Mungkin sebagian besar dari kita tak pernah terfikirkan untuk menjadikan Myanmar sebagai salah satu tujuan wisata kita. Padahal objek wisata yang ada di negara ini juga tak kalah indah bila dibanding dengan Korea, Jepang dan Singapura. Mulai dari destinasi bertema budaya, alam, religi hingga sejarah semua ada di sana.

Tak hanya itu saja selain objek wisata, di sana juga terdapat berbagai macam kuliner khas yang lezat serta pernak-pernik yang cantik dan masih banyak lagi yang tak bisa kita temukan di tempat lain. Tak perlu khawatir dengan harganya, harga yang ditawarkan di sana beraneka ragam, kita bisa memilih barang dengan harga yang terjangkau.

Jadi tunggu apalagi, kita bisa menjadikan Myanmar sebagai salah satu destinasi wisata kita. Jangan lupa, setelah berkunjung kesana bawalah sesuatu sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Pastikan bahwa buah tangan yang akan anda berikan itu unik, menarik serta khas, hanya ada di Myanmar. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas yang sering diburu oleh para wisatawan.

1. Boneka Kayu

Boneka kayu myanmar.jpg1
Image Credit:  Twitter tourisminmyanmar.com

Oleh-oleh pertama yang bisa anda pilih ialah boneka kayu. Boneka Kayu ini berbeda dengan boneka kayu pada umumnya, karena boneka kayu di sana menggunakan ornamen khas Myanmar seperti baju adat. Boneka Kayu itu biasanya digunakan pada pertunjukan boneka dengan cara menggerakan tali yang sudah diikat pada kayu.

Karena unik dan khas, banyak wisatawan yang membeli cendera mata ini. Masyarakat di sana banyak menyebut boneka kayu itu Pyit Tian Tung. Anda bisa membeli boneka kayu itu di beberapa pasar tradisional yang ada di Myanmar salah satunya di pasar Bogyoke Aung San. Pasar itu menjual berbagai souvenir khas salah satunya Anda bisa membeli boneka kayu ini.

2. Permen Khas Myanmar

Permen Khas Myanmar
Image Credit: Twitter Yasmin Dwi Safitri

Di setiap tempat atau daerah pasti memiliki adat istiadat sendiri-sendiri, begitu halnya dengan Myanmar. Masyarakat di negara ini mempunyai kebiasaan tiap selesai makan malam mereka mempunyai kebiasaan mengkonsumsi permen khas Myanmar ini, yang mempunyai rasa manis dan asam. Permen ini berwarna coklat berbentuk seperti koin logam dibungkus kertas yang tipis .

Tak heran jika banyak wisatawan yang membeli permen ini karena penasaran. Anda bisa mendapatkan permen ini di beberapa pasar tradisional yang ada di Myanmar. Karena permen ini juga biasanya dijual sebagai buah tangan untuk wisatawan. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 10.000,- berisi 6 sampai 7 buah permen. Jadi pastikan jika kesana, anda membeli permen ini.

3. Kain Longyi

Kain Longyi
Image Credit: Twitter tourisminmyanmar.com

Longyi sendiri ialah kain sarung khas dari Myanmar yang sering digunakan oleh penduduk lokal ketika memperingati acara tertentu. Motif serta warna dari kain ini sangat menarik serta mempesona mata. Hingga membuatnya cocok bila dijadikan cindera mata, Longyi juga cocok digunakan untuk pria dan wanita.

Untuk pria, cara memakainya cukup diikatkan ke depan seperti kita memakai sarung biasa. Sementara untuk wanita, kainnya dililit serta diikat di pergelangan pinggang. Untuk bisa memperoleh Longyi, anda cukup membelinya di beberapa pasar tradisional yang ada di Myanmar dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 70.000,- saja, anda sudah bisa mendapatkannya.

4. Bedak Thanaka

Bedak Thanaka
Image Credit: Facebook Ayue Elina Irdina

Salah satu oleh-oleh khas yang wajib anda beli ialah Thanaka. Thanaka sendiri ialah bedak tradisional Myanmar, yang sering digunakan oleh masyarakat terutama kaum wanita. Fungsi dari bedak ini sendiri selain untuk mempercantik penampilan juga sebagai perlindungan kulit wajah. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memburu bedak itu sebagai buah tangan.

5. Lukisan

Lukisan Myanmar
Image Credit: Twitter HRZHQ

Buah tangan selanjutnya yang banyak diburu oleh para wisatawan ialah lukisan Myanmar. Lukisan ini berbeda dari lukisan pada umumnya, lukisan ini dibuat dari batu khas dari negara ini. Batu mulia itu digunakan untuk bahan pewarna pada lukisan. Cara menggunakannya ialah dengan cara menghancurkan batu itu, lalu bubuk dari hasil penghancuran itu tadi yang digunakan.

6. Magnet Kulkas

Magnet Kulkas
Image Credit: Facebook Vintageunikshop

Salah satu pernak-pernik unik dan khas yang bisa kita beli disana adalah Magnet Kulkas. Magnet kulkas ini mempunyai bentuk unik serta menggambarkan keunikan Mynamar dengan hiasan batu giok. Maka tak heran bila para wisatawan banyak menjadikan magnet kulkas ini sebagai oleh-oleh.

Magnet kulkas ini memiliki harga yang beraneka ragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Mulai dari yang ribuan sampai jutaan rupiah. Mahalnya harga disebabkan karena adanya batu giok sebagai hiasannya. Dan juga ditentukan dari ukuran serta model gantungan itu. Tetapi tenang saja, kita bisa membeli gantungan yang harganya masih terjangkau.

7. Sanwin Makin

Sanwin Makin
Image Credit: Twitter tourisminmyanmar.com

Banyak hidangan tradisional Myanmar yang memiliki rasa enak dan tampilan menarik, Sanwin Makin salah satunya. Sanwin Makin ini ialah hidangan berupa kue dengan warna coklat yang terbuat dari gula, mentega, gandum dan kelapa. Bentuknya menyerupai brownis jika di Indonesia, memiliki rasa yang sama yaitu manis.

Tetapi tentunya, Sanwin Makin ini memiliki rasa khas yang kuat, karena bahan kuenya yang hanya terdapat di Myanmar. Hidangan ini sangat terkenal sebagai hidangan penutup paling disukai oleh masyarakat Myanmar. Maka dari itu, tak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang diburu oleh para wisatawan sebagai buah tangan.

8. Batu Giok

Batu Giok myanmar
Image Credit: Twitter tourisminmyanmar.com

Myanmar sendiri adalah salah satu dari Negara pembuat batu giok terkenal, tak heran jika pernak pernik di sana sebagian besar terdapat hiasan batu giok. Batu giok itu yang menjadi daya tarik dari pernak pernik yang ada di Myanmar. Tak hanya itu saja, ada gelang, cincin, kalung dan perhiasan lainnya yang terbuat dari batu giok. Cocok untuk dijadikan koleksi, apalagi bentuk batu giok yang unik dan cantik.

Batu giok di sana harganya juga beraneka ragam, mulai dari murah sampai mahal. Yang paling murah Rp 6.000,- dan yang paling mahal bisa sampai jutaan rupiah, tergantung dengan model dan ukurannya. Jika anda berencana membeli batu giok dengan harga yang mahal, pastikan dulu bahwa anda memperoleh sertifikat keasliannya. Karena itulah, tak heran bila batu giok banyak diburu wisatawan.

9. Kaos Myanmar

kaos myanmar
Image Credit: Twitter Yasmin Dwi Safitri

Kaos merupakan oleh-oleh yang hampir di semua Negara ada. Biasanya, di tiap Negara terdapat ciri khas tersendiri pada kaosnya, sama seperti halnya di Myanmar, terdapat tulisan atau hiasan yang menggambarkan keunikan negara ini. bahkan sebagian besar orang jika berlibur kesuatu tempat atau daerah, pasti yang dibeli sebagai buah tangan adalah kaos.

Apalagi harga kaos relatif murah dan juga fleksibel, dapat digunakan oleh yang menerima kapanpun bahkan ketika sedang santai. Tak hanya itu, kaos juga mudah di bawa, jadi kita bisa membeli banyak kaos dengan harga yang relatif murah. Karena itu, kaos menjadi salah satu buah tangan yang paling banyak diincar oleh para wisatawan jika berkunjung kesuatu tempat.

10. Makanan Nga Htamin

Nga Htamin myanmar
Image Credit: Facebook Mingalapar

Nga Htamin ini tampilannya sama seperti nasi kuning dari Indonesia dan nasi kebuli dari india. Rasanya juga tak jauh beda dengan nasi kuning, karena bahan dasarnya juga berasal dari kunyit ditambah beberapa rempah untuk mendapatkan rasa yang khas. Beberapa rempah itu yang menjadikan makanan ini menjadi unik dan layak dicicipi. Meskipun mirip, diantara keduanya ada perbedaan.

Bedanya hanya pada cara penyajiannya, Nga Htamin disajikan dengan pasta tomat, ikan rebus, kentang rebus yang di potong kecil serta taburan bawang goreng. Tak hanya itu saja, jika anda menginginkan rasa yang lezat, anda bisa tambahkan irisan cabai diatasnya. Karena rasanya yang enak, dank has rempah Myanmar jadi banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai buah tangan.

11. Hto Hpu New

Hto-Hpu Nwe
Image Credit: Facebook China-ASEAN Expo

Buah tangan terkahir yang bisa anda pilih ialah Hto hpu new. Hto hpu new sendiri ialah makan khas Myanmar yang artinya tahu hangat. Namun jangan salah, meskipun bila diterjemahkan artinya tahu hangat tetapi makanan ini bukan terbuat dari tahu tetapi tepung yang terbuat dari kacang polong. Tepung tadi diolah sedemikian rupa sehingga menjadi lembek seperti bubur dengan warna kuning.

Hto hpu new ini disajikan dengan irisan daging, kaldu daging, cabai, minyak serta potongan sayur. Tampilannya hampir sama seperti bubur ayam jika di Indonesia, ada 2 pilihan daging yang ditawarkan daging babi dan daging ayam. Terkadang penjual mencampurkan kedua daging itu untuk menambah cita rasa, jadi bila anda muslim, pastikan bahwa anda bilang dulu kepada penjual saat memesan.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Myanmar yang paling diminati wisatawan. Tak hanya makanan saja, ada juga berbagai macam pernak-pernik khas Myanmar yang bisa anda pilih sebagai buah tangan untuk kerabat tercinta di rumah. Semoga ulasan tadi bisa menjadi referensi untuk anda sekeluarga bila berkunjung kesana.