Australia merupakan salah satu pilihan destinasi yang populer di kalangan dunia, terutama Indonesia. Hal ini dikarenakan letak Australia yang berdekatan dengan Indonesia. Terdapat berbagai tempat wisata menarik yang memiliki corak budaya barat, mulai dari Pegunungan Biru, Sea Life Aquarium, hingga Bondi Beach yang sudah banyak orang tahu karena keindahannya.

Negara Kanguru ini juga terkenal dengan budayanya yang multikultural serta masyarakatnya yang ramah, sehingga membuat wisatawan mancanegara dapat merasa nyaman berada di negara tersebut. Selain itu, berkunjung ke negara ini belum lengkap rasanya apabila tidak membawa pulang berbagai buah tangan unik yang dimiliki negara ini.

Untuk mendapatkan berbagai oleh-oleh di negara ini juga bukan suatu hal yang sulit. Anda hanya perlu pergi ke toko toko-toko khusus souvenir atau kerajinan tangan yang banyak tersebar di berbagai tempat. Terdapat banyak pilihan buah tangan yang dapat Anda jadikan oleh-oleh khas untuk keluarga atau teman di rumah selepas berlibur ke Australia.

1. Boomerang

Boomerang
Image Credit: Facebook La Lettura – Corriere della Sera

Boomerang merupakan salah satu alat atau senjata tradisional yang dimiliki suku asli Australia yang bernama Suku Aborigin. Maka tidak heran jika benda ini banyak dijual sebagai oleh-oleh khasnya. Boomerang juga sudah diakui menjadi salah satu warisan budaya oleh UNESCO.

Anda bisa membawa pulang buah tangan unik ini dengan harga yang relatif murah. Pada umumnya toko-toko souvenir yang ada di Australia menjual senjata tradisional ini dengan harga sekitar 250 ribu rupiah, hingga 450 ribu rupiah tergantung dengan ukuran boomerang yang akan Anda beli.

2. Boneka Kanguru dan Koala

Boneka Kanguru dan Koala
Image Credit: Facebook Jaya Prima

Pastinya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa kanguru dan koala adalah hewan ikonik yang ada di Australia. Kedua hewan ini banyak dijadikan boneka sebagai oleh-oleh yang dapat dibawa pulang wisatawan. Kerajinan tangan unik ini dapat menjadi koleksi pribadi atau juga dapat dijadikan oleh-oleh menarik untuk adik atau keponakan di rumah.

Anda dapat dengan mudah menemukan boneka ini di berbagai pusat perbelanjaan atau toko-toko souvenir yang ada disana. Harganya pun juga beagam mulai dari 200 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

3. Wine Australia

Wine Australia
Image Credit: Instagram deakinestate

Australia juga terkenal dengan produksi tanaman anggurnya yang memiliki kualitas tinggi. Terdapat lebih dari 60 kawasan di Australia yang dibudidayakan sebagai perkebunan anggur. Maka dari itu negara ini juga memiliki wine dengan kualitas terbaik. Wine asal negara ini kerap kali memenangkan berbagai penghargaan dan sudah mendapat pengakuan oleh dunia akan kualitasnya.

Terdapat banyak toko wine dan juga bar yang bisa Anda kunjungi di Australia. Salah satu diantaranya yaitu Vintage Blue yang ada di Sydney. Toko ini menjual berbagai wine terkenal mulai dari harga murah hingga yang memiliki kualitas premium. Salah satu wine merah terkenal yang banyak diminati wisatawan yakni Shiraz.

4. Coklat Della Mano

Coklat Della Mano
Image Credit: Instagram The Brisbane Grind

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Belgia untuk dapat merasakan kenikmatan dari olahan coklat premium, Australia juga memiliki coklat dengan kelezatan yang tidak kalah dengan coklat Belgia. Anda dapat berkunjung ke Della Mano, tempat di Brisbane yang menawarkan berbagai coklat dan brownis sebagai oleh-oleh.

Coklat Della Mano menggunakan bahan yang diimpor langsung dari Belgia. Di sini coklat handmade lebih terkenal dibandingkan dengan coklat kemasan biasa. Hal ini dikarenakan coklat masih baru dibuat sehingga nampak lebih fresh.

Selain memiliki rasa premium, coklat Della Mano juga memiliki desain kemasan yang mewah dan elegan, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh premium untuk pacar, atasan, atau orang-orang lain yang dianggap penting.

5. Vegemite

Vegemite
Image Credit: Twitter Hartley Jackson

Vegemite merupakan salah satu oleh-oleh khas terkenal berupa selai. Memiliki cita rasa yang gurih, vigemite juga mengandung ekstra ragi dengan warna coklat yang bisa menjadi menu sarapan khas Australia.

Apabila kelupaan untuk membeli vegemite ketika sedang berkunjung, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Anda juga dapat membeli selai ini melalui situs-situs belanja. Di sana sudah terdapat beragam toko yang menyediakan vegemith. Harga vegemite ini terbilang sangat murah, yakni antara 45 ribu rupiah, hingga 220 ribu rupiah.

6. Didgeridoo

Didgeridoo
Image Credit: Instagram Jesus Farfadet

Didgeridoo adalah salah satu alat musik yang sering dimainkan oleh Suku Oborigin, suku asli yang ada di Australia. Alat musik ini mirip dengan alat musik terompet sebab cara untuk memainkannya juga sama-sama ditiup. Akan tetapi didgeridoo memiliki bentuk yang lebih panjang serta berbahan kayu.

Harga alat ini masih dikategorikan mahal, mengingat alat ini merupakan lat musik khas yang jarang ditemui di negara manapun. Memiliki harga berkisar antara 300 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah per unitnya.

7. Madu Manuka

Madu Manuka
Image Credit: Twitter Reuters

Australia memiliki jenis madu khas yang memiliki tekstur kental serta warna mirip karamel berupa coklat agak muda. Madu ini didapat dari sari bunga Manuka yang memiliki kualitas tinggi. Manfaatnya pun juga cukup banyak, misalnya seperti mempecepat penyembuhan, menghambat pertumbuhan bakteri, obat sakit tenggorokan, flu, sinusitis, hingga sebagai obat penyembuh sakit pada pencernaan.

Madu jenis manuka ini dijual dengan bergam jenis merek dengan harga yang berbeda-beda pula. Jadi, apabila akan membeli madu manuka, Anda tinggal pilih merek yang sesuai dengan selera atau budget yang Anda miliki.

8. Gantungan Baju Sydney Harbour Bridge

Gantungan Baju Sydney Harbour Bridge
Image Credit: Koalafication.com

Apabila sedang mencari oleh-oleh unik, lucu, serta memiliki nilai guna yang tinggi. Anda dapat memilih untuk membawa pulang berupa gantungan baju yang memiliki bentuk dan desain mirip seperti Sydney Harbour Bridge.

Selain bentuknya yang unik, Anda dapat memanfaatkan gantungan baju ini sebagai alat untuk menggantung baju di rumah.

9. Biskuit Tim Tam

Biskuit Tim Tam
Image Credit: Twitter LaToya Nicole

Mungkin banyak masyarakat yang beranggapan bahwa Tim Tam sudah banyak tersedia di Indonesia, dan bertanya-tanya mengapa bersusah payah untuk membelinya di Australia. Namun, apabila sudah mencicipi satu jenis saja, pastinya Anda akan berubah pikiran. Sebab rasanya yang berbeda dengan varian tim tam asal manapun.

Tim tam asli Australia memiliki rasa unik khas yang berbeda dengan varian coklat tim tam yang lain. Produk cokelat asli ini merupakan camilan favorit hampir seluruh kalangan usia. Bahkan di negara ini terdapat cara khusus untuk memakan Tim Tam yang memiliki nama Tim Tam Slam.

10. Aksesoris Khas Australia

Aksesoris Khas Australia
Image Credit: Twitter CrochetMiniToy

Terdapat berbagai jenis aksesoris yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh khas Australia, misalnya magnet kulkas, gantungan kunci, topi, tas, kaos, dan masih banyak lagi aksesoris khas yang lainnya.

Untuk mendapatkan berbagai jenis aksesoris tersebut, Anda bisa mendapatkannya di pusat-pusat perbelanjaan souvenir di negara ini, misalnya seperti Queen Victoria Market yang berada di sekitaran Melbourne. Kawasan pasar ini merupakan pasar tradisional yang menyediakan banyak oleh-oleh berupa aksesoris.

Di pasar tradisional ini juga terdapat banyak gerai yang sudah diatur berdasarkan dengan jenis barangnya. Tersedia berbagai pernak pernik Australia yang dijual di gerai-gerai tersebut. Harga berbagai aksesoris di tempat ini pun juga terbilang cukup murah dan tidak akan menguras kantong.

11. Kopi Byron Bay

Kopi Byron Bay
Image Credit: Instagram M-WORK BYRON BAY COFFEE 水戸

Bukan hanya wine minuman khas yang ada di Australia, negara ini juga memiliki sebuah brand kopi bernama Bryon Bag yang berada di New South Wales. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai jenis kopi olahannya mulai dari espresso, arabica, plunger, dan masih banyak lagi yang lain.

Bryon Bay juga menciptakan beberapa inovasi rasa kopi baru yang wajib untuk dicoba, diantaranya dark chocolate coated soffe, milk chocolate coated coffe, dan inovasi rasa lain yang menarik untuk dicoba. Untuk dapat membawa pulang sebagai oleh-oleh, kopi-kopi ini juga dikemas dalam bentuk bubuk demi untuk memusahkan dalam membawanya.

Untuk harganya sendiri dapat dikatakan cukup ramah di kantong, mulai dari 5 AUD sampai dengan 39 AUD atau bila dirupiahkan berkisar sekitar 50 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah tergantung dengan varian kopi dan berat kemasan yang Anda pilih.

12. Biskuit

Biskuit
Image Credit: Twitter Quarter Teaspoon

Rekomendasi terakhir yang harus Anda beli ketika berkunjung adalah biskuit. Biskuit ini bukan sembarang biskuit, sebab biskuit khas Australia ini memiliki cita rasa yang begitu lezat dan nikmat.

Anda dapat menemukan berbagai jenis biskuit khas yang banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan. Harganya pun juga relatif murah, yakni berkisar antara 30 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah per unitnya.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Australia yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri untuk Anda bawa pulang. Buah tangan di atas sering kali menjadi barang yang banyak dicari wisatawan ketika berkunjung ke Australia. Dengan pembahasan ini, semoga dapat semakin menambah daftar oleh-oleh yang dapat Anda beli ketika sedang berwisata atau berkunjung ke Negara Kanguru.