Malaka adalah salah satu kota yang ada di Malaysia, yang letaknya di Semenanjung Malaysia bagian selatan. Kota ini juga merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai Negara. Bahkan UNESCO menobatkan Kota Malaka ini sebagai salah satu situs warisan Dunia serta menjadi kota wisata favorit Asia Tenggara. Jadi tak perlu ragu berkunjung kesana.

Sebagai salah satu situs warisan Dunia, Kota Melaka ini tak cuma kaya akan destinasi wisata dan bangunan bersejarahnya saja, tetapi juga terkenal dengan berbagai kulinernya yang lezat. Jadi tak heran jika kuliner di sana menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari kota ini. Tak perlu khawatir bagi anda yang muslim, sebab di Kota Melaka ini sudah banyak tersedia tempat makan yang halal.

Jadi bila anda dan keluarga berkunjung ke Kota Melaka, jangan lupa sempatkan waktu untuk makan di sana atau membeli makanan di sana. Kami akan memberi rekomendasi beberapa tempat makan favorit di Melaka yang wajib anda dan keluarga kunjungi jika berlibur kesana. Tidak perlu diragukan lagi soal rasanya, tempat kulineran ini menawarkan menu dijamin lezat karena sering dikunjungi para wisatawan.

1. Nasi Lemak Kukus Ayam Dara Berempah

Nasi Lemak Kukus Ayam Dara Berempah
Image Credit: Google Maps Shazanar Azri

Tempat kuliner yang wajib untuk anda dan keluarga kunjungi adalah Nasi Lemak Kukus Ayam Dara Berempah. Menu utama dari tempat ini ialah nasi lemak yang diberi lauk Burung Dara. Bila di Indonesia, ini hampir mirip dengan Nasi Uduk. Tempat makan ini ramai didatangi pengunjung, apalagi letaknya bukan di gedung tapi di warung tenda, buka di malam hari.

Lokasi: Taman Rinting, Masai, Johor, Malaysia.

2. Asam Pedas Hjh. Rahmah

Asam Pedas Hjh. Rahmah
Image Credit: Google Maps WS MZ

Tempat selanjutnya yang juga wajib anda dan keluarga kunjungi ialah Asam Pedas Hjh. Rahmah. Rumah makan ini khusus menyajikan berbagai olahan kepala ikan, mulai kari sampai asam pedas serta masih banyak lagi olahan kelapa ikan lainnya. Karena sangat ramainya, hingga banyak yang mengatakan jika kita sedikit saja terlambat, makanan akan banyak yang sudah habis.

Lokasi: Kampung Bukit Sama Tahu ,Malacca, Malaysia.

3. Bibik House Chendol Durian

Bibik House Chendol Durian
Image Credit: Google Maps Stephen Abraham

Bagi anda pecinta durian, Bibik House Chendol Durian bisa menjadi pilihan jika anda berkunjung ke kota ini. Memang banyak yang menjual cendol durian di sana, tetapi yang paling melegenda dan terkenal di sana adalah Bibik House Chendol Durian. Di sana menyediakan cendol durian dengan rasa maknyus dan rasa original. Tempat ini letaknya di Hang Jebat Melaka.

Lokasi: Jl. Hang Jebat, Melaka, Malaysia.

4. Asam Pedas Selera Kampung

Asam Pedas Selera Kampung
Image Credit: Google Maps Nurfasihah Adnan

Asam Pedas Selera Kampung ini menyajikan makanan khas Melayu. Menu utama dari tempat makan ini adalah asam pedas. Asam pedas di sana tentu beda dengan asam pedas Indonesia, yang membedakan adalah Asam Pedas Selera Kampung menggunakan ikan laut misalnya seperti ikan tengiri, tongkol dan ikan pari. Pengunjung di sana bebas memilih ikan jenis apa yang disuka.

Lokasi: Plaza Mahkota, Kota Melaka, Malaka, Malaysia.

5. Pak Putra Tandoori dan Naan Restaurant

Pak Putra Tandoori dan Naan Restaurant
Image Credit: Google Maps Azuan Paudzi

Di Melaka tak hanya menyajikan makan khas Melayu saja, ada juga makanan dari Negara lain salah satunya makanan dari Negara India. Pak Putra Tandoori dan Naan Restaurant adalah salah satu restoran yang menyediakan makanan khas Negara India seperti Roti Naan dan Ayam Tandoori. Selain itu rasanya juga sangat lezat khas India, jadi tak heran jika tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Jl. 4, Taman Kota Laksamana, Melaka, Malaysia.

6. Lineclear Kampong Jawa

Lineclear Kampong Jawa
Image Credit: Google Maps Nur Haziqah Noh

Tak hanya ada makan khas India saja yang ada di sana, bahkan masakan khas Indonesia juga ada di sana. Lineclear Kampong Jawa merupakan tempat makan yang menyajikan berbagai macam masakan khas Indonesia terutama Jawa. Lokasi tempat ini letaknya di kawasan menetapnya orang Jawa yang ada di Melaka, dan menjadi tujuan favorit orang Jawa yang rindu makanan kampung.

Lokasi: Lorong Jambatan, Kampung Jawa, Melaka, Malaysia.

7. Ee Ji Ban Chicken Rice Ball

Ee Ji Ban Chicken Rice Ball
Image Credit: Google Maps Vania Hugeng

Tempat ini menyediakan sajian nasi ayam yang mirip seperti nasi Ayam Hainan. Isinya seperti nasi gurih diberi potongan ayam yang digoreng atau dibakar. Hanya bedanya, nasi yang disediakan di sana dibentuk bulat seperti bola. Pilihan ayamnya juga berbagai macam, bisa direbus, digoreng atau dibakar. Lauk pelengkapnya ada berbagai macam sayuran seperti tumis kangkung dan yang lainnya.

Lokasi: Jl. Melaka Raya 3, Taman Melaka Raya, Melaka, Malaysia.

8. Roti Canai Awang

Roti Canai Awang
Image Credit: Google Maps Razali Zahar

Roti Canai adalah roti berbentuk pipih yang dipanggang. Roti Canai ini jika di Indonesia dikenal dengan nama Roti Maryam. Seperti Roti Maryam, roti ini biasa dimakan dengan Kari Daging Domba. Banyak penjual roti ini di Melaka, namun Roti Canai Awang yang sangat terkenal dan melegenda. Bagaimana tidak, tempat ini sudah ada sejak tahun 1990. Meski sangat sederhana, tempat ini yang paling ramai dikunjungi.

Lokasi: Jl. Delima 10, Taman Bukit Melaka, Melaka, Malaysia.

9. Seri Nyonya Restautrant Hotel Equtorial

Seri Nyonya Restautrant Hotel Equtorial
Image Credit: Google Maps Anthracius Bacilius

Salah satu restoran yang wajib anda dan keluarga kunjungi adalah Seri Nyonya Restautrant Hotel Equtorial. Tempat makan ini menyediakan berbagai macam makanan khas Melaka, yang biasa disebut peranakan Baba Nyonya. Baba Nyonya sendiri ialah masakan melayu bercampur dengan cita rasa Tionghoa.

Pada jaman dulu, orang Tionghoa melakukan imigrasi ke Semenanjung Malaysia. Baba adalah sebutan untuk laki-laki, sementara Nyonya adalah sebutan untuk perempuan. Makanan peranakan ialah makanan perpaduan antara budaya Melayu dan budaya Tionghoa. Makanan itu meliputi Ayam Pongteh mirip semur ayam, mee nyonya, nyonya laksa dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Parameswara, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

10. Lao San Cafe

Lao San Cafe
Image Credit: Google Maps 한주영

Lao San Cafe ini merupakan kafe yang memiliki arsitektur khas Negeri China. Sajian utama yang disediakan di sana adalah beraneka macam menu makanan khas peranakan di Melaka. Salah satu menu yang khas di sana ialah kari ayam menggunakan kuah santan. Bedanya dengan kuah kari ayam yang lain, bila biasanya kuah karinya sangat pekat dan kental, di sini kuah santannya tidak banyak.

Lokasi: Lorong Hang Jebat, Melaka, Malaysia.

11. Riverine Coffe House

Riverine Coffe House
Image Credit: Google Maps John Sullivan

Bila anda ingin menikmati makan malam yang romatis bersama pasangan, Riverine Coffe House ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bangunan restoran ini bergaya Tiongkok, letaknya di tepi Sungai Melaka, makin menambah keromantisan suasana. Restoran ini juga pernah menjadi restoran terbaik di Melaka tahun 2013. Menyajikan berbagai menu peranakan seperti mie, laksa, bihun dan masih banyak lagi.

Lokasi: Lorong Hang Jebat, Melaka, Malaysia.

12. Street Food

Street Food
Image Credit: Twitter makhluk

Tak hanya di Indonesia saja yang memiliki jajanan kaki lima, di kota juga terdapat penjual kaki lima yang menjajakan berbagai macam makanan khas yang tak kalah lezat dari restoran. Di sana kita bisa memilih banyak menu makanan yang kita suka dengan harga yang bervariasi. Antara lain seperti aneka buah dan olahan sayur di pagi hari, serta berbagai macam olahan seafood di malam hari.

Lokasi: Melaka, Malaysia.

13. Asam Pedas Pokok Besar

Asam Pedas Pokok Besar
Image Credit: Facebook Hafiz Nafiah

Satu lagi tempat makan yang menyajikan masakan asam pedas yaitu Asam Pedas Pokok Besar. Tempat ini mengusung tema outdoor, menyajikan berbagai pilihan asam pedas, tak cuma itu saja, ketika nasi disajikan juga diberi tambahan telur asin. Tak hanya asam pedas saja, di sana juga menawarkan menu otak-otak, sate, kerang dan masih banyak lagi menu lezat lainnya.

Lokasi: Jl. Taman Kota Laksamana 6, Taman Kota Laksamana, Melaka, Malaysia.

14. Kelapa Muda Kupas Jonker Walk

Kelapa Muda Kupas Jonker Walk
Image Credit: Google Maps YIWEN CHEN

Kelapa Muda Kupas ini berbeda dengan Es Degan yang ada di Indonesia, di sini kelapa akan dikupas bersama dengan daging kelapanya. Bisa dibilang air kelapa diselimuti oleh daging kelapa. Cukup unik bukan? jadi wajib untuk anda coba. Tak hanya itu saja, yang unik dari tempat ini adalah cara penyajiannya di barengi dengan atraksi melambung, orang sana biasa menyebutnya Kelapa Lambung.

Lokasi: Jl. Hang Jebat, Melaka, Malaysia.

15. Jus Tembikai atau Natural Watermelon Juice

Jus Tembikai atau Natural Watermelon Juice
Image Credit: Google Maps Stephen Abraham

Tempat terakhir yang wajib anda kunjungi adalah Jus Tembikai atau Natural Watermelon Juice. Jika biasanya anda minum jus dengan cara memotong buah semangka, diblender dan diberi es, berbeda halnya dengan jus semangka yang ada di sini.

Di sini, pertama sang penjual akan mengeluarkan buah semangka bulat yang sebelumnya telah direndam di dalam es. Setelah itu salah satu bagian semangka akan dilubangi untuk tempat masuknya mixer. Lalu penjual akan menghancurkan semangka dari situ. Nanti pengunjung akan langsung minum jus semangka langsung dari situ menggunakan sedotan yang dimasukkan ke dalam lubang tadi.

Lokasi: Opposite Christ Church, Melaka, Malaysia.

Itulah rekomendasi tempat makan yang bisa anda dan keluarga kunjungi jika berlibur ke Melaka, Malaysia. Selain objek wisata yang menarik, kuliner yang disajikan di sana juga tak kalah lezat, jadi tak heran jika kuliner yang ada di sana menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Semoga ulasan tadi bisa menjadi referensi untuk anda dan keluarga jika berkunjung ke Kota Melaka.