dimiliki negara Vietnam. Semoga dengan pembahasan ini, dapat menambah rekomendasi olahan makanan yang dapat dicoba bagi Anda yang akan atau ingin menuju negara Vietnam, Memiliki cita rasa khas yang unik membuat makanan dari negara ini dapat melengkapi wisata kuliner yang ada di dunia.