Singapura adalah salah satu negara Asia yang memiliki beragam destinasi alam. Wisata pantai dengan ombaknya yang riak-riak kecil menjadi tujuan utama saat berlibur. Tiap pantainya memiliki keunikan tersendiri yang bisa memikat turis dari berbagai penjuru dunia untuk datang. Pemerintah setempat terus berupaya mengembangkan pariwisata agar bisa dinikmati oleh banyak orang.

Kawasannya memiliki area yang luas dengan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Wisata pantai ini juga harganya sangat murah di kantong, bahkan ada yang gratis. Petugas selalu menjaga kebersihan areanya agar pengunjung betah berlama-lama disini. Selain itu ditanam pula pohon hijau di setiap pesisir pantai agar udara terasa sejuk dan mencegah abrasi.

Traveller akan merasakan sensasi berbeda ketika menjelajahi tiap pantai di Singapura. Saat berkunjung Anda bisa mengajak kerabat atau keluarga agar liburan semakin seru. Pada hari libur wisatawan disarankan datang pada pagi hari agar bisa mengunjungi lebih dari 1 pantai. Hal yang terpenting saat berlibur jangan mengotori area wisata.

1. Pantai Siloso

Pantai Siloso
Image Credit: Instagram Yuk Singapore

Pantai ini sebenarnya masih dalam kawasan pulau Sentosa yang terkenal sebagai pusat hiburan di Singapura. Air lautnya terlihat jernih berwarna biru kehijauan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pada bibir pantai juga terlihat jembatan yang memperindah kawasan. Wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan pulau-pulau kecil milik Singapura yang berbatasan dengan Batam.

Harga tiket masuknya gratis, namun di dalamnya sudah disediakan fasilitas lengkap seperti restaurant, bar, maupun kursi berjemur. Petugas setempat juga selalu menjaga kebersihan area sekitarnya. Saat hari libur akan tampak banyak orang memadati pantai siloso. Ada turis dari mancanegara yang melakukan aktivitas berjemur, melihat sunrise, bersantai, serta bermain pasir.

Harga Tiket: SGD 2; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentosa Island, Singapura.

2. Pantai Changi

Pantai Changi
Image Credit: Google Maps Ayden

Letak wisata pantai changi berdekatan dengan Bandara Changi Singapura. Lokasinya yang strategis membuat pantai ini bersebelahan dengan pusat perbelanjaan dan penginapan. Pada bagian pintu masuknya terdapat miniatur menyerupai buku yang bertuliskan sejarah singkat pantai changi. Destinasi ini memiliki panjang 3 km dan menjadi salah satu tempat favorit para turis.

Suasananya terlihat asri karena dikelilingi oleh pohon kelapa. Hal lain yang menambah keunikan destinasi ini yaitu Anda bisa naik kapal changi ferry untuk menuju restaurant kelong. Disana para travelller akan disuguhi makanan seafood mulai dari kerang, lobster, ikan dengan rasa yang khas. Pada malam hari akan banyak turis yang menghabiskan waktu untuk melihat sunset di pesisir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Changi Beach, Singapura.

3. Pantai East Coast

Pantai East Coast
Image Credit: Google Maps A Abdat

Berbeda dengan pantai lain, kawasan ini masih terlihat alami karena belum banyak didatangi pengunjung. Kawasannya berdiri di atas tanah reklamasi seluas 185 hektar dan diresmikan tahun 1970. Lokasi east coast tepat berada di dekat Orchard Road, pantai Tenggara Singapura. Rutenya bisa dilalui dengan berbagai kendaraan seperti MRT maupun bus.

Saat hari libur Anda akan menjumpai banyak orang bersepeda di sepanjang hamparan pantai. Pasirnya berwarna coklat dan lembut sehingga cocok untuk bermain voli atau membuat istana pasir. Disana juga menyediakan area untuk tempat memancing ikan serta dilengkapi dengan tempat penyewaan alat pancing.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: E Coast Park Service Rd, Singapura.

4. Pantai Palawan

Pantai Palawan
Image Credit: Google Maps Jai sri Radhe.

Pantai Palawan memiliki ciri khas tersendiri yaitu datarannya yang landai dengan air laut berwarna biru muda. Di dalamnya terdapat jembatan gantung bergaya pirates of the caribbean yang terletak di atas air laut. Anda akan merasakan sensasi menegangkan saat melewatinya karena jembatan tersebut terbuat dari papan dan tali. Sepanjang pesisir tampak pula pohon palem yang berjejer.

Ombaknya yang tenang banyak digunakan untuk berenang, namun jangan sampai melewati batas bendera merah dan kuning. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap mulai dari lahan parkir yang luas, toko souvenir, ruang perawatan, dan ruang istirahat bagi tamu. Anda bisa mendatanginya dengan naik bus kemudian dilanjut dengan naik tram pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palawan Beach Walk, Sentosa Island, Singapura.

5. Pantai Tanjong

Pantai Tanjong
Image Credit: Google Maps Jerome PELAT

Letak destinasi yang berada di Pulau Sentosa ini menyuguhkan beragam keindahan alam. Pantainya yang terpencil jauh dari hiruk pikuk keramaian dan airnya dangkal. Tidak ada tarif tiket saat berlibur kesini atau bisa dibilang gratis. Anda yang dari arah pulau Sentosa bisa berjalan kaki atau naik trem listrik saat menuju Tanjong.

Infrastruktur di dalamnya sudah dibangun secara lengkap dan dikembangkan dengan baik. Tersedia lapangan voli yang biasanya dijadikan tempat kompetisi, persewaan kursi berjemur, kamar mandi, ruang ganti, dan kafe. Di bibir pantai terlihat kapal laut yang berlayar menambah ke estetikan wisata. Saat sore hari traveller juga bisa menikmati sunset dari tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjong Beach Walk Sentosa Island Singapore, Singapore.

6. Pantai Punggol

Pantai Punggol
Image Credit: Google Maps Danny Heng

Kawasan pantai punggol bisa dikatakan cukup estetik karena banyak bebatuan besar yang tersebar di pasir. Keindahan inilah yang diibaratkan seperti destinasi pada film Hollywood. Saat mengunjungi tempat ini disarankan mulai pagi, karena jika sudah siang akan terasa panas. Wisatawan yang datang bisa duduk santai di batu dengan ditemani angin sepoi-sepoi.

Tempatnya yang sangat luas membuat turis dari mancanegara betah berlama-lama disini. Di bibir pantai tersedia bangunan seperti jembatan untuk tempat mengambil foto. Disana Anda juga bisa menikmati kuliner yang lezat seperti seafood dan makanan Asia. Akan tetapi pengunjung tidak bisa bermain air karena banyak batu yang berbahaya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentul Crescent Road Singapore, Singapore.

7. Pantai Pasir Ris

Pantai Pasir Ris
Image Credit: Google Maps 고윈ᄐugly

Konon katanya pasir ris berasal dari kata pasir dan ris yang artinya pantai berpasir. Lokasinya berdekatan dengan bandara Internasional Changi sehingga sangat strategis. Saat berlibur ke pantai ini, traveller dapat naik MRT green line yang tersedia. Pariwisata ini dikenal dengan lautnya yang bersuhu hangat dan tempatnya yang bersih.

Letaknya berdekatan dengan taman yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga joging maupun bersepeda. Taman bermain pun dipasang untuk anak-anak, mulai dari ayunan hingga prosotan. Banyak gazebo berjejer untuk wisatawan yang ingin duduk santai dengan keluarga. Semua orang bisa menikmatinya secara gratis mulai pagi hingga sore hari.

Harga Tiket: SGD 18; Map: Cek Lokasi
Alamat: ‎Pasir Ris, Singapore.

8. Pulau Lazarus

Pulau Lazarus
Image Credit: Google Maps Mark Azzopardi

Pulau ini tidak memiliki penghuni yang menetap, namun banyak turis berdatangan untuk melihat keindahan pantainya. Suasanya yang sejuk dikelilingi bukit hijau menambah keelokan lazarus. Saat siang hari terlihat kapal berlayar yang mengelilingi pulau. Pengunjung bisa menuju tempat ini dengan naik kapal tersebut.

Pesona lain dari pulau ini yaitu biota laut mulai dari kerang, kepiting, bintang laut. Bahkan traveller dapat menyentuhnya dengan didampingi oleh petugas penjaga. Disarankan berlibur ke tempat ini saat hari libur saja, karena jika hari biasa hampir tidak ada wisatawan yang datang. Tempatnya yang terpencil juga mengharuskan tamu untuk membawa makanan dan peralatan sendiri dari rumah.

Harga Tiket: SGD 15; Map: Cek Lokasi
Alamat: Southern Island, Singapore.

9. Pulau St John’s

Pulau St John's
Image Credit: Google Maps ZhaoZhe Shen

Sebelum dikenal dengan nama pulau St John’s, dahulu wisata ini disebut sebagai pulau Sakijang Bendera. Pariwisata ini menjadi salah satu primadona di Singapura yang wajib dikunjungi. Tempatnya tidak jauh dari pulau lazarus dan masih bisa dijangkau dengan kapal ferry. Pemandangannya yang natural banyak dijadikan spot foto oleh kebanyakan orang.

Kegiatan populer ketika berlibur kesini yaitu pengunjung bisa selancar, berenang, maupun memancing. Para pelancong bebas untuk menangkap ikan asalkan tidak membawa senjata yang merusak ekosistem laut. Bahkan ikan tersebut bisa dimasak secara langsung dan dinikmati bersama keluarga. Anda akan merasa seperti berlibur di pulau pribadi karena kawasannya yang masih sepi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: St. John’s Island, Singapore.

10. Pulau Kusu

Pulau Kusu
Image Credit: Google Maps 고윈ᄐugly

Daratan yang memiliki nama lain pulau Puncak ini memiliki luas sekitar 85.000 meter. Pemerintah Singapura menjadikan pulau Kusu sebagai salah satu destinasi alam untuk meningkatkan perekonomian. Tempat ini dikenal dengan legenda kura-kura yang merubah diri menjadi sebuah pulau. Di dalamnya terdapat pantai eksotis dengan pohon kelapa yang berjejer.

Disana Anda bisa mengunjungi tempat konservasi kura-kura. Para pelancong dapat pula bermain air, duduk santai, maupun memotret foto. Namun petugas menghimbau bahwa para traveller tidak boleh menginap disekitar area. Saat wisatawan berkunjung antara bulan September dan November akan menemui orang Tionghoa yang melakukan ritual di pulau ini.

Harga Tiket: SGD 12; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kusu Island, Singapore.

11. Pulau Ubin

Pulau Ubin
Image Credit: Google Maps Jane N

Pulau yang satu ini berada di timur laut Singapura yang menyuguhkan pantai estetik. Disana traveller bisa melihat bintang laut, sotong, gurita, hingga kepiting secara langsung. Letaknya berdekatan dengan hutan bakau yang dipenuhi satwa liar. Wisatawan yang berkunjung disarankan saat pagi hingga sore saja, karena tidak dibuka sampai malam.

Pantai di pulau Ubin ini masih belum banyak dijamah orang karena letaknya terpencil. Pengunjung yang berlibur bisa mendirikan tenda atau menuju ke perkemahan Jelutong yang tidak jauh dari pantai. Sementara ini belum banyak fasilitas yang tersedia karena belum adanya pengembangan lebih lanjut. Sehingga jika traveller ingin bermain di pesisir pantai harus membawa peralatan sendiri.

Harga Tiket: SGD 2; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ubin Island, Singapura.

Demikian penjelasan mengenai beberapa pantai hits di Singapura yang menarik dijelajahi. Pengunjung dari dalam maupun luar negeri bisa menjadikan tempat tersebut sebagai list wisata yang wajib dikunjungi. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa memotret foto. Siapkan pula energi dan budget yang cukup sebelum berangkat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published