Thailand menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Negara yang dijuluki Gajah Putih ini memang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi. Dari destinasi wisata alam dengan keindahannya, hingga beragam kuliner lezat sangat menarik untuk dicicipi.

Destinasi wisata menarik lainnya yang tidak kalah wajib dikunjungi adalah museum. Ada banyak sekali museum terbaik yang wajib dikunjungi jika berada di Thailand. Banyaknya museum ini dikarenakan Negara Gajah Putih ini memiliki sejarah dan kebudayaan hingga cerita-cerita yang menarik di masa lalu yang bisa dilihat dan dipelajari.

Tidak hanya museum yang berisi sejarah dan kebudayaan saja, ada juga museum yang berisi koleksi-koleksi seni atau sains. Semua itu tentu saja sangat menarik menjadi destinasi untuk menghabiskan waktu liburan. Jika Anda ingin mengunjungi museum di Thailand, berikut ini adalah rekomendasi museum terbaik yang wajib dikunjungi.

1. Bangkok National Museum

Bangkok National Museum
Image Credit: Google Maps Georgina S

Bangkok National Museum merupakan museum yang wajib dikunjungi jika berada di Thailand. Museum ini sudah dibangun sejak 1874 dan pembukaannya diresmikan langsung oleh Raja Rama V yang sekaligus menunjukkan berbagau koleksi relik dan juga harta kerajaan yang berasal dari pemerintahan sebelumnya yaitu Raja Rama IV.

Koleksi-koleksi yang ada dalam Bangkok National Museum berupa artefak arkeologi yang berasal dari beberapa kerajaan termasuk Kerajaan Sriwijaya di wilayah Thailand Selatan. Terdapat juga koleksi seni rupa Budha dari beberapa wilayah Asia lainnya termasuk kesenian Sailendra dari Indonesia dan beberapa artefak dari Borobudur, Prambanan, dan arca dari Kerajaan Singhasari.

Dengan kedekatan budaya Indonesia yang berada di museum ini, sudah tentu sangat menerik dikunjungi terutama bagi wisatawan dari Indonesia. Selain dapat melihat berbagai koleksi-koleksi unik dari zaman kerajaan pada masa lalu, juga dapat menjadi pengalaman dan pengetahuan baru.

Harga Tiket: 200 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Na Phra That Alley, Phra Borom Maha Ratchawang, Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

2. Museum of Siam

Museum of Siam
Image Credit: Google Maps Nattapon S.

Museum of Siam memiliki konsep Thainess dengan budaya dan sejarah negara ini. Museum ini juga menunjukkan perkembangan Thailand dari masa lampau hingga saat ini secara detail. Bangunannya sendiri bergaya neo-klasik yang menggambarkan bangunan negara ini di masa lalu yang memiliki filosofi dan sejarah yang tinggi.

Wisatawan tidak akan merasa bosan berada di museum ini karena menggunakan simulasi serta teknologi yang canggih untuk menunjukkan berbagai budaya di Thailand. Tidak hanya itu, museum ini juga memiliki café yang dapat digunakan untuk beristirahat dan bersantai sejenak, juga taman-taman yang tertata dengan cantik dan teduh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sanam Chai Rd, Phra Borom Maha Ratchawang, Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

3. Vimanmek Mansion Museum

Vimanmek Mansion Museum
Image Credit: Google Maps Damrong Thitasilo

Museum ini cukup populer banyak dikunjungi. Museum ini dibangun sebagai bentuk penghormatan untuk mendiang raja. Koleksi yang tersimpan di dalamnya seperti furnitur antik, porselen, barang pecah belah, dan foto lama dari pemerintahan Raja pada tahun 1868 hingga 1910.

Tempat yang menonjol adalah Abhisek Dusit Hall, sementara ruang lainnya masih digunakan untuk acara kenegaraan.

Harga Tiket: 400 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ratchawithi Rd, Dusit, Dusit District, Bangkok, Thailand.

4. Jim Thompson House

Jim Thompson House
Image Credit: Google Maps Aey SrirathSomsawat

Jim Thompson House merupakan sebuah kompleks dengan enam rumah berbentuk tradisional yang berada di tengah kota. Koleksi di dalamnya berupa lukisan, hiasan dinding, porselen, dan patung-patung yang telah dikumpulkan oleh pemilik rumah, yaitu Jim Thompson selama tinggal di Asia Tenggara.

Jim Thomson sendiri juga telah menyelamatkan industri sutra yang sekarat tahun 60-an.

Harga Tiket: 150 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kasem San 2 Alley, Wang Mai, Pathum Wan District, Bangkok, Thailand.

5. Museum Pipit Banglamphu

Museum Pipit Banglamphu
Image Credit: Google Maps Panupong Yokyongsakul

Museum ini merupakan pusat untuk mempelajari sejarah dan budaya di Banglamphu. Museum ini snagat menarik karena menampilkan berbagai macam objek dengan narasi-narasi yang menceritakan kehidupan penduduk asli di Banglamphu.

Museum ini sendiri memiliki dua pameran yaitu pameran di gedung semen dan pameran di gedung kayu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Phra Sumen Rd, Chana Songkhram, Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

6. The Erawan Museum

The Erawan Museum
Image Credit: Google Maps Thomas Georg

The Erawan Museum sangat menarik dikunjungi karena menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan museum kebanyakan. Di museum ini lebih menonjolkan interior yang memiliki filosofi, nilai budaya, dan agama di setiap ruangannya. Simbol-simbol arsitektur yang ada di museum ini juga dikombinasikan dengan seni, tata letak struktural, dan alam yang tertata secara harmonis.

The Erawan Museum terdapat 3 lantai yang memiliki filosofi masing-masing. Lantai pertama merupakan dunia bawah atau neraka, berisi vas China dari dinasti Ming dan Qing. Lantai kedua merupakan dunia manusia berisi barang antik dengan seni tinggi, patung Guanyin, dan Dewi Cina seribu lengan. Lantai ketiga merupakan Surga Travatimsa yang berisi relik Sang Budha.

Harga Tiket: 42 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kanchanaphisek Rd, Bang Mueang Mai, Mueang Samut Prakan District, Samut Prakan, Thailand.

7. Rattanakosin Exhibition Hall

Rattanakosin Exhibition Hall
Image Credit: Google Maps PAM NIMPOOLSWARD

Museum ini menjadi pusat untuk mempelajari sejarah, budaya, serta seni pada masa Rattanakosin.

Gedungnya dibagi menjadi empat bangunan bersejarah yang dapat dipelajari oleh pengunjung mengenai sejarah dan cerita dari bangunan tersebut melalui media yang memiliki warna-warna yang beragam. Media ini juga menunjukkan sejarah-sejarah yang ada di Thailand.

Harga Tiket: 100 Bath; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ratchadamnoen Klang Rd, Wat Bowon Niwet, Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

8. Chiang Mai National Museum

Chiang Mai National Museum
Image Credit: Google Maps Andrew Lyons

Chiang Mai National Museum merupakan museum yang cukup populer karena merupakan tempat di mana menyimpan barang-barang paling bersejarah dari Kerajaan Lanna.

Koleksinya berupa pakaian adat Lanna, artefak, keramik, kerajinan tangan, kerajinan pahat, patung-patung, hingga foto-foto bersejarah. Museum ini juga menunjukkan latar geografi, ekonomi, dan budaya suku di masa Lanna.

Harga Tiket: 40 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chang Phueak, Mueang Chiang Mai District, Chiang Mai 50300, Thailand.

9. Museum of Counterfeit Goods

Museum of Counterfeit Goods
Image Credit: Twitter The BigChilli

Museum ini sangat unik dan menarik. Koleksi di dalamnya bukan berupa barang bersejarah namun barang-barang selundupan yang bertujuan untuk mengedukasi pentingnya mengetahui pelanggaran hak intelektual dan bagaimana penyelundupan dapat merugikan semua pihak yang terlibat.

Ada ribuan barang razia yang dapat dilihat, namun untuk mengunjunginya harus menggunakan perjanjian.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Floor, Supalai Grand Tower, Yannawa, Bangkok, Thailand.

10. Museum of Contemporary Art Bangkok

Museum of Contemporary Art Bangkok
Image Credit: Google Maps Inna IE

Museum of Contemporary Art Bangkok atau MOCA merupakan museum dengan lima lantai yang berisi lebih dari 800 koleksi karya seni kontemporer.

Bangunan museum sendiri memiliki konsep modern yang terlihat seperti pahatan dari bongkahan granit dan berbentuk jasmine. Pameran yang ada juga ada yang permanen dan ada juga pameran musiman yang dapat dinikmati pada saat waktu tertentu.

Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lat Yao, Chatuchak, Bangkok, Thailand.

11. Museum Koin

Museum Koin
Image Credit: Google Maps Santawat Denmetharat

Awalnya museum ini dibangun oleh Biro Manajemen Keuangan di Thailand, lalu Departemen Perbendaharaan Negara mengambil alih dan kemudian melakukan renovasi terhadap bangunannya yang kemudian dijadikan sebagai museum koin. Seperti namanya, museum ini bertujuan untuk mempelajari sejarah dari nilai dan kegunaan koin pada masa lalu.

Koleksi dari museum ini juga berupa koin-koin yang digunakan pada masa ke masa di Thailand. Ada koin yang berasal dari zaman batu, hingga koin yang masih digunakan saat ini. Tidak hanya itu, museum ini juga menunjukkan evolusi dari Kerajaan Thai Mint di mana pengunjung tidak hanya mempelajari sejarah, namun juga kehidupan masyarakat, dan ekonomi pada masa itu.

Harga Tiket: 50 baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chakrabongse Rd, Chana Songkhram, Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

12. Madame Tussauds Bangkok

Madame Tussauds Bangkok
Image Credit: Google Maps JAYKAY ROCKX

Madame Tussauds memang ada di beberapa negara, salah satunya ada di Bangkok. Di museum ini berisi berbagai patung tokoh penting maupun tokoh-tokoh idola yang terbuat dari lilin.

Wisatawan dapat sepuasnya berfoto bersama patung-patung tersebut. Tokoh penting yang ada di sana seperti Bapak Ir. Soekarno, juga ada Oprah, Michael Jackson, dan banyak lainnya. The Museum of Floral Culture.

Harga Tiket: 701 Baht; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rama I Rd, Pathum Wan, Pathum Wan District, Bangkok, Thailand.

13. Children’s Discovery Museum Bangkok

Children’s Discovery Museum Bangkok
Image Credit: Google Maps Gibby Story

Seperti namanya, museum ini sangat ramah anak. Ada berbagai permainan yang seru dan mengedukasi. Ruangannya sendiri dibagi berdasarkan usia, sehingga jenis permainan juga disesuaikan. Tidak hanya permainan saja, museum ini juga terdapat ruangan yang menyajikan pengetahuan umum untuk anak tentang sains maupun binatang.

Selain itu, terdapat juga kelas-kelas yang dapat diikuti sesuai dengan jadwal dan berada di ruangannya masing-masing. Ada kelas menggambar, kelas seni menggunakan playdough, bahkan kelas memasak dengan dapur sungguhan. Menariknya, semua fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan di museum ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kamphaeng Phet 4 Rd, Chatuchak, Bangkok, Thailand.

14. Bangkok Folk Museum

Bangkok Folk Museum
Image Credit: Google Maps T W

Bangkok Folk Museum juga dikenal bernama Bangkokian Museum yang berisi sejarah-sejarah yang menunjukkan kehidupan di Bangkok pada masa sebelum perang dunia kedua.

Museum ini juga memiliki taman dengan dua rumah tradisional yang masih sama seperti keadaan pada akhir 1800 hingga awal 1900-an. Museum ini tidak banyak diketahui, namun memiliki daya tarik yang memikat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Saphan Yao Alley, Si Phraya, Bang Rak, Bangkok, Thailand.

15. Nang Yai Museum Wat Khanon

Nang Yai Museum Wat Khanon
Image Credit: Google Maps Sombat Prommacharee

Bangunan di museum ini merupakan rumah dengan gaya tradisional Thailand termasuk pembuatan serta pameran boneka Nang Yai atau yang sering disebut wayang kulit. Koleksinya ada sebanyak 131 boneka Nang Yai yang dibuat dengan cara diukir. Tidak hanya koleksi boneka saja, museum ini juga kerap mengadakan pertunjukan Nang Yai dari tokoh Ramayana.

Beberapa cerita yang ditampilkan seperti Hanuman Thawai Waen, Phao Krung Longka, dan Sahatsa Kuman. Ada juga pertunjukkan Suek Intharachit. Pertunjukkan ini sendiri merupakan bagian proyek Kerajaan dari HRH Putri Maha Chakri Sirindhorn.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Soi Fa, Photharam District, Ratchaburi, Thailand.

Deretan museum tidak hanya menyimpan sejarah dan budaya Thailand, namun juga berbagai koleksi lain yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di Thailand akan terasa kurang jika belum berkunjung ke museum-museum tersebut. Selain mendapatkan hiburan yang seru dan unik, museum di negara ini juga memberikan wawasan dan pengalaman baru bagi setiap wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published