Australia merupakan salah satu negara tujuan yang sangat menarik dikunjungi saat musim liburan. Beragam objek wisata di Australia semuanya recommended, terutama di daerah Brisbane. Kota yang dikenal oleh warga lokal dengan sebutan ‘Brissie’ merupakan ibukota negara Australia. Kota ini termasuk yang paling besar dan berada di urutan ketiga yang ada di Australia.

Di daerah Brisbane terdapat banyak bangunan bernilai historis yang dibalut dengan konsep modern dan terletak di sepanjang sungai yang ada disana. Kota Brisbane sudah ada sejak tahun 1824. Di tahun 1982, kota ini pernah menjadi tuan rumah dalam kegiatan Pesta Olahraga Persemakmuran dan kegiatan World Expo di tahun 1988 yang menjadikan kota ini lebih dikenal luas.

Iklim kota ini termasuk iklim subtropis dengan nuansa pepohonan hijau dan udara yang bersih sehingga di kota tersebut banyak ditemukan kebun dan taman di seluruh kota. Aset kotanya sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian warganya. Budaya di kota Brisbane juga sangat menarik di mata para wisatawan karena keberagaman budayanya yang berasal dari penduduk lokal. Berikut rekomendasi tempat wisata di Brisbane yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Brisbane Botanic Gardens Mount Coot-tha

Brisbane Botanic Gardens Mount Coot-tha
Image Credit: Google Maps DEJAN

Tempat wisata ini merupakan kebun raya dengan konsep taman yang unik bertemakan holtikultura. Jika diukur dari pusat kota di Brisbane, jaraknya dengan lokasi kebun raya adalah sekitar 7 kilometer. Di kebun raya ini para wisatawan akan menemukan kebun khas Jepang yang rindang dan hutan yang berisikan koleksi pepohonan hijau khas Australia.

Kebun raya yang letaknya di kaki pegunungan ini juga memiliki koleksi tanaman lainnya seperti tanaman bonsai, bambu, kaktus, dan beragam tanaman asli khas Australia yang lain. Ketika berkunjung kesana, para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama kota yang terbentang luas dan bisa melihat pemandangan indah Moreton Island di spot Brisbane Lookout.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mount Coot-Tha Rd, Mount Coot-Tha QLD, Australia.

2. Lone Pine Koala Sanctuary

Lone Pine Koala Sanctuary
Image Credit: Google Maps Esteban Rivera

Saat berlibur ke Brisbane Australia, rasanya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Lone Pine Koala Sanctuary. Pengalaman tak terlupakan akan didapatkan di tempat wisata ini, dimana para wisatawan akan merasakan sensasi memeluk koala yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Di tempat inilah para wisatawan bisa berinteraksi dengan koala secara langsung.

Lone Pine Koala Sanctuary merupakan suaka koala paling besar di Australia dimana di dalamnya terdapat sekitar 130 ekor hewan koala, burung hantu, dan kanguru. Berbeda dengan kebun binatang biasa dimana para wisatawan hanya bisa menyaksikan hewan dari jauh saja, di Lone Pine Koala Sanctuary tersedia tur Working with Wildlife untuk berinteraksi langsung.

Harga Tiket: 25 AUD; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jesmond Rd, Fig Tree Pocket QLD, Australia.

3. GoMA & Queensland Art Gallery

GoMA & Queensland Art Gallery
Image Credit: Google Maps Glenn Pardy

Brisbane juga mempunyai tempat yang menyenangkan bagi para pecinta seni. Di galeri seni inilah para wisatawan akan menemukan beragam karya seniman baik lokal atau mancanegara. Menariknya, disana terdapat kafe dan juga bar yang bisa digunakan untuk tempat bersantai sambil ngopi. Lokasi galeri seni ini berada di dalam area South Bank.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Stanley Pl, South Brisbane QLD, Australia.

4. Brisbane City Hall

Brisbane City Hall
Image Credit: Google Maps Brendan McBain

Brisbane City Hall adalah bangunan yang difungsikan sebagai kantor untuk dewan pemerintahan kota yang lokasinya berada di pusat kota, tepatnya di area King George Square. Bangunan ini berada tepat di depan Ann Street dan Adelaide Street. Bangunan ini didirikan pertama kali pada tahun 1920 dan beroperasi sejak tahun 1930.

Setiap sudut bangunannya sangat kental dengan arsitektur khas renaissance Australia. Menara jam dengan tinggi 91 meter tersebut berdiri atas dasar inspirasi yang didapatkan dari St. Mark’s Campanile, Venesia. Desain utama bangunannya mirip dengan Pantheon yang ada di Roma. Ada tur menara jam jika wisatawan ingin melihat lanskap kota dari atas menara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Adelaide St, Brisbane City QLD, Australia.

5. Museum Brisbane

Museum Brisbane
Image Credit: Google Maps Ann Burlingham

Di bawah menara jam Brisbane City Hall, terdapat museum yang merupakan bangunan historis di Brisbane. Di museum ini, para wisatawan akan diajak untuk mengetahui seputar sejarah kota dari pameran berjudul state-of-the-art. Sejarah kota semuanya ada di museum ini, bahkan sejarah narapidana sampai banjir Brisbane juga ada.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: City Hall, Adelaide St, Brisbane City QLD, Australia.

6. Queen Street Mall

Queen Street Mall
Image Credit: Google Maps mehdi mousavi

Tempat wisata Queen Street Mall merupakan kawasan perbelanjaan dimana di dalamnya terdapat sekitar 700 pedagang eceran yang menjual pernak-pernik dengan label dan desain mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Khusus di hari Rabu, lokasi ini menjadi pasar petani yang banyak menjual produk bunga, produk pengrajin, dan lokal di ujung jembatan mall.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Queen St, Brisbane City QLD, Australia.

7. South Bank Parklands

South Bank Parklands
Image Credit: Google Maps Jimmy Turner

South Bank merupakan tujuan wisata yang di dalamnya terdapat promenade, plaza, taman, Epicuruous Garden, restoran dan fasilitas menarik lainnya. Lokasinya berada di tepi sungai tepatnya di seberang CBD dengan pusatnya yakni Street Beach. Di tempat ini terdapat juga fasilitas berupa program atau tur untuk anak-anak yang tidak dipungut biaya.

Harga Tiket: 43 AUD; Map: Cek Lokasi
Alamat: Clem Jones Promenade, South Brisbane QLD, Australia.

8. Rumah Bea Cukai

Customs House
Image Credit: Google Maps Zac Delahaye

Bangunan Rumah Bea Cukai sudah berdiri sejak abad ke-19 silam dengan pemiliknya yaitu University of Queesland. Bangunan megah tersebut menyuguhkan pengalaman pendidikan dan budaya. Bangunan ini difungsikan untuk perkantoran, namun juga dibuka untuk umum termasuk di restoran outdoor atau indoor. Selain itu, ada pula tur gratis yang tersedia disana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alfred St, Sydney NSW, Australia.

9. Story Bridge Adventure Climb

Story Bridge Adventure Climb
Image Credit: Google Maps Hannah

Jembatan yang dibangun di tahun 1930-an ini merupakan landmark kota dan menjadi salah satu jembatan terbesar di dunia setelah jembatan Aucklanda dan Sydney. Lokasinya berada di sekitar 80 meter dari atas Sungai Brisbane dan usia jembatan sudah mencapai lebih dari 10 tahun. Dari jembatan ini, para wisatawan bisa melihat pemandangan kota dari atas.

Harga Tiket: 119 AUD; Map: Cek Lokasi
Alamat: Main St, Kangaroo Point QLD, Australia.

10. River Cruises

River Cruises
Image Credit: Twitter Travel Realizations

Brisbane juga memiliki River Cruises dimana para wisata bisa berkeliling menaiki kapal untuk menikmati pemandangan gedung-gedung megah pencakar langit dari sisi yang berbeda. Kapal yang digunakan untuk berkeliling sungai adalah feri CityHopper dan akan berhenti di beberapa objek wisata seperti Maritime Museum, South Bank, dan lain-lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lake St, Cairns City, Australia.

11. Collective Markets Brisbane

Collective Markets Brisbane
Image Credit: Google Maps Paul Gregory

Bagi para wisatawan yang hobi shopping dan suka mengoleksi barang antik, pasar vintage ini cocok untuk dikunjungi karena di pasar ini banyak dijual berbagai jenis barang antik. Menariknya, selalu ada hiburan berupa live music yang sangat menghibur saat berkunjung. Pasar ini tidak dibuka setiap hari, karena biasanya tutup setiap hari Selasa dan juga Rabu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Stanley St Plaza, South Brisbane QLD, Australia.

12. City Botanic Gardens

City Botanic Gardens
Image Credit: Google Maps Andrew Doohan

Tempat wisata ini berupa hutan kota atau hutan terbuka hijau yang terletak di tengah kota. Walaupun berada di pusat kota, namun hutan kota tersebut sangat ramah bagi para pejalan kaki dan para pesepeda. Letaknya sendiri persis di sebelah kampus Queesland University of Technology. Sehingga tidak heran jika di hutan ini sering dikunjungi oleh mahasiswa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: City Botanic Gardens, Alice St, Brisbane City QLD, Australia.

13. Channel Seven Wheel of Brisbane

Channel Seven Wheel of Brisbane
Image Credit: Google Maps Jean-Pierre LAMBERT

Sesuai namanya, di tempat wisata ini terdapat bianglala yang akan menyuguhkan lanskap kota dari sisi yang berbeda. Uniknya, bianglala di Channel Seven Wheel of Brisbane berukuran raksasa sehingga para wisatawan bisa menyaksikan lanskap kota secara luas dari atas. Waktu terbaik untuk menaiki bianglala tersebut adalah saat senja hari.

Bianglala yang menjadi ikon kota Brisbane tersebut mempunyai tinggi kurang lebih 60 meter yang diukur dari atas permukaan tanah. Jumlah gondolanya 42 buah. Lokasinya berada di area South Bank Parklands dan sudah beroperasi sejak lama, yakni sekitar tahun 2008. Bianglala ini berputar dengan durasi kurang lebih 10-15 menit empat kali sehari.

Harga Tiket: 14 AUD; Map: Cek Lokasi
Alamat: Russell St, South Brisbane QLD, Australia.

14. Fortitude Valley

Fortitude Valley
Image Credit: Goole Maps Andrew Puddefoot

Tempat ini merupakan kawasan perbelanjaan dengan bangunan arsitektur khas Australia yang unik. Di sepanjang ruas jalan James street terdapat sekitar 130 toko yang bisa dikunjungi dan semuanya diapit oleh pepohonan yang rindang. Para wisatawan bisa menemukan beragam produk dari desainer kenamaan Australia di toko seperti Zimmermann dan Lee Mathews.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Queensland, Australia.

15. Queensland Gallery of Modern Art

Queensland Gallery of Modern Art
Image Credit: Goole Maps Simon

Selain GoMA & Queensland Art Gallery, ada juga museum galeri seni dengan konsep modern di Brisbane yang telah beroperasi sejak tahun 2006. Lokasinya di area South Bank dan merupakan museum seni terbesar yang ada di Australia. Museum ini termasuk dalam bagian Quennsland Cultural Center dan recommended untuk dikunjungi bagi para pecinta seni.

Karena merupakan museum terbesar, maka luas museum galeri seni ini mencapai sekitar 25.000 meter persegi. Di msueum ini pernah diselenggarakan beragam pameran kelas dunia seperti Asia-Pacific Triennial of Contemporary Art, The China Project, Picasso and His Collection, hingga Future Beauty sehingga museum ini sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Queensland, Australia.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Brisbane, Australia yang wajib Anda kunjungi. Kota ini sendiri memiliki destinasi yang beraneka ragam, mulai dari bangunan bersejarah, hutan kota, kebun binatang, taman, museum, pasar wisata, dan objek wisata lainnya yang sangat ramah untuk para wisatawan.