Ipoh merupakan ibukota dari negara bagian Perak, Malaysia. Lokasinya ada di wilayah sungai Kinta bagian utara, jaraknya 180 km dari Kuala Lumpur. Ipoh sebelumnya hanyalah sebuah desa yang kemudian berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1880 setelah ditemukannya tambang timah yang sangat besar. Pada 1988, daerah ini berdiri menjadi kota yang mandiri.

Meskipun pada 1970-an Ipoh mulai ditinggalkan karena persediaan timah yang mulai berkurang, namun tahun-tahun belakangan Ipoh kembali mulai populer dengan banyak destinasi wisata. Adanya bangunan-bangunan era penjajahan Inggris yang bersejarah, dipadukan dengan fasilitas-fasilitas yang sudah modern menjadi daya tarik yang kuat.

Ipoh berada di Penang dan Kuala Lumpur sehingga menjadi transit serta juga dapat menjadi pilihan liburan dengan banyak tempat wisata yang menarik. Tidak hanya bangunan kuno, ada juga keindahan alam, wisata religi, wisata kuliner, dan banyak lainnya. Berikut beberapa tempat wisata menarik di Ipoh Malaysia yang bisa menjadi referensi berlibur Anda.

1. Lost World of Tambun

Lost World of Tambun
Image Credit: Instagram mizjuris.co

Lost World of Tambun merupakan destinasi yang sangat populer dan wajib dikunjungi jika berada di Ipoh. Menawarkan wisata petualangan, kawasan destinasi ini memiliki luas hingga 44 hektar dengan berbagai atraksi-atraksi dan sarana yang dapat memacu adrenalin. Destinasi yang baru dibuka pada 2013 ini juga memiliki wahana anak pertama di Perak.

Ada banyak sekali daya tarik yang diberikan selain petualangan yang memacu adrenalin. Selah satunya adalah berinteraksi dengan harimau. Wisatawan dapat melihat kelincahan harimau siberia dan mencoba memberikan makan dalam pengawasan petugas. Selain itu ada juga pemandian air hangat, gua batu kapur dengan artefak pertambangan, dan lain sebagainya.

Lost World of Tambun juga menyediakan penginapan berupa hotel. Sehingga pengunjung tidak perlu terburu-buru jika ingin menikmati semua warna maupun sarana yang sudah tersedia. Jika ingin merasakan suasana alam, pengunjung juga bisa menginap dengan bertenda. Waktu yang disediakan adalah dua hari satu malam dengan fasilitas makan satu kali.

Harga Tiket: RM 83; Map: Cek Lokasi
Alamat: Persiaran Lagun Sunway, Sunway City, Ipoh, Perak, Malaysia.

2. Kledang Saiong Forest Ecopark

Kledang Saiong Forest Ecopark
Image Credit: Google Maps Rizal Zubair

Kledang Saiong Forest Ecopark menjadi destinasi alam di Ipoh selanjutnya. Berada di kawasan Taman Nasional Kledang Saiong, ecopark ini menawarkan pesona dari pemandangan alam yang sangat cantik. Suasana alam sangat terasa dengan pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitarnya.

Daya tarik yang memikat para wisatawan untuk datang ke eco park ini adalah air terjunnya yang sangat mengesankan. Berada di tengah-tengah alam, wisatawan dapat sepuasnya berenang dan bermain air di sana. Ada juga beberapa unggas yang hidup di kawasan itu, juga tumbuh-tumbuhan dengan warna-warni yang memanjakan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Persiaran Meru Utama, Perak, Malaysia.

3. Ipoh Town Hall

Ipoh Town Hall
Image Credit: Google Maps Math Tutor Syazwan

Ipoh Town Hall dulunya digunakan sebagai kantor pos dan telegraf, namun saat ini beralihfungsi menjadi bangunan yang sering digunakan untuk pesta pernikahan, konser, maupun acara-acara resmi. Bangunan yang dirancang oleh AB Hubback ini juga tampak klasik dan menarik perhatian dengan gaya Neokalsik dengan dominan warna putih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panglima Bukit Gantang Wahab, Ipoh, Perak, Malaysia.

4. Kellies Castle

Kellies Castle
Image Credit: Google Maps Rebecca Reena Jori

Kellies Castle berada di Batu Gajah, lokasinya cukup jauh dari pusat kota Ipoh namun wajib dikunjungi jika berada di Malaysia. Tempat wisata ini sendiri berupa bangunan tua yang tampak klasik dan megah. Meskipun sekilas menyeramkan, namun kenyataannya bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga cukup banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Harga Tiket: RM 5; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Gajah, Ipoh, Perak, Malaysia.

5. Birch Memorial Clocktower

Birch Memorial Clocktower
Image Credit: Google Maps Brendon Leong

Birch Memorial Clocktower sangat terkenal sehingga wajib dikunjungi. Dibangun pada tahun 1909, monumen ini dibangun untuk mengenang James W. W Brich yang terbunuh oleh Muzium Darul Ridzuan yang merupakan kepala suku Melayu pada saat itu. Monumen ini tidak hanya unik, namun juga sangat cocok bagi para pecinta sejarah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ipoh, Perak, Malaysia.

6. Kek Lok Tong

Kek Lok Tong
Image Credit: Google Maps Muthuraja S

Kek Lok Tong sangat unik karena merupakan bangunan kuil yang berada di dalam gua yang alami. Lokasinya sendiri berada di Gunung Rapat menjadikan destinasi wisata ini perpaduan antara wisata religi dengan wisata alam. Memang suasana di sekitar kuil sangat indah. Gua alami juga memiliki stalagmit dan stalagtit yang memukau mata.

Harga Tiket: RM 2; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pesiaran Sepakat, TMN ENDAH JAYA, Ipoh, Perak, Malaysia.

7. Pasar Pagi Ipoh

Pasar Pagi Ipoh
Image Credit: Google Maps Chook Kin Wai

Pasar pagi Ipoh sangat cocok bagi para pecinta wisata belanja. Di kawasan ini terjual berbagai barang baik bekas maupun baru. Banyak juga dagangan-dagangan yang antik langka yang menarik wisatawan asing untuk rela berdesak-desakan di antara terik matahari. Berada di kawasan yang strategis, biasanya pasar ini mulai buka dari pukul 7 pagi hingga 1 siang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lebuh Lapangan Siber 1, Bandar Cyber Ipoh, Ipoh, Perak, Malaysia.

8. Taman D. R. Seenivasagam

Taman D. R. Seenivasagam
Image Credit: Google Maps Ted Foo

Taman ini cocok sebagai tempat untuk bersantai. Jika membawa keluarga untuk berlibur, maka harus berkunjung ke taman yang memiliki udara yang segar dan pemandangan yang indah ini. Selain ada danau kecil sebagai daya tarik, taman ini juga memiliki arena bermain anak-anak. Masyarakat kota ini sendiri biasanya menggunakan taman ini untuk sepak bola atau senam sore.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Keliling Dalam, Ipoh, Perak, Malaysia.

9. Sri Mariamman Kovil

Sri Mariamman Kovil
Image Credit: Google Maps WenHong Zhuang

Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki candi Hindu dan Buddha, di Malaysia juga ada. Sri Mariamman Kovil sendiri merupakan salah satu candi Hindu yang tersebar di Malaysia, salah satunya di Ipoh. Candi ini tidak hanya berbentuk bangunan yang unik dan sangat berbeda dengan candi yang ada di Indonesia, namun juga memiliki sejarah yang tinggi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tun H S Lee, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

10. Taman Rekreasi Gunung Lang

Taman Rekreasi Gunung Lang
Image Credit: Google Maps Azman Bokhari

Taman Rekreasi Gunung Lang berada tidak jauh dari pusat kota. Destinasi wisata ini menawarkan suasana alam dengan danau sebagai daya tarik utama. Wisatawan juga dapat menaiki perahu untuk menyusuri danau. Kawasan ini juga menjadi rumah bagi beberapa jenis flora dan fauna sehingga menambah daya tariknya.

Harga Tiket: RM 3; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ipoh, Perak, Malaysia.

11. Lukisan Mural Ernest Zacharevic

Lukisan Mural Ernest Zacharevic
Image Credit: Google Maps RAJ

Kawasan lukisan mural karya Ernest Zacharevic merupakan tempat yang hits dan wajib dikunjungi jika berada di Ipoh. Karya dari seniman asal Lithuania ini terlukis di gedung-gedung tua dan bersejarah. Gaya yang dia gunakan adalah mural natural sehingga tampak hidup. Terlihat karya tersebut tampak berestetika modern di antara bangunan-bangunan bersejarah.

Kawasan ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berburu foto kekinian. Banyak spot-spot menarik sebagai latar foto yang akan cantik jika diunggah di sosial media. Mural ini sendiri juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Ipoh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lebuh Armenian, George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

12. Kinta River Front

Kinta River Front
Image Credit: Google Maps Kinta Riverfront Hotel & Suites

Kinta River Front merupakan objek wisata malam yang syahdu dan romantis, sangat cocok bagi yang membawa pasangan. Destinasi ini memang lebih indah dikunjungi pada saat malam hari. Ada cahaya-cahaya lampu hias berwarna-warni yang menjadi daya tarik. Wisatawan dapat menikmati cahaya lampu sambil menyusuri sungai dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lim Bo Seng, Ipoh, Perak, Malaysia.

13. Perak Cave Temple

Perak Cave Temple
Image Credit: Google Maps Maik Konrad

Perak Cave Temple merupakan salah satu tempat wisata yang dapat menjadi pilihan juga berada di Ipoh. Tempatnya sangat strategis membuat destinasi wisata ini tidak sulit untuk dijangkau. Lokasinya sendiri berada di Gunung Tasek yang dapat dilalui dengan menggunakan Jl. Kuala Kansar yang menghubungkan Kuala Lumpur dan Pulau Pinang.

Perak Cave Temple sendiri dibangun oleh pasangan suami istri yaitu Chong Sen Yee dan Choong Chan Yoke. Keduanya merupakan pendatang dari China. Pembangunannya sendiri membutuhkan waktu yang sangat lama. Butuh 50 tahun hingga pembangunannya dianggap selesai. Setelah keduanya wafat, bangunan ini kemudian diwariskan kepada anaknya.

Harga Tiket: RM 45; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuala Kangsar, Kawasan Perindustrian Tasek, Ipoh, Perak, Malaysia.

14. Tasik Cermin Gunung Rapat

Gua Tempurung
Image Credit: Google Maps Reza khoshdel

Tasik Cermin Gunung Rapat merupakan destinasi alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempatnya berada di balik perbukitan dan lokasinya cukup tersembunyi. Untuk mencapai lokasi, wisatawan juga harus melewati sebuah terowongan yang cukup gelap dan merupakan landmark dari Tasik Cermin.

Keindahan alam merupakan daya tarik yang cukup memikat dari destinasi yang tidak banyak diketahui orang ini. Pepohonan di antara tebing-tebing yang tinggi membuat suasana alam sangat terasa. Tidak ada banyak pengunjung sehingga objek wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri dan menyatu dengan alam.

Harga Tiket: RM 5; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raja Dr. Nazrin Shah, Ipoh, Perak, Malaysia.

15. Gua Tempurung

Gua Tempurung
Image Credit: Google Maps Reza khoshdel

Gua Tempurung merupakan objek wisata yang berada di selatan Ipoh, dekat dengan Perak. Seperti namanya, gua batu kapur ini memiliki bentuk seperti tempurung kelapa yang kubahnya memiliki bentuk stalagmit dan stalagtit yang berbeda-beda. Terdapat lima kubah besar yang semuanya memiliki perbedaan suhu, permukaan air, juga kandungan kapur maupun marmer.

Semakin populer sebagai destinasi wisata, gua ini kini lebih menarik dengan adanya lampu-lampu juga jembatan kayu untuk mempermudah wisatawan berkeliling gua. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi daya tarik, gua ini juga memiliki sejarah yang panjang bagi masyarakat Malaysia dari persembunyian para komunis, hingga bekas tambang timah.

Harga Tiket: RM 8 Map: Cek Lokasi
Alamat: Pusat Pelancongan Gua Tempurung, Gopeng, Perak, Malaysia.

Tidak kalah dengan kota-kota populer lainnya di Malaysia, Ipoh merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi untuk berlibur. Dengan banyaknya pilihan objek wisata, mengeksplorasi setiap sudut Kota Ipoh dapat menjadi liburan yang sangat seru dan tidak membosankan. Apalagi bermacam destinasi yang ada dapat disesuaikan dengan minat para wisatawan.