Negara Filipina merupakan negara kepulauan sejumlah 7.641 pulau yang berada di Asia Tenggara. Lokasinya berada di sebelah utara negara Indonesia. Iklim di negara ini adalah tropis karena dilalui oleh garis khatulistiwa, sama dengan negara lainnya yang berada di Asia Tenggara yang sama-sama dilalui oleh garis khatulistiwa seperti Indonesia.

Curah hujan di negara ini termasuk tinggi, bahkan di waktu tertentu Filipina mengalami angin topan yang dinamakan taifun nina. Negara ini dijuluki sebagai ‘Negara Lumbung Padi’ karena mempunyai sistem pertanian padi yang sudah berusia tua. Bahkan, masih ada situs pertanian padi berusia 2000 tahun yang masih aktif hingga saat ini. Sehingga sistem dalam bercocok tanam padi disana sangatlah maju.

Negara ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata para backpacker maupun liburan untuk keluarga karena mempunyai beragam wisata menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan akan menemukan objek wisata yang bervariasi seperti museum, perbukitan, taman, hingga pegunungan. Menariknya, negara ini termasuk dalam salah satu negara di Asia sebagai tujuan wisata favorit. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Filipina yang wajib Anda jelajahi.

1. Manila Ocean Park

Manila Ocean Park
Image Credit: Google Maps Franco Silingardi

Seperti namanya, objek wisata bertema taman laut ini berada di Manila. Destinasi tersebut berupa akuarium raksasa di dalam ruangan yang mirip dengan Singapore Ocean Park, hanya saja Manila Ocean Park berukuran lebih besar. Peresmiannya di bulan Maret pada tahun 2008 yang lalu dengan jumlah biota laut sekitar 14.000 ekor lebih.

Untuk bisa memasuki taman laut ini, para wisatawan harus menyiapkan budget sekitar 600 peso atau setara dengan Rp 500ribu. Tiket masuk tersebut sudah sepaket dengan tiket lainnya seperti tiket untuk menyaksikan pertunjukan Symphony Evening Show dan tiket untuk mengunjungi Oceanarium. Pengunjung dari segala usia bisa mengunjungi tempat wisata ini.

Harga Tiket: PHP 590; Map: Cek Lokasi
Alamat: Quirino Grandstand, 666 Behind, Ermita, Manila, Metro Manila, Filipina.

2. Kota Tua Vigan

Kota Tua Vigan
Image Credit: Google Maps Travel With Joh

Kota ini disebut dengan ‘The Heritage City of Vigan’ yang merupakan kota tua sebagai peninggalan dari masa kolonial Spanyol. Tempat ini adalah ibu kota wilayah Ilocos Sur yang ada di Filipina. Bangunan arsitektur di kota tua Vigan mencerminkan ciri khas budaya asli negara ini dengan kombinasi elemen dari budaya Eropa dan Cina.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Crisologo, Vigan City, Ilocos Sur, Filipina.

3. Baguio City Market

Baguio City Market
Image Credit: Google Maps Philip Price

Pasar wisata ini memiliki konsep yang sama seperti pasar tradisional yang ada di Indonesia. Ada banyak hal yang dijual disana seperti sayuran, buah-buahan, makanan, hingga berbagai barang kerajinan tangan seperti dekorasi rumah, perabotan, selimut, dan lain sebagainya. Di pasar inilah para wisatawan bisa mendapatkan barang kerajinan tangan sapu Baguio.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Magsaysay Ave, Baguio, Benguet, Filipina.

4. Sawah Banaue atau Banaue Rice Terraces

Sawah Banaue atau Banaue Rice Terraces
Image Credit: Google Maps The Travel Hacking Life

Lokasinya berada di ketinggian 1.500 mdpl dengan perkiraan usianya kurang lebih 2.000 tahun. Objek wisata ini ditetapkan oleh UNESCO di tahun 1995 sebagai salah satu warisan dunia karena memiliki kondisi alam yang unik. Luas area persawahan mencapai kurang lebih 10.360 kilometer persegi. Beragam sayuran dan juga padi bisa ditanam di persawahan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nueva Vizcaya – Ifugao – Mountain Province Rd, Banaue, Ifugao, Filipina.

5. Chocolate Hills

Chocolate Hills
Image Credit: Google Maps Ryan Gamboa

Dinamakan ‘Chocolate Hills’ karena wilayah perbukitan ini mengalami transformasi warna menjadi kecoklatan ketika memasuki musim kemarau. Bukit yang tertutup oleh rerumputan kering itulah yang warnanya berubah kecoklatan. Perbukitan Chocolate Hills berjumlah sekitar 1.500 buah yang memiliki ketinggian berbeda satu sama lain.

Variasi ketinggian bukitnya adalah 30-120 meter. Bukit ini juga ditetapkan sebagai situs warisan tingkat dunia oleh UNESCO karena mempunyai ciri khas yang unik. Sehingga tidak mengherankan jika Chocolate Hills selalu ramai pengunjung di musim liburan karena banyak wisatawan yang penasaran dengan destinasi wisata ini.

Harga Tiket: PHP 90; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bohol, Filipina.

6. Tubbataha Reef

Tubbataha Reff
Image Credit: Google Maps Sascha Caballero

Filipina kaya akan wisata alam dan terbukti dengan adanya Tubbataha Reef. Para wisatawan yang hobi menyelam sangat direkomendasikan mengunjungi tempat wisata yang telah dinobatkan sebagai lokasi menyelam terbaik yang ada di dunia ini. Di tempat ini para wisatawan akan menemukan beragam jenis biota laut serta karang.

Bahkan menariknya, sejumlah 75% dari spesies karang yang tersebar di seluruh dunia ada di Tubbataha Reef. Selain itu, sejumlah 40% dari berbagai jenis spesies ikan karang yang ada di seluruh dunia juga ada disana. UNESCO menobatkan Tubabataha Reef menjadi situs warisan tingkat dunia bertema bawah laut karena keunikannya.

Harga Tiket: PHP 400; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cagayancillo, Filipina.

7. Museum Nasional Filipina

Museum Nasional Filipina
Image Credit: Google Maps Jovial Wanderer

Pemerintah Filipina mendirikan museum yang menyimpan berbagai koleksi yang berasal dari beragam jenis bidang ilmu pengetahuan, seperti zoologi, geologi, antropologi, arkeologi, dan botani. Di dalam museum terdapat koleksi San Diego yang merupakan bangkai kapal dimana dulu digunakan dari Manila ke Acapulco di Meksiko untuk kegiatan berdagang.

Saat kapal ini ditemukan, semua artefak di dalam kapal masih utuh. Oleh sebab itu, museum ini menjadi tempat wisata populer karena mempunyai beragam artefak. Bahkan, pemerintah Filipina memberikan fasilitas berupa kendaraan khusus yang digunakan untuk penjemputan para wisatawan berangkat dari bandara dengan tujuan museum.

Harga Tiket: PHP 12; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padre Burgos Ave, Ermita, Manila, Metro Manila, Filipina.

8. Rizal Park

Rizal Park
Image Credit: Google Maps صادق الناصر

Rizal Park memiliki beberapa spot wisata menarik dan bernilai historis. Terdapat Monumen Jose Rizal yang dibangun sejak tahun 1908 dan merupakan bukti untuk mengenang Dr. Jose Rizal sebagai salah satu pahlawan nasional Filipina. Di depan monumen ada tugu kecil dengan gambar peta wilayah negara sebagai titik nol kilometernya daerah Manila.

Di belakangnya ada satu tugu dengan jam bundar di bagian atasnya yang dinamakan Monumen Centennial Memorial Clock untuk peringatan 100 tahun kemerdekaan Filipina. Terdapat kolam air mancur di belakang monumen dengan deretan patung pahlawan nasionalnya. Ada juga open air auditorium, monumen Lapu-Lapu, perpustakaan, dan lain-lain.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ermita, Manila, Metro Manila, Filipina.

9. Quitunan Hill

Quitunan Hill
Image Credit: Google Maps Joker

Berlokasi di daerah Camalig, Albay, perbukitan ini terletak lurus sejajar dengan Gunung Mayon. Eksotisme Quitunan Hill terlihat jelas dari adanya pemukiman di area kaki gunung serta lanskap dengan dominasi warna hijau di bagian lereng bukit. Masyarakat lokal maupun wisatawan biasanya menghabiskan waktu mereka disana untuk melakukan hobi berkemah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Brgy. Daraga, Poblacion, Camalig, Albay, Filipina.

10. Gunung Mayon

Gunung Mayon
Image Credit: Google Maps Joseph Trilles

Gunung ini cukup tinggi karena ketinggiannya sekitar 2.000 mdpl di atas permukaan laut. Penampakan gunung ini mirip dengan gunung populer yang ada di Jepang, Gunung Fuji. Gunung Mayon boleh digunakan untuk pendakian, hanya saja para pendaki harus meminta ijin terlebih dahulu pada pemerintah setempat karena gunung ini termasuk dalam gunung aktif.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Albay, Filipina.

11. Kota Tua Intramuros

Kota Tua Intramuros
Image Credit: Google Maps Cynthia Mondejar

Selain Kota Tua Vigan, para wisatawan juga bisa berkunjung ke Kota Tua Intramuros. Kawasan ini adalah salah satu kota peninggalan di masa penjajahan Spanyol yang berlokasi di ibu kota Filipina, Manila. Berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur unik yang akan ditemui disana adalah gereja Katedral, Benteng Santiago, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Intramuros, Manila, Metro Manila, Filipina.

12. Mines View Park

Mines View Park
Image Credit: Google Maps KnivÈs24

Jika para wisatawan ingin menikmati lanskap Filipina dari ketinggian, Mines View Park ini wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata yang berlokasi di Baguio tersebut menawarkan pesona keindahan lanskap Filipina dari atas. Bahkan, para wisatawan bisa menyaksikan pegunungan dan pertambangan emas dari tempat ini menggunakan teropong yang disewakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mines View Observation Deck, Mines View, Baguio, Benguet, Filipina.

13. Pantai El Nido

Pantai El Nido
Image Credit: Google Maps Noly Boy

Pantai El Nido merupakan pantai dengan ciri khas pasir putih yang dikelilingi oleh pegunungan kapur. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata bertema alam yang menawarkan panorama bawah laut dan keindahan alam pantai.

Di pantai ini para wisatawan akan menemukan beragam spesies biota laut seperti hiu sirip putih hingga lumba-lumba.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: El Nido, Palawan, Filipina.

14. Pulau Mactan

Pulau Mactan
Image Credit: Google Maps Wanderhybrid

Berlokasi di Provinsi Cebu, pulau ini merupakan salah satu pulau dengan penduduk terpadat. Luas pulau kurang lebih 65 kilometer persegi dengan penghuni mencapai 430.000 jiwa.

Daya tarik utamanya adalah terdapat banyak tempat produksi berbagai jenis alat musik seperti gitar ukulele, dan lain sebagainya yang bisa digunakan sebagai cinderamata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mactan Island, Filipina.

15. Boracay

Boracay
Image Credit: Google Maps AJ’s Atudio

Lokasi Boracay berada di sekitar 315 kilometer dari selatan Manila. Untuk menuju ke Boracay, para wisatawan bisa menggunakan pesawat terbang, kapal ferry, maupun kombinasi antara bus dan kapal ferry.

Perjalanan menggunakan kapal ferry ke Boracay membutuhkan waktu 10 jam lebih. Jika ingin lebih cepat sampai, para wisatawan bisa menggunakan pesawat terbang.

Harga Tiket: PHP 53; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malay, Aklan, Filipina.

16. Pulau Coron

Pulau Coron
Image Credit: Google Maps Ankit Patel

Di Pulau Coron, para wisatawan akan menemukan bangkai kapal yang merupakan peninggalan Jepang di masa perang dunia II. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, para wisatawan bisa menggunakan transportasi pesawat dengan perjalanan kurang lebih 1jam dan berangkat dari Manila. Perjalanan dilanjutkan beberapa menit menuju ke jantung pulau Coron.

Harga Tiket: PHP 300; Map: Cek Lokasi
Alamat: Coron, Filipina.

17. Sungai Puerto Princesa

Sungai Puerto Princesa
Image Credit: Google Maps Yellow Car

Sungai ini merupakan sungai bawah tanah yang berlokasi di sekitar 80 kilometer dari Kota Puerto Princesa bagian utara. Sungai Puerto Princesa memiliki dua lantai dengan air terjun berukuran kecil yang terletak di bawah gua dan kubah gua di atas sungai seluas 300 m. Terdapat stalagmit dan stalagtit di dalam gua yang terdapat di sekitar sungai ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Puerto Princesa, Palawan, Filipina.

18. Air Terjun Maria Cristina

Air Terjun Maria Cristina
Image Credit: Google Maps Rolly Magpayo

Air terjun ini terletak di Pulau Mindanao dengan ketinggian sekitar 98 meter. Air terjun Maria Cristina yang digunakan sebagai sumber energi listrik yang utama untuk kota industri di Filipina ini menyimpan cerita legenda.

Legenda yang beredar di masyarakat pada jaman dahulu adalah cerita tentang Cristina dan Maria yang merupakan bidadari menikah dengan manusia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Misamis Oriental – Maria Cristina Boundary Rd, Iligan City, Lanao del Norte, Filipina.

19. Pulau Siargao

Pulau siargo
Image Credit: Google Maps Michael Freas

Pulau ini tenar sejak tahun 1980 silam dan dikenal memiliki ombak besar sehingga menjadi pulau favorit para peselancar. Ombak besar disana disebut dengan Could 9 dan kerap digunakan untuk ajang perlombaan surfing sekali dalam setahun. Di pulau ini para wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti snorkeling, berenang, dan mendayung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siargao Island, Filipina.

20. Pugudpud

Pugudpud
Image Credit: Google Maps  Rustem Fattakhov

Pulau Pugudpud memiliki pantai pasir putih dengan lautan biru dengan jarak kurang lebih 350 mil dari pulau tersebut. Menariknya, pantai di pulau Pugudpud mempunyai ciri khas unik berupa deretan kincir angin berwarna putih di pinggir pantai sehingga menciptakan kesan menarik di mata para wisatawan. Selain itu, ada juga fasilitas ayunan hammock di pinggir pantainya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagudpud, Ilocos Utara, Filipina.

Berwisata ke Filipina tidak akan membuat para wisatawan bosan karena negara ini sendiri mempunyai beragam tempat wisata dengan konsep yang berbeda satu sama lain. Bahkan, beberapa destinasi wisata di Filipina dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan tingkat dunia karena memiliki keunikan yang tiada duanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published