Malaysia adalah sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, lebih khususnya berbatasan dengan pulau Kalimantan. Negara Malaysia dan Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai negara serumpun.

Memiliki berbagai keindahan alam dan juga tempat wisata, membuat Malaysia menjadi negara dengan tingkat pariwisata tinggi. Hal ini didukung dengan perkembangan Malaysia yang sampai pada tahap negara maju.

Oleh karena ini, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung untuk menyaksikan pesona wisatanya, utamanya wisata sejarahnya yang unik. Berikut ini beberapa museum terbaik di Malaysia yang wajib dikunjung untuk menambah wawasan Anda.

1. Museum Bank Malaysia

Museum Bank Malaysia
Image Credit: Google Maps Azliza Aziz

Museum yang terletak di ibu kota Malaysia, yaitu Kuala Lumpur ini memiliki berbagai koleksi berupa sejarah mata uang dari negara Malaysia. Juga bagaimana perkembangan media tukar tersebut hingga sampai seperti saat ini.

Di daerah museum terdapat pula galeri seni guna menggabungkan pegiat dan pecinta seni. Banyak terpajang benda-benda seni baik dari seniman terkenal maupun seniman individu pada galeri seni.

Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti memotret karya dari para seniman. Juga kegiatan lain seperti menjelajahi galeri seni dan museum bank.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dato Onn, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Museum Hantu Penang

Museum Hantu Penang
Image Credit: Google Maps Ghost Museum

Museum ini terkenal dengan diorama hantu lokal dari kepercayaan masyarakat sekitar yang ditaruh pada bangunan sekitar museum. Bagi pengunjung yang ingin berwisata, diharapkan untuk mempersiapkan mental terlebih dahulu.

Ada banyak diorama hantu yang ada di dalam museum. Diantaranya adalah pocong, tuyul, kuntilanak, kuyang, dan juga jenis hantu lain dari kepercayaan dan budaya di Malaysia.

Panorama yang ada di dalam museum juga memiliki aura mencekam dan siap membuat bulu kuduk pengunjung merinding. Lebih dari itu, museum hantu juga tergolong sebagai museum yang unik karena tidak banyak museum serupa yang menampilkan hantu sebagai koleksi.

Harga Tiket: RM 28; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lebuh Melayu, George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

3. Museum Kamera

Museum Kamera
Image Credit: Google Maps Chu TED

Dari namanya saja, pengunjung pasti mengetahui bahwa museum ini menyimpan banyak koleksi kamera. Ada berbagai jenis kamera dari manual hingga otomatis dipajang pada museum ini.

Terletak di salah satu kota besar Malaysia yaitu Penang. Museum ini seringkali ramai pada akhir pekan karena pengunjung merasa tertarik dengan koleksi yang ada di dalam museum.

Jika pengunjung ingin datang ke museum kamera, pastikan dulu bahwa keadaan sedang tidak ramai. Karena saat pengunjung tiba pada hari yang kurang tepat, maka pengalaman untuk melihat koleksi museum dapat berkurang drastis.

Harga Tiket: RM 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lebuh Armenian, Georgetown,Penang, Malaysia.

4. Museum Seni Islam

Museum Seni Islam
Image Credit: Google Maps Junior Yeoh

Sebagai museum seni Islam terbesar di Asia Tenggara, tentu daerah ini begitu terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Karena koleksi yang ada di dalam museum terbilang lengkap.

Pengunjung akan menemukan berbagai koleksi dari abad pertengahan, sejarah dari peradaban Islam, dan juga ornamen yang melambangkan budaya Islam. Di dalam museum juga terdapat berbagai diorama yang menggambarkan bagaimana Islam bisa masuk ke Malaysia.

Untuk berkunjung ke museum seni Islam di Malaysia, pengunjung harus merogoh kocek sebesar 14 Ringgit atau sebesar Rp 49.000,00 saja.

Harga Tiket: RM 14; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lembah, Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

5. Museum Keturunan, Penang

Museum Keturunan, Penang
Image Credit: Google Maps Antonio

Mirip seperti negara Indonesia, Malaysia juga memiliki berbagai ras dan suku yang hidup sebagai warga negara. Hal tersebut yang pada kemudian hari membuat pemerintah membangun museum khusus bertajuk keturunan.

Ketika datang ke museum ini, pengunjung akan dibawa kembali untuk melihat sejarah awal tentang bagaimana pendatang sampai ke Malaysia. Juga bagaimana kemudian para pendatang tersebut memutuskan untuk menetap.

Berbagai koleksi dari masa lampau maupun masa kini dapat pengunjung temui di dalam museum ini. Koleksi pakaian yang biasa dikenakan dan juga budaya asimilasi yang kemudian menjadi kultur tersendiri tentu menyimpan daya tarik.

Harga Tiket: RM 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Church St, George Town, Penang, Malaysia.

6. Museum Kapal Selam Malaysia

Museum Kapal Selam Malaysia
Image Credit: Google Maps Jiawang Heng

Salah satu daerah di Malaysia bernama Malaka sejak dahulu sudah terkenal dengan sejarah lautan nan luas. Banyak peristiwa di Malaka yang berhubungan langsung dengan laut.

Pada abad pertengahan, Malaka pernah memiliki kapal selam yang begitu megah bernama Ouessant Agosta. Karena sudah tidak pernah digunakan lagi, maka kapal selam ini kemudian diangkut ke daratan dan dijadikan sebagai koleksi museum.

Di dalam museum, pengunjung akan menemukan berbagai foto yang dipajang dan menceritakan tentang kerajaan Malaka. Pengunjung juga akan disajikan tentang sejarah bagaimana Malaka bisa membangun jalur perdagangan.

Harga Tiket: RM 3; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malacca, Malaka, Malaysia.

7. Museum Lorong Waktu

Museum Lorong Waktu
Image Credit: Google Maps Tony Kansai

Jika pengunjung ingin datang ke museum yang memiliki nuansa unik dan indah. Maka museum ini menjadi salah satu destinasi yang harus pengunjung datangi di Malaysia.

Memiliki banyak koleksi dari kehidupan masyarakat dari masa lalu, museum ini juga memiliki wahana berupa ruangan anti gravitasi. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa pakaian adat yang disediakan oleh pengelola.

Pengunjung dapat merasakan bagaimana kehidupan orang-orang dari 400 tahun lalu dengan mengenakan pakaian yang saat itu biasa digunakan oleh warga. Pengunjung juga dapat melihat berbagai potret indvidu yang hidup dari masa itu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lorong Hang Jebat, Melaka, Malaysia.

8. Museum Mainan, Penang

Museum Mainan, Penang
Image Credit: Google Maps Asim Imran

Daerah Penang di Malaysia ternyata juga menyimpan banyak koleksi mainan yang diabadikan pada sebuah museum. Pengunjung dapat menemukan berbagai diorama dari karakter fiksi di dalam museum ini.

Berbagai figura, action figure mulai dari ukuran kecil hingga memiliki tinggi yang lebih dari rata-rata manusia normal ada disini. Juga terdapat berbagai patung mainan yang dapat bergerak untuk menambah kesan indah.

Harga Tiket: RM 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teluk Bahang, George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

9. Museum Galeri Seni Malaka

Museum Galeri Seni Malaka
Image Credit: Google Maps David Liew

Selanjutnya ada museum di daerah Malaka yang memiliki banyak koleksi benda seni. Mulai dari seni tradisional, kontemporer, modern, hingga benda seni abstrak dapat pengunjung temui.

Di dalam museum juga terdapat corak indah pada dinding yang sengaja dibuat untuk menambah kesan estetik. Pengunjung tidak akan merasa bosan ketika berkunjung di dalam museum, sebab keindahan dan panorama yang disajikan tentu sangat indah.

Harga Tiket: RM 3; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksamana, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

10. Museum Bahan Pakaian

Museum Bahan Pakaian
Image Credit: Google Maps Simon Kuo

Jika pengunjung datang ke Kota Kuala Lumpur, ada baiknya untuk berkunjung ke museum yang satu ini. Adapun koleksi yang dimiliki oleh museum ini yaitu bahan pakaian dan juga alat yang digunakan untuk membuat pakaian.

Tekstil dan juga bagaimana perkembangan tekstil hingga sampai ke tahap pakaian, serta teknik mencetak pada kain, menjadi daya tarik pada museum ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hishamuddin, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

11. Museum Perhiasan Peranakan

Museum Perhiasan Peranakan
Image Credit: Google Maps Niccolas Cheah

Seperti namanya, museum ini memiliki koleksi berupa perhiasan yang biasa dikenakan oleh masyarakat peranakan. Dahulu kala, museum ini adalah rumah milik seorang peranakan yang kemudian mendedikasikannya untuk digunakan sebagai museum.

Pengunjung dapat melihat berbagai perhiasan yang diletakkan dalam kotak kaca. Budaya kental dari peranakan Tionghoa yang tinggal dan menetap di Malaysia dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: RM 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Church St, George Town, Penang, Malaysia.

12. Museum Negara Malaysia

Museum Negara Malaysia
Image Credit: Google Maps Karaoke Superstar

Terletak di pusat kota Kuala Lumpur, museum ini mempunyai koleksi tentang sejarah negara Malaysia yang berkembang pesat hingga kini. Banyak benda-benda bersejarah yang bisa pengunjung temui.

Pengunjung dapat mengunjungi tempat ini pada hari senin hingga sabtu. Sedangkan pada hari minggu, museum ini tutup untuk melakukan perawatan pada benda-benda koleksi.

Selain koleksi tersebut, museum ini juga memiliki keindahan berupa panorama. Alasannya adalah karena bangunan dari museum Negara Malaysia dibangun sangat mirip dengan rumah adat.

Harga Tiket: RM 5; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Damansara, Perdana Botanical Gardens, Kuala Lumpur, Malaysia.

13. Museum Layangan dan Rakyat

Museum Layangan dan Rakyat
Image Credit: Google Maps KP Lai

Museum khas rakyat Malaysia ini memiliki berbagai koleksi yang jadi kebanggaan tersendiri bagi warga negara Malaysia. Hal itu bisa terjadi sebab layangan sendiri memiliki sejarah yang lekat dengan masyarakat.

Museum ini juga memberikan informasi kepada pengunjung mengenai daya tarik yang dimiliki oleh penduduk dari seluruh dunia. Data tersebut berhasil dikumpulkan oleh pihak museum guna memberikan gambaran tentang kecantikan.

Pengunjung tidak perlu merasa khawatir dengan pemandangan yang ada di museum ini. Karena terletak pada lokasi yang tepat, membuat panorama museum jadi begitu indah.

Harga Tiket: RM 4; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komplek Pusat Bandar, Pasir Gudang, Pasir Gudang, Johor, Malaysia.

14. Museum Kesultanan Kerajaan Malaka

Museum Kesultanan Kerajaan Malaka
Image Credit: Google Maps Reejem Gonzales

Sebagai bukti dari kekayaan dan kemakmuran Kesultanan Malaka pada masa lalu. Maka pemerintah setempat membangun sebuah distrik dengan area yang cukup luas.

Pengunjung dapat melihat berbagai benda dan foto sejarah dari Kerajaan Malaka. Pengunjung juga dapat mendengarkan kisah tentang perkembangan Malaka dari pemandu wisata yang disediakan oleh pengelola.

Sejarah kemaritiman dan petualangan dari para penduduk Malaka dan juga pendatang yang tiba di Malaka. Museum ini juga menyimpan kisah mengenai salah satu pelayar yang terkenal di kalangan masyarakat lokal yaitu Panglima Awang.

Harga Tiket: RM 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kota, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

15. Museum Tokoh Hang Tuah

Museum Tokoh Hang Tuah
Image Credit: Google Maps Kezerk Imaging

Pusat kegiatan masyarakat Malaka juga diabadikan pada sebuah museum bernama Hang Tuah. Tempat ini menyimpan berbagai cerita dan juga karangan mengenai kehidupan masyarakat tempo dulu.

Khususnya adalah masyarakat yang tinggal di kawasan Malaka, entah sebagai rakyat biasa atau pegawai pemerintahan. Museum ini juga tergolong sebagai tempat yang menyimpan cerita perjalanan Kerajaan Malaka.

Pengunjung dapat menemukan berbagai benda dan manuskrip sejarah di dalam gedung museum. Pengunjung juga bisa menjelajahi museum yang terkenal dengan kebudayaan lokal ini.

Harga Tiket: RM 2; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Jambatan Duyong, Malacca, Malaysia.

Itulah beberapa wisata museum populer di Malaysia yang menarik untuk Anda kunjungi. Negara maju yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini memang memiliki banyak museum guna memberikan sajian berupa peradaban dan sejarah kepada para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published