Menjelang akhir pekan dan ketika pengunjung ingin menikmati masa liburan dengan cara berwisata ke daerah atau negara paling dekat dengan Indonesia. Maka pengunjung bisa menjadikan Malaysia sebagai negara tujuan untuk berlibur.

Karena di Malaysia, terutama di Ibukota Kuala Lumpur terdapat banyak sekali tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. Lebih dari itu, kota ini juga menyimpan banyak makanan lezat untuk pengunjung coba ketika liburan.

Pengunjung bisa menikmati indahnya tempat makan di pantai atau tempat lain yang terletak di tengah kota Kuala Lumpur. Kawasan ini memang terkenal dengan banyaknya wisatawan yang sengaja menikmati hari dengan cara berwisata kuliner. Berikut daftar tempat makan favorit di Kuala Lumpur yang bisa Anda kunjungi.

1. Kawasan Alor Malam Hari

Kawasan Alor Malam Hari
Image Credit: Google Maps Dương Xuân Cường

Tempat pertama yang harus pengunjung datangi adalah di kawasan Alor. Kawasan ini terkenal dengan kuliner yang dijual sepanjang jalanan pada malam hari.

Pengunjung bisa menikmati banyak kuliner lezat dari mulai jajanan hingga makanan berat seperti nasi dan daging. Harga yang ditawarkan oleh para penjual di daerah ini juga terbilang murah meriah.

Karena konsep yang diusung adalah kuliner jalanan, maka penjual di kawasan Alor tidak menjual makanan dengan harga mahal. Pengunjung cukup merogoh beberapa lembar untuk bisa menikmati kuliner lezat, sekaligus pemandangan indah pada malam hari di kawasan Alor.

Lokasi: Jl. Alor, Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Restoran Nasi Ayam Hainan

Restoran Nasi Ayam Hainan
Image Credit: Google Maps S. Matnoor

Restoran ini memiliki menu utama berupa olahan ayam yang kemudian dicampur menggunakan berbagai bahan. Kemudian disajikan dalam keadaan hangat, sehingga membuat pengunjung yang mencoba ayam Hainan akan langsung jatuh cinta.

Ayam Hainan adalah sebuah kuliner yang berasal dari daerah Hainan, yang pada kemudian hari di kulturisasi oleh masyarakat lokal. Jika pengunjung sering mencoba olahan ayam goreng dengan media penggorengan minyak nabati, maka pengunjung juga harus mencoba kuliner yang satu ini.

Apalagi restoran yang menjual ayam Hainan ini sudah terkenal secara luas di kalangan wisatawan. Banyak pengunjung datang jauh-jauh dari luar Negara Malaysia hanya untuk mencoba cita rasa dari kuliner yang satu ini.

Lokasi: Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Wilayah Federal Kuala Lumpur, Malaysia.

3. Restoran Melayu Khas Nyonya

Restoran Melayu Khas Nyonya
Image Credit: Google Maps DoYoon HG

Ketika datang ke Kuala Lumpur, maka restoran selanjutnya yang harus pengunjung datangi adalah restoran Nyonya yang menjual makanan khas Melayu. Tempat ini sudah ada sejak tahun awal 90-an.

Resep turun menurun yang tetap terjaga keasliannya hingga saat ini membuat rasa makanan begitu autentik. Mengingat banyaknya jenis masakan dari Budaya Melayu, sehingga tempat ini merupakan satu dari sekian banyak warisan Melayu yang harus dilestarikan.

Pengunjung dapat menikmati makanan seperti nasi lemak yang nikmat, juga ayam goreng dengan bumbu laos atau remah lainnya. Jam buka dari restoran ini adalah sepanjang hari kecuali pada hari minggu.

Lokasi: Jl. Tun Sambanthan, Brickfields, Kuala Lumpur, Wilayah Federal Kuala Lumpur, Malaysia.

4. Kawasan Pasar Sentral

Kawasan Pasar Sentral
Image Credit: Google Maps Louis Ng

Daerah yang juga terkenal di kalangan pecinta kuliner adalah kawasan Pasar Sentral. Tempat ini memiliki beberapa variasi makanan yang harus pengunjung coba.

Karena memiliki banyak campuran budaya serta jenis makanan yang berlimpah. Membuat masyarakat lokal dan wisatawan bisa menikmati banyak tipe makanan yang dijual di kawasan pasar.

Kuliner yang dijual di daerah ini juga tak melulu tentang makanan berat. Pengunjung bisa menikmati jajanan tradisional dan modern, berbagai macam minuman seperti es campur dan minuman hangat, serta kudapan pencuci mulut yang ringan.

Lokasi: Jl. Hang Kasturi, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

5. Restoran Madam Kwan

Restoran Madam Kwan
Image Credit: Google Maps DoYoon HG

Restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena terletak di sebuah plaza dan berada di lokasi yang strategis. Menjual berbagai makanan khas Malaysia dan Melayu, restoran ini menyajikan porsi makanan dalam jumlah besar.

Hal itu membuat pengunjung bisa berbagi makanan dengan dua orang atau lebih ketika mencoba makanan yang disajikan oleh restoran ini. Pengunjung juga dapat memesan versi all you can eat ketika berada di dalam restoran.

Bagi pengunjung yang belum pernah datang ke restoran ini, maka pengunjung bisa meminta rekomendasi kepada pelayan. Biasanya menu yang paling sering dipesan oleh wisatawan yang datang adalah nasi lemak.

Lokasi: Menara Kembar Petronas, Pusat Kota Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia.

6. Rumah Muar Resto

Rumah Muar Resto
Image Credit: Google Maps O mochi

Jika pengunjung ingin menikmati masakan khas rumahan yang biasa pengunjung nikmati ketika ada di Indonesia. Maka pengunjung harus coba datang ke tempat yang satu ini.

Memiliki konsep masakan rumah dan dimasak langsung oleh pemilik resto dan beberapa pekerja yang membantu pada bagian dapur. Membuat rasa makanan begitu khas dan akan sulit untuk dilupakan.

Restoran ini buka sejak pagi hingga sore hari, dan akan buka sampai malam hari ketika akhir pekan tiba. Menu yang ada di dalam restoran pun terhitung populer serta akrab di lidah pengunjung yang datang dari sekitar Asia Tenggara.

Lokasi: Tengkat Tong Shin, Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

7. Restoran Khas Nasi Kandar

Restoran Khas Nasi Kandar
Image Credit: Google Maps Azizol Ismail

Restoran ini merupakan salah satu restoran yang memiliki menu khas Negara Malaysia. Nasi Kandar adalah nasi campurnya Malaysia, dan lauk pauk yang jadi pendamping nasi memiliki tipe yang sedikit berbeda dengan nasi campur milik Indonesia.

Uniknya, restoran ini buka selama dua puluh empat jam dan tujuh hari dalam seminggu. Kecuali pada hari libur nasional atau pada hari besar keagamaan, restoran akan tutup selama satu hari.

Pengunjung dapat menikmati Nasi Kandar hangat yang ditemani oleh Teh Tarik dengan nuansa tenang di dalam restoran. Pengunjung juga bisa memilih makanan pendamping seperti Roti Canai untuk menemani pengunjung selama menunggu makanan utama datang.

Lokasi: Jl. Tuanku Abdul Rahman, Chow Kit, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

8. Restoran Milik Beh Bersaudara

Restoran Milik Beh Bersaudara
Image Credit: Google Maps Fara Ghazali

Saat pengunjung datang ke Kuala Lumpur dan ingin menikmati masakan ala Asia Tenggara yang memiliki banyak cita rasa unik. Maka pengunjung harus coba datang ke restoran yang satu ini.

Memiliki menu makanan dari berbagai negara seperti Thailand dan Vietnam membuat restoran ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Karena keunikan tersebut pula, yang membuat restoran ini begitu terkenal hingga pernah diliput oleh beberapa stasiun televisi.

Rasa makanan yang nikmat serta memiliki perpaduan antara pedas, gurih, dan manis merupakan daya tarik tersendiri. Selain itu, pengunjung juga bisa memberikan request pada tingkat kepedasan dari makanan yang pengunjung pesan.

Lokasi: Jl. Wirawati, Maluri, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

9. Restoran Ala India Yusoof And Zakhir

Restoran Ala India Yusoof And Zakhir
Image Credit: Google Maps Aris Setiawan

Memiliki latar belakang kebudayaan Melayu yang bercampur dengan pendatang dari Negara India, membuatkan menu masakan restoran ini juga sangat unik. Karena rasa yang dimiliki makanan sangat akrab di lidah pengunjung, dan juga memiliki bentuk yang autentik dengan masakan India.

Jika pengunjung ingin mencoba makanan seperti Panipuri dan Roti dengan isi sayuran lalu di masukkan ke dalam saus khas India yang nikmat. Maka pengunjung sudah datang ke tempat yang tepat.

Selain memiliki menu masakan khas India, restoran ini juga menambahkan menu masakan lokal. Agar supaya pengunjung yang masih asing dengan cita rasa dari India bisa memesan makanan yang sudah akrab di lidah mereka.

Lokasi: Jl. Hang Kasturi, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

10. Pasar Malam di Daerah Petaling

Pasar Malam di Daerah Petaling
Image Credit: Google Maps 吴政棕

Saat memasuki daerah Petaling, pengunjung akan dibawa menuju kawasan pecinan kecil yang khas akan masakan dari daerah tersebut. Memiliki banyak tipe masakan, mulai dari bebek hingga telur dengan campuran bumbu nan khas.

Rasa dari masakan yang dijual tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena dengan olahan dan pengalaman para pedagang yang sudah lama berjualan di daerah ini, tentu rasa masakan akan sangat nikmat.

Lokasi: Jl. Petaling, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

11. Restoran Lokal Sri Nirwana

Restoran Lokal Sri Nirwana
Image Credit: Google Maps Kahaji Kanda Muwahidin Firdaus

Keunikan yang dimiliki oleh restoran ini terletak pada penyajiannya. Karena menggunakan daun pisang alih-alih piring kaca atau plastik untuk penyajian makanan.

Menu makanan yang ada di dalam restoran pun sangat akrab di lidah pengunjung. Memiliki banyak makanan dari budaya lokal maupun dari negara lain, membuat restoran ini menjadi wajib untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Telawi 3, Bangsar, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

12. Sudut Plaza Pavillon

Sudut Plaza Pavillon
Image Credit: Google Maps Argo Suursoho

Tempat ini memiliki sudut yang menjual berbagai menu makanan untuk pengunjung nikmati. Memiliki konsep modern dengan banyak kursi terjejer rapi pada ruangan, membuat keadaan makin nyaman.

Lebih dari itu, tempat ini juga terkenal akan menu masakan seperti bebek goreng, ayam laos, dan juga es campur. Pengunjung dapat memesan makanan terlebih dahulu dengan menggunakan tiket dari penjual.

Lokasi: Jl. Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur.

13. Makanan Murah Distrik Hawker

Makanan Murah Distrik Hawker
Image Credit: Google Maps Eric Lim

Kawasan ini adalah distrik kuliner paling murah yang ada di Kuala Lumpur. Memiliki berbagai menu makanan unik dan lezat ala Negara Malaysia. Pengunjung bisa menikmati kuliner di daerah Hawker pada malam hari. Tepatnya setelah matahari tenggelam ke arah Barat, maka daerah ini buka hingga lewat tengah malam.

Lokasi: Jl. Petaling, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

14. Tempat Makan Guan Yin

Tempat Makan Guan Yin
Image Credit: Google Maps Mark Flint

Selanjutnya ada restoran yang menyajikan makanan khas Negara Taiwan. Tempat ini berada di pusat Kota Kuala Lumpur. Hal tersebut membuat pengunjung akan mudah untuk menemukan lokasi dari restoran ini. Tempat yang jadi satu dengan bangunan khas ini memiliki konsep prasmanan.

Lokasi: Lorong Binjai, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

15. Restoran Milik Ah Koong

Restoran Milik Ah Koong
Image Credit: Google Maps HK Tan

Terakhir, ada restoran yang menjual menu utama berupa mie rebus nikmat dan juga bakso dari bahan ikan. Pengunjung dapat memesan bakso dengan paduan bumbu yang berbeda. Keunikan yang disediakan restoran ini adalah menu pilihan khusus pengunjung. Artinya pengunjung bisa bebas memilih mana yang akan dimasukkan ke dalam makanan.

Lokasi: Jl. Changkat Thambi Dollah, Pudu, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Itulah beberapa tempat makan populer di Kuala Lumur, Malaysia yang menyediakan makanan lezat. Keanekaragaman yang dimiliki oleh Malaysia tentu tak terlepas dari para pendahulu. Para pedagang yang datang dan menetap nyatanya juga turut campur untuk membuat menu makanan di Malaysia makin bervariasi.