Filipina merupakan Negara dengan iklim tropis yang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang sangat menawan. Tak heran jika di negara ini banyak menyuguhkan destinasi wisata yang menarik, mulai dari destinasi bertema sejarah, budaya, alam bahkan hingga religi dan masih banyak lagi. Filipina bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan kerabat.

Selain memiliki banyak sekali objek wisata menarik, Filipina juga memiliki berbagai macam makanan dan minuman khas, pernak-pernik serta souvenir cantik yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Tenang saja, harga yang ditawarkan ramah di kantong. Bagi anda yang ingin liburan ke negara ini, jangan lewatkan beberapa hal penting saat kesana.

Selain anda harus mencicipi kuliner khas dari Negara Filipina, anda juga harus membeli buah tangan khas untuk kerabat di rumah. Pastikan bahwa buah tangan yang anda beli itu menarik dan unik, yang cuma bisa ditemukan di negara ini. Berikut daftar rekomendasi oleh-oleh khas Filipina yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

1. Pakaian Adat Barong Tagalog

Pakaian Adat Barong Tagalog
Image Credit: Facebook EZ Jersey

Oleh-oleh khas yang paling sering diburu para wisatawan adalah Barong Tagalog. Barong Tagalog sendiri merupakan pakaian adat Fillipina, yang membuat pakaian ini unik adalah bahan pembuatannya yang berbeda dari baju pada umumnya, baju ini terbuat dari pelepah pisang atau serat batang dan serat nanas. Sehingga banyak wisatawan yang membeli baju ini sebagai buah tangan.

Serat nanas atau pelepah pisang tadi disulam, lalu jadilah Barong Tagalong. Barong Tagalong ini memiliki warna yang transparan, menjadikan baju ini digunakan sebagai baju luaran atau luar. Walaupun sederhana, tapi saat ini pakaian ini memiliki desain yang modern dan modis. Harganya berbeda-beda tergantung model, motif serta warna, mulai dari Rp 150.000,- hingga Rp 200.000,- saja.

2. Kerajinan Tangan Banig

Kerajinan Tangan Banig
Image Credit: Facebook Tesoro’s Philippine Handicrafts

Banig ini merupakan kerajinan tangan Filipina berupa tikar dengan warna-warni yang biasa digunakan untuk alas duduk. Banig terbuat dari daun kelapa yang dianyam lalu diberi warna-warni. Sangking indahnya, anyaman ini hasilnya lebih bagus dari karpet. Maka dari itu, para wisatawan bila ke Filipina pasti tak lupa untuk membeli Banig ini sebagai buah tangan khas.

Cara membawa banig juga cukup mudah, jadi anda tidak perlu kerepotan membawanya pulang ke Indonesia. Anda cukup melipat atau menggulungnya seperti tikar biasa. Banig ini sering digunakan sebagai alas duduk jika ke pantai, meskipun begitu untuk dapat membelinya anda harus ke toko souvenir.

3. Alat Musik Tradisional Kubing

Alat Musik Tradisional Kubing
Image Credit: Facebook Etnian РInstrumentos musicales étnicos 

Kubing ialah alat musik tradisional Filipina yang terbuat dari bambu. Memiliki ukuran sekecil steak es krim tapi agak panjang. Ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, cara memakainya juga cukup mudah yaitu dengan cara ditiup. Alat musik ini hanya bisa kita temukan jika berkunjung ke negara ini, oleh karena itu banyak wisatawan menjadikan alat musik ini sebagai buah tangan.

Alat musik tradisional Kubing ini berwarna cokelat, tetapi saat ini banyak yang diberi warna lain. Apabila anda tertarik untuk membeli, jangan lupa belajar bagaimana cara memainkannya. Siapa tahu baru belajar, anda sudah mahir memainkan Kubing.

4. Kue Tradisional Buko Pie

Kue Tradisional Buko Pie
Image Credit: Facebook May napapansin ako.

Mungkin kurang lengkap jika kita tak membawa makanan khas Filipina sebagai buah tangan. Ada Buko Pie, Buko Pie ini ialah makanan khas yang bahan dasarnya adalah kelapa, makanan ini mirip seperti wingko yang ada di Indonesia. Jajanan khas ini sangat populer di Cebu, salah satu pulau yang ada di Filipina. Rasanya renyah, enak dan gurih sejak gigitan pertama.

5. Mainan Tradisional Sungka

Mainan Tradisional Sungka
Image Credit: Instagram Bench Ambassadors

Sungka ini adalah jenis permainan khas Filipina. Di Indonesia kita sering menyebutnya Dakon atau Congklak, mainan ini sama persis dengan itu.

Hanya saja bedanya Sungka ini di bagian kedua sisinya diberi ukiran khas Filipina. Walaupun sama dengan dakon di Indonesia, tetapi karena ada ukiran khas di kedua sisinya, mainan ini sangat laku keras di buru wisatawan.

6. Teh khas Filipina

Filipino Specialty Tea
Image Credit: 31food.com

Teh ini bukan teh biasa, teh ini diyakini dapat menyembuhkan penyakit pilek dan batuk. Selain ukurannya yang kecil, serta bisa digunakan sebagai obat, harga yang dipatok juga cukup murah sekitar 127,17 PHP, bila dirupiahkan sekitar Rp 35.000,- saja.

Teh ini sangat cocok menjadi buah tangan untuk kerabat di rumah sebagai teman minum teh di sore hari.

7. Kaos Bertulis Filipina

Kaos Bertulis Filipina
Image Credit: Twitter Harley

Bukan rahasia lagi, bila kita berkunjung ke suatu tempat pasti kita akan membeli kaos yang bertuliskan tempat itu sebagai tanda kita pernah kesana.

Sama halnya dengan itu, kita juga bisa membeli kaos yang bertuliskan Filipina. Selain harganya yang murah, kaos juga bermanfaat bagi yang menerimanya, karena bisa dipakai kapan saja, bahkan di waktu santai sekalipun.

8. Perhiasan dari Mutiara Langkah

Perhiasan dari Mutiara Langkah
Image Credit: Twitter Frans

Bila anda ingin buah tangan yang lebih mahal, anda bisa membeli perhiasan di Filipina sebagai buah tangan. Perhiasan dari negara ini umumnya terbuat dari mutiara dengan berbagai macam warna.

Jika melihatnya dijamin anda pasti akan langsung jatuh hati karena bentuk dan warnanya yang sangat cantik. Tidak terlalu mencolok tetapi memberi kesan yang sederhana namun elegan, cocok dijadikan oleh-oleh.

9. Miniatur Transportasi Umum Jeepney

Miniatur Transportasi Umum Jeepney
Image Credit: Facebook International Forestry Students’ Symposium Philippines 2015

Jeepney adalah transportasi umum yang ada di Filipina, bentuknya seperti mobil jeep tapi memiliki bentuk badan memanjang. Di Indonesia transportasi ini sama dengan angkot.

Selain bentuknya yang unik, warnanya juga unik, sehingga para pengrajin di sana memutuskan membuat miniaturnya dan dijual sebagai salah satu cindera mata khas. Harga Jeepney ini mulai dari Rp 80.000,- saja.

10. Asinan Mangga atau Dried Manggo

Dried Manggo
Image Credit: Twitter Mara Palma

Tak hanya Indonesia saja yang memiliki asinan buah, di Filipina juga terdapat asinan buah mangga atau biasa disebut Dried Manggo. Mereka menggunakan buah mangga Caraboa yang memiliki kualitas terbaik dan dipetik langsung dari daerah Mindanao. Olahan buah ini cocok bila dimakan saat cuaca sedang panas. Sebelum membeli, alangkah baiknya cicipi dulu rasa dan bagaimana teksturnya.

Selain asinan, anda juga bisa membeli manisannya. Tenang saja, anda tak perlu repot membawanya, karena biasanya baik manisan maupun asinan sudah dibungkus di dalam kemasan. Jangan lupa juga perhatikan tanggal kadaluarsanya, supaya anda tak kecewa setelah membeli, apalagi jaraknya yang jauh di Filipina.

11. Kopi khas Filipina

Kopi khas Filipina
Image Credit: Instagram B R E W T A L I S T COFFEE

Jika tadi ada teh Filipina, kini ada kopi khas yaitu Kopi Batangas atau Kopi Barako yang bisa juga dijadikan sebagai buah tangan. Anda bisa membelinya dalam bentuk sachet atau yang langsung diseduh.

Karena kopi ini merupakan kopi asli Filipina, jadi banyak wisatawan yang membelinya sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

12. Kue Polvoron

Polvoron
Image Credit: Facebook Airelyn Tayao Baoy

Polvoron merupakan roti lapis yang terbuat dari susu bubuk full cream, tepung panggang, margarin dan gula serta memiliki rasa yang manis. Kue ini berbentuk oval dan dibungkus dengan kertas Jepang atau plastik berwarna demi menjaga kesegarannya.

Beberapa bahan digunakan sebagai varian dari rasa kue itu, seperti jambu mete, strawberi, ubi ungu dan pinipig.

13. Permen Susu Khas Filipina Pastillas de leche

Pastillas de leche
Image Credit: Facebook Airelyn Tayao Baoy

Pastillas de leche ialah permen susu khas negara ini yang terbuat dari susu Carabo atau Kerbau dengan gula. Permen ini biasa disajikan sebagai makanan atau hidangan penutup.

Memiliki bentuk seperti lontong berukuran mini berwarna putih, bertekstur lembut serta ditaburi gula. Kita bisa mendapatkan permen ini di Laguna, Bulacan dan San Miguel Filipina.

14. Peralatan Makan yang Terbuat dari Mutiara

Peralatan Makan yang Terbuat dari Mutiara
Image Credit: Topijelajah.com

Tak hanya perhiasan saja yang terbuat dari mutiara, peralatan makan di sana juga ada yang terbuat dari mutiara. Misalnya seperti sendok, garpu, alas cangkir dan masih banyak lagi.

Semua bahan yang digunakan terbuat dari mutiara yang sangat langkah, yang cuma dapat ditemukan di Filipina, jadi tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan benda ini sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

15. Barang Tenun Khas Filipina

Barang Tenun Khas Filipina
Image Credit: Twitter KKday PH

Banyak barang tenun khas yang dapat anda jadikan sebagai buah tangan. Misalnya seperti dompet, bandana, tas tangan, pakaian sulam, tas laptop dan masih banyak lagi.

Setiap barang yang dijual, dibuat secara manual oleh pengrajin di sana, serta mempunyai motif etnis Filipina yang khas. Jadi wajar jika para wisatawan banyak yang memburu dan menjadikannya sebagai buah tangan.

Demikian ulasan singkat tentang oleh-oleh khas yang wajib anda beli saat berkunjung ke Filipina. Tak hanya makanan saja, ada pakaian, alat musik tradisional, bahkan hingga perhiasan bisa dijadikan sebagai buah tangan. Selain bentuknya yang cantik, makanan dan minumannya yang enak, harganya juga terjangkau. Jadi tunggu apalagi, jadikan Filipina sebagai agenda liburan anda bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published