Negara Kamboja merupakan salah satu negara yang berada di Asia Tenggara dengan raja sebagai pemimpinnya dan perdana menteri sebagai perdana menterinya. Bentuk pemerintahan yang dianut negara Kamboja adalah kerajaan dengan ibu kotanya bernama Phnom Penh. Lokasinya berbatasan secara langsung dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, dan Laos.

Berbagai tempat wisata menarik ada di negara ini, dengan reruntuhan kuno dan kuil yang menjadi destinasi andalannya. Beberapa lokasi yang menyimpan reruntuhan kuno dijadikan sebagai objek wisata untuk masyarakat umum. Adanya reruntuhan kuno tersebut menyiratkan tentang kejayaan negara ini di masa lampau.

Nama ‘Kamboja’ yang disematkan di negara ini dalam bahasa Sansekerta mempunyai makna ‘negara kemakmuran dan kedamaian’. Para wisatawan tertarik untuk mengunjungi negara ini karena berbagai tempat wisata menarik akan menyambut dengan ramah. Di negara ini para wisatawan akan menemukan berbagai satwa liar, pantai, hutan hujan tropis, lanskap pedesaan, maupun percandian. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Kamboja yang wajib Anda kunjungi.

1. Kuil Bayon

Kuil Bayon
Image Credit: Google Maps Sébastien Gros

Kuil ini merupakan candi utama yang terletak di kota Angkor Thom dan diperuntukkan untuk masyarakat beragama Budha. Kuil Bayon mempunyai relief yang dipahat di dinding dengan panjang 1,2 km dan jumlahnya mencapai lebih dari 11.000 buah.

Daya tarik utamanya adalah relief-relief tersebut berbentuk wajah yang ditempatkan pada setiap titik mata angin.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Angkor Archeological Park, Krong Siem Reap, Kamboja.

2. Istana Kerajaan Phnom Penh

Istana Kerajaan Phnom Penh
Image Credit: Google Maps Rohith Suresh

Istana ini pertama kalinya dibangun di kota tua Phnom Penh pada tahun 1866. Yang Mulia Prah Bat Norodom merupakan kakek buyut dari raja yang memerintah saat ini adalah orang pertama yang menjadi penghuni istana kerajaan.

Arsitektur bangunan istana khas Khmer dengan atap yang disepuh. Di dalam istana terdapat bangunan megah berupa Aula Singgasana. Terdapat juga paviliun yang menyimpan artefak dan kenangan kerajaan, Pusaka Kerajaan, yang terdapat di sebelah selatan. Di sebelahnya ada Paviliun Napoleon III dengan tampilan bangunan besi dengan gaya khas Prancis klasik.

Harga Tiket: 500 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Phnom Penh, Kamboja.

3. Silver Pagoda

Silver Pagoda
Image Credit: Google Maps Felix

Bangunan pagoda mewah ini terdapat di dalam area kompleks istana. Karena lantainya ditutup menggunakan perak seberat lima ton, maka bangunan ini dikenal dengan sebutan Kuil Budha Zamrud atau Wat Preah Keo. Di dalam Silver Pagoda terdapat patung Budha berbahan emas seberat 90kg dengan hiasan batu permata sebanyak 2.086 buah.

Di area kompleks istana juga terdapat beberapa stupa. Stupa King Ang merupakan stupa pertama yang di dalamnya menyimpan abu dari jenazah mendiang pendiri dinasti Kamboja bernama Raja Ang Doung. Stupa lainnya adalah Stupa King Norodom, Stupa of King Kossomak, Stupa of King Norodom Suramarit, dan Stupa of Princess Kantha Bopha.

Harga Tiket: 26 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oknha Chhun St, Phnom Penh, Kamboja.

4. Angkor Wat

Angkor Wat
Image Credit: Google Maps Marcio Frota

Objek wisata yang dimaknai sebagai ‘candi kota’ ini adalah monumen keagamaan yang terbesar di dunia dengan luas keseluruhan kompleks sekitar 1.626.000 meter persegi. Dulunya Angkor Wat diperuntukkan untuk kebaktian terhadap Dewa Wisnu dan merupakan candi agama Hindu. Di akhir abad ke-12 tempat ini berubah fungsi menjadi candi agama Budha.

Terdapat candi Ta Prohm di area kompleks Angkor Wat dengan keunikan berupa tumbuhnya akar pohon yang menutupi bangunan candi tersebut. Ada lagi Candi Bayon dengan keunikan bangunan berupa pahatan yang berbentuk wajah. Terdapat 54 candi dengan bentuk menyerupai kepala dan empat sisi wajah.

Harga Tiket: 150 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krong Siem Reap, Kamboja.

5. Preah Vihear

Preah Vihear
Image Credit: Google Maps Asia., Mr. Rungsun Klinkaeo.

Candi Preah Vihear dibangun di area bukit dengan tinggi 525 meter. Lokasinya berada di Provinsi Preah Vihear, tepatnya di Pegunungan Dangrek. Candi yang pernah dipersengketakan pada tahun 1962 ini dibangun di masa pemerintahan Raja Jayawarman I di abad ke-8. Candi ini selesai dibangun saat Jayawarman II memerintah. Di abad ke-11.

Selama proses pembangunan candi Preah Vihear, tercatat oleh sejarah bahwa sudah terjadi pergantian raja sebanyak tujuh kali. Candi ini dibangun untuk pemujaan terhadap Dewa Siwa dan letaknya membentang dari arah utara ke arah selatan, berbeda dengan candi lainnya yang biasanya dibangun dengan menghadap ke arah timur.

Harga Tiket: 40 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khmer, Kamboja.

6. Koh Ker

Koh Ker
Image Credit: Google Maps PISETH KROUCH

Lokasi Candi Koh Ker kurang lebih 120 km di sebelah timur dari laut Siem Reap atau Angkor. Candi ini dibangun pada abad ke-10 dan merupakan reruntuhan dari Candi Angkor. Di area kompleks candi ini terdapat Candi Prasat Thom yang merupakan candi utama. Terdapat juga bebatuan sakral berukuran besar seperti Yoni dan Lingga di area kompleks candi.

Sekitar lusinan candi yang berada di kompleks Candi Koh Ker dibangun dari bahan batu bata dengan getah pohon sebagai perekatnya. Di tengah candi bagian selatan terdapat kolam buatan berukuran kurang lebih 1200 meter yang dikenal dengan sebutan Rahal dan berfungsi untuk menampung air sungai yang berasal dari sungai Stung Sen untuk irigasi tanah pertanian.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Preah Vihear, Kamboja.

7. Gunung Cardomom

Gunung Cardomom
Image Credit: Wikipedia.org

Gunung yang dihuni oleh kurang lebih 25.000 manusia dari etnis minoritas dan satu rumpun satwa liar yang terancam kepunahan ini merupakan satu-satunya hutan hujan paling besar di Asia Tenggara yang masih tersisa. Lokasinya berada di sebelah barat daya dari arah Kamboja dengan luas sekitar 4,4 juta hektar.

Satwa liar yang menghuni Gunung Cardomom antara lain beruang madu, siamang, macan tutul berawan, gajah, buaya siam, dan harimau. Lanskap di area pegunungan terdiri dari jalanan yang berbatu, dataran, sungai dengan aliran yang deras, dan rawa-rawa. Di tempat inilah satwa-satwa liar yang langka tersebut merasa aman disana.

Harga Tiket: 81 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cardomom, Kamboja.

8. Kota Sihanoukville

Kota Sihanoukville
Image Credit: Google Maps Virtual World Vietnam

Tempat ini merupakan kota kecil yang berada di pinggiran pantai dan bisa ditempuh menggunakan bus selama 6-7 jam jika berangkat dari Pnomh Penh. Di kota ini para wisatawan bisa melakukan kegiatan eksplor pantai dengan menyewa tuktuk.

Salah satu pantai yang bisa dieksplore menggunakan tuktuk adalah Pantai Otres yang bisa ditempuh 1 jam dari pusat kota.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sihanoukville, Kamboja.

9. Kota Tua Kratie

Kota Tua Kratie
Image Credit: Google Maps Ang Chan

Kamboja mempunyai kota tua Kratie yang terletak di tepi sungai Mekong. Berbagai bangunan kuno yang ada di kota tua ini dulunya dibangun ketika bangsa Prancis menjajah negara ini.

Arsitektur bangunan kuno di kota tua Kratie sangat menarik, ditambah lagi dengan adanya lumba-lumba Krawaddy yang hanya bisa ditemukan di sungai Mekong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kratie, Kamboja Timur.

10. Danau Tonle Sap

Danau Tonle Sap
Image Credit: Google Maps Natchaya suriyachat

Di danau Tonle Sap terdapat restoran, pasar, rumah-rumah terapung, sekolah, rumah billiard, kantor polisi terapung, kandang hewan peliharaan yang terapung, gereja, hingga penangkaran buaya terapung.

Para wisatawan yang datang kesana biasanya mengikuti tur berkeliling di area danau selama kurang lebih 1,5 jam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siem Reap, Kamboja.

11. Angkor Night Market

Angkor Night Market
Image Credit: Facebook NX User Club Indonesia

Ketika berkunjung ke Angkor Night Market, para wisatawan bisa membeli pernak-pernik untuk cinderamata di Siem Reap Art Center. Ada beragam jenis pernak-pernik yang dijual disana dengan harga terjangkau seperti taplak meja, bed cover, perhiasan perak, magnet kulkas, dan lain-lain. Setelah puas berbelanja, para wisatawan bisa berburu kuliner malam di Pub Street.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siem Reap, Kamboja.

12. Sambor Prei Kuk

Sambor Prei Kuk
Image Credit: Google Maps korn vanputh

Kuil ini berdiri sebelum masa Angkor yakni di abad ke-7 saat masih bergelar ibu kota dari Kekaisaran Upper Chenla. Bangunan candi dari batu bata sejumlah 100 lebih yang diperuntukannya untuk pemujaan para dewa Hindu ini kini tidak terawat karena letaknya di hutan. Kuil yang masih terlihat ukiran dindingnya adalah Prasat Tao, Sambor, dan Yeay Peau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prasat Sambour​ District, Kamboja.

13. Bokor Hill Station

Bokor Hill Station
Image Credit: Google Maps Dean Friary Hall

Kompleks bangunan yang kini terkesan berhantu dulunya merupakan tempat peristirahatan masyarakat dari cuaca Phnom Penh yang panas. Bangunan ini dulu dibangun pada tahun 1920 oleh Perancis.

Namun, bangunan ini ditinggalkan saat Jepang menyerbu Kamboja di tahun 1940-an dan saat negara dipimpin oleh Khmer Merah di tahun 1970-an.

Harga Tiket: 200 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Phumi Popok Vil, Kamboja.

14. Banteay Chhmar

Banteay Chhmar
Image Credit: Google Maps AT-CHA W

Banteay Chhmar merupakan kuil yang bergaya Indiana Jones dan terletak di hutan yang berada di sebelah barat laut negara Kamboja. Sekitar abad ke-12, Raja Angkor dan Jayavarman II membangun kuil ini. Di sepanjang dinding kuil terdapat relief batu dengan detail terumit dibandingkan kuil lainnya yang ada di negara dengan julukan Land of the Khmer.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komune, Thma Puok, Banteay Meanchey, Kamboja.

15. Banteay Srei Butterfly Center

Banteay Srei Butterfly Center
Image Credit: Google Maps James Hartley

Di tempat ini para wisatawan akan menemukan berbagai jenis kupu-kupu dengan jumlah lebih dari 30 spesies. Tempat ini menjadi salah satu lokasi pusat kupu-kupu terbesar di Asia Tenggara yang berada dalam ruangan tertutup.

Menariknya, para wisatawan dapat menyaksikan metamorfosis kupu-kupu dari telur hingga menjadi kupu-kupu dewasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banteay Srei, Kamboja.

16. Phare, Sirkus Kamboja

Phare, Sirkus Kamboja
Image Credit: Google Maps 時雨堂

Para wisatawan bisa memilih Phare, Sirkus Kaboja yang merupakan pertunjukan dengan perpaduan musik, teater, akrobat, sirkus modern, dan tari sebagai alternatif pertunjukan.

Pertunjukan ini mengisahkan kembali tentang kehidupan rakyat Khmer di jaman dahulu dibalut dengan gaya modern.

Harga Tiket: 73 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Intersection, Ring Road, Sok San Rd, Krong Siem Reap, Kamboja.

17. Phnom Tamao Wildlife Rescue Center

Phnom Tamao Wildlife Rescue Center
Image Credit: Google Maps Phnom Tamao Zoological Park and Wildlife Rescue

Kamboja memiliki suatu tempat khusus yang digunakan sebagai tempat penampungan hewan rescue. Berbagai hewan rescue yang berhasil diselamatkan dari para pedagang ilegal maupun tangan para pemburu liar akan dirawat di tempat ini sebelum dikembalikan ke habitatnya. Beberapa hewan tersebut antara lain monyet, gajah, beruang madu, dan harimau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: National Road No 2, Tro Pang Sap Village, Tro Pang Sap Commune, Ba Ti District, Takeo Province, Kamboja.

18. Museum Nasional Kamboja

Museum Nasional Kamboja
Image Credit: Google Maps Chhun BunChhai

Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi artefak dari Khmer dan menjadi salah satu museum terbesar yang ada di negara ini. Koleksi artefaknya berupa keramik, pahatan, dan juga berbagai benda kuno lain yang berasal dari jaman pra-Angkor, prasejarah, maupun pasca-Angkor.

Harga Tiket: 40 Rial; Map: Cek Lokasi
Alamat: Preah Ang Eng St. (13), Phnom Penh, Kamboja.

19. Thmey Market

Thmey Market
Image Credit: Google Maps G Manju

Pasar wisata ini menjual beraneka ragam produk yang bisa dijadikan cinderamata. Para wisatawan akan menemukan aksesoris, pakaian, souvenir khas Kamboja, sepatu, sayuran, hingga buah-buahan yang dijual disana. Pasar ini selalu ramai dipadati wisatawan karena lengkap menjual segala kebutuhan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Calmette St., Phnom Penh, Kamboja.

20. Tuol Sleng Genocide Museum and Killing Field

Tuol Sleng Genocide Museum and Killing Field
Image Credit: Google Maps Xiaoke Li

Museum ini dulunya merupakan tempat pembantaian dan pembunuhan massal yang dilakukan oleh Pol Pot, pimpinan Kamboja yang menganut paham diktator. Pembunuhan dan pembantaian dilakukan oleh Pol Pot pada sekitar 2 juta jiwa penduduknya di tahun 1975-1978. Sebelum menjadi tempat pembantaian, bangunan ini dulunya merupakan bangunan SMA.

Harga Tiket: 20 Riel; Map: Cek Lokasi
Alamat: Phnom Penh, Kamboja.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Kamboja yang wajib Anda kunjungi. Dengan menyiapkan cukup budget, para wisatawan bisa mendatangi beberapa destinasi wisata sekaligus yang jaraknya saling berdekatan. Walaupun banyak memiliki candi bersejarah, Kamboja juga mempunyai beragam destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi.