Brunei Darussalam adalah salah satu Negara di Asia Tenggara yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tiap sudut kotanya memiliki beberapa wisata menarik yang mampu memikat hati pengunjung. Mulai dari wisata bersejarah, alam, hingga tempat ibadah.

Saat hari libur banyak orang yang berlibur ke tempat rekreasi yang ada. Lokasi wisata yang strategis membuatnya mudah dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Harga tiketnya pun bervariasi namun dijamin tidak menguras kantong.

Hal lain yang menarik banyak destinasinya yang terbuat dengan bahan emas. Hal ini jarang ditemui di negara lain. Maka dari itu jika Anda berlibur ke negara dengan julukan Petro Dollar jangan lupa untuk menjelajahinya. Berikut beberapa tempat wisata hits di Brunei Darussalam yang bisa Anda pilih.

1. Teng Yun Temple

Teng Yun Temple
Image Credit: Google Maps omar tariq

Teng yun temple merupakan bangunan yang dibuat sebagai tempat ibadah orang Cina atau yang biasa disebut klenteng. Letaknya berada di tengah kota dengan ciri khas warna merah pada tiap dindingnya. Terdapat bangunan lama dan baru yang menjulang tinggi ke atas sehingga sangat menarik untuk dilihat.

Klenteng ini merupakan tempat ibadah orang Cina yang pertama kali didirikan. Selain sebagai tempat ibadah, teng yun ini bisa juga dikunjungi wisatawan. Pada hari besar tertentu akan ada pertunjukan barongsai dan lampion yang tampak ramai dilihat banyak orang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sungai Kianggeh, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

2. Museum Royal Regalia

Museum Royal Regalia
Image Credit: Google Maps Crepuscule Violet Barlinti

Museum ini sebagai tempat sejarah yang menyimpan banyak koleksi antik. Terdapat benda pribadi milik sultan Brunei yang dijaga secara ketat. Namun traveller yang datang ke tempat ini tidak boleh memotret benda tersebut. Anda hanya dapat berfoto di bangunan museum saja.

Semua koleksinya ditata dengan rapi di dalam rak kaca dan dikunci rapat. Ada pula foto-foto sultan yang dirancang sesuai cerita kehidupannya. Tidak hanya itu, yang terlihat menarik disini adalah tahta raja dari emas dan kereta sultan. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu membayar tiket karena tarifnya gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifudin

Masjid Sultan Omar Ali Saifudin
Image Credit: Instagram Umroh|Tour Package|Backpacker

Negara Brunei Darussalam memang dikenal memiliki banyak umat muslim. Maka dari itu tampak beberapa masjid yang dibangun di tiap sudut kotanya, salah satunya masjid sultan omar ali saifuddin. Perlu diketahui bahwa pada zaman dahulu pembangunan tempat ibadah ini sebagai bentuk peringatan kelahiran Sultan Omar.

Terdapat 28 kubah yang menjulang tinggi terbuat dari emas murni. Gaya arsitekturnya berasal dari Malay dan Mughal dengan bahan-bahan yang diimpor langsung dari luar negeri. Letaknya menghadap ke arah sungai Brunei yang menambah keindahan masjid. Siapapun boleh datang kesini untuk berfoto asalkan tetap memakai pakaian yang sopan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. McArthur, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

4. Kampong Ayer

Kampong Ayer
Image Credit: Google Maps Shahariar Emon

Wisata kampung ini dikenal sebagai tempat tinggal para nelayan. Desanya memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk sekitar 50 ribu orang. Bangunan di dalamnya tampak menyerupai rumah panggung dengan penyanggah kayu dan dikelilingi oleh air sungai. Arsitekturnya masih tradisional karena ingin tetap mempertahankan budaya leluhurnya.

Tiap rumah penduduk memiliki fasilitas lengkap seperti tv kabel, wifi, bahkan AC. Pengunjung yang ingin menjelajahi kampung wisata ini bisa menyewa boat. Sepanjang perjalanan akan terlihat sudut kampong Ayer dengan hiruk pikuk aktivitas masyarakat. Penduduknya yang ramah akan membuat Anda merasa betah berwisata ke kampung ini.

Harga Tiket: BND 1; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mc Arthur, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam Darussalam.

5. Museum Teknologi Melayu

Museum Teknologi Melayu
Image Credit: Google Maps Mr Syaf

Museum ini diresmikan oleh Paduka Sri Baginda Sultan pada tanggal 29 Februari 1988. Lokasinya masih satu jalur dengan museum royal regalia. Bangunannya merupakan sumbangan dari perusahaan Shell Group pada tahun 1984. Kemudian dikembangkan sedemikian rupa untuk dijadikan tempat wisata bersejarah di Brunei.

Tersedia rumah tradisional, pakaian, serta perlengkapan yang digunakan masyarakat Melayu. Di ruangan lain menyuguhkan pameran pembuatan perahu, logam, dan emas. Semua koleksi tersebut dirawat dengan baik untuk melestarikan budaya setempat. Traveller yang berlibur kesini bisa mempelajari sejarahnya dan hunting foto bersama kerabat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang, Kampung Kota Batu, Brunei Darussalam.

6. Taman Rekreasi Tasek Lama

Taman Rekreasi Tasek Lama
Image Credit: Google Maps Daniel Ng

Tasek lama ini merupakan wisata yang menyuguhkan pemandangan alam di daerah Bandar Sri Begawan. Terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan kolam penampungan di bawahnya. Di sekelilingnya dilengkapi dengan bunga lili dan pohon berimbun.

Rute menuju lokasinya bisa dibilang lumayan susah karena harus melalui tanah dan batu-batuan terjal. Sehingga sebelum berkunjung wisatawan disarankan menyiapkan energi dan kendaraan. Namun, perjalanannya sebanding dengan pemandangan alam di dalamnya. Selain itu, jangan khawatir karena disini tidak ada tarif tiket.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tasek Lama, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

7. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah
Image Credit: Google Maps Sümeyye Şentürk

Design masjid ini terlihat begitu cantik karena pagar dan kubahnya terbuat dari emas murni. Di sekelilingnya ada kolam ikan dan taman yang sejuk dipandang mata. Di dalamnya ada lampu kristal yang diimpor langsung dari Austria. Dahulu pembangunannya bertujuan untuk memperingati hari kelahiran Sultan Bolkiah Hassanil.

Semua sudutnya memiliki corak warna yang berbeda-beda. Dindingnya berwarna biru dan lantainya tampak merah. Masjid ini juga dikenal sebagai tempat ibadah orang muslim terbesar di Brunei. Masyarakat yang berlibur diharapkan memakai baju yang sopan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

8. Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu Temburong
Image Credit: Google Maps Randolfo Santos

Konon katanya destinasi ini merupakan taman nasional pertama di Brunei yang diresmikan sekitar tahun 1990. Terdapat jembatan gantung dengan ketinggian 60 meter yang biasanya digunakan wisatawan untuk melihat keindahan alam negara ini. Anda tidak perlu khawatir jatuh, karena jembatannya sudah dipastikan kuat dan dilengkapi tali.

Letaknya berdekatan dengan sungai dan hutan hujan tropis yang rimbun sehingga cocok untuk melepas penat. Dari arah ibu kota membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke taman ini. Maka dari itu, tamu yang ingin kesini diharapkan datang mulai pagi hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batang Duri, Ulu Temburong National Park, Brunei Darussalam.

9. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman
Image Credit: Google Maps 張略

Istana ini merupakan tempat tinggal kerajaan Brunei yang didirikan mulai tahun 1984. Nama nurul iman sendiri mempunyai arti cahaya keimanan. Lokasinya berada di tepi sungai dengan kubah yang menjulang tinggi. Tempatnya sangat luas dengan lapisan emas yang mengelilingi tiap sudut bangunannya.

Pada hari raya islam, kerajaan Brunei akan mengadakan makan bersama dengan masyarakat setempat di dalam istana. Keamanan tempat ini sangat dijaga ketat oleh petugas, sehingga tidak semua orang bisa masuk. Namun, jangan khawatir karena Anda masih bisa berfoto di kawasan luarnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Menteri Besar, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

10. Monumen Billionth Barrel

Monumen Billionth Barrel
Image Credit: Google Maps BRUCE 【法諄】 TM

Monumen Billionth terletak di dekat Seria Oil Field yang didirikan untuk memperingati 1 miliar tong minyak yang telah diproduksi disini. Tidak heran jika Brunei merupakan negara penghasil minyak terbesar di Asia. Monumen ini didesain oleh arsitektur lokal dengan sentuhan gaya klasik dan modern. Pada bagian luarnya ada informasi tertulis mengenai sejarahnya yang dapat dibaca tamu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seria, Brunei Darussalam.

11. Safari Sungai Brunei

Safari Sungai Brunei
Image Credit: Google Maps Arab Money

Wisatawan bisa menikmati keindahan sungai dengan menyewa perahu yang tersedia. Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan. Mulai dari hutan mangrove, perkampungan air, flora, dan fauna semua terlihat dari sungai ini. Hal unik lainnya yang dapat dinikmati disini yaitu pengunjung bisa melihat bekantan yang hidupnya di Brunei Bay.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Brunei River, Brunei Darussalam.

12. Pasar Gadong

Pasar Gadong
Image Credit: Google Maps MELODY LIN

Tidak lengkap rasanya jika menyusuri tiap sudut kota dari negara ini tetapi tidak mencicipi kulinernya. Disini traveller akan menemukan berbagai hidangan khas yang akan memanjakan perut. Ada kuliner kaki lima seperti nasi lemak, ayam bakar, dan aneka sayur yang dijual dengan harga terjangkau. Pengunjung diharapkan mendatanginya pada sekitar pukul 5 sore hingga 9 malam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

13. Villa Sumbiling Eco

Villa Sumbiling Eco
Image Credit: Google Maps Geat Yeng Mira Edora Yong

Villa sumbiling adalah salah satu penginapan yang lokasinya masih satu kawasan dengan ulu temburong. Di tempat ini para pelancong akan merasakan nuansa alami karena banyak pohon dan tanaman hijau lain yang mengelilinginya. Tidak heran jika banyak yang menjadikannya spot foto menarik.

Biasanya saat malam hari tamu yang menginap disini ada yang menyalakan api unggun karena udaranya yang dingin. Suara gemericik sungai juga akan terdengar tampak melengkapi suasana alam. Penginapan ini memang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Hal yang penting siapkan makanan terlebih dahulu sebelum ke villa sumbiling ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batang Duri, Brunei Darussalam.

14. Pantai Seri Kenangan

Pantai Seri Kenangan
Image Credit: Google Maps Sapna Sharma

Pantai yang berada di Desa Sengkarai ini memiliki keindahan alam yang unik. Lautnya berwarna biru jernih dengan hamparan pasir putih. Traveller dapat melakukan beberapa aktivitas di pantai ini seperti bermain jet ski, berenang, memancing, dan bermain pasir. Saat sore menuju malam hari terlihat banyak wisatawan yang duduk santai di pesisir untuk menikmati sunset.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuala Tutong, Tutong, Brunei Darussalam.

15. Taman Hiburan Jerudong

Taman Hiburan Jerudong
Image Credit: Google Maps Phương Đinh

Tempat rekreasi Jerudong dibangun sejak tahun 1994 dan merupakan taman hiburan terbesar di Asia Tenggara. Pengelola menyediakan berbagai wahana yang dapat digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Salah satunya yaitu bumper car, atraksi F1 gokar, dan musical fountain. Tarif tiketnya pun bervariasi tergantung dari wahana yang ingin dicoba.

Harga Tiket: BND 5; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jerudong, Brunei Darussalam.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Brunei Darussalam yang bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya. Ajak kerabat atau keluarga agar liburan Anda semakin mengesankan. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen di setiap tempat yang Anda kunjungi.