Kuala Lumpur merupakan ibu kota dan juga menjadi kota yang terbesar di Malaysia. Kota ini sendiri merupakan wilayah metropolitan yang memiliki pertumbuhan paling pesat dibandingkan kota-kota lainnya di Malaysia baik dari segi penduduk maupun ekonomi. Bagi para wisatawan asing, Kuala Lumpur juga merupakan kota yang wajib dikunjungi saat berada di Negeri Jiran.

Kuala Lumpur tidak hanya menjadi kota yang metropolitan saja, namun juga memiliki segudang destinasi wisata yang sangat menarik dan harus dikunjungi saat berlibur ke kota ini. Baik wisata dengan tema yang modern, wisata alam, religi, hingga kuliner semuanya tersedia untuk para wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Cukup banyak rekomendasi objek wisata sehingga turis yang datang tidak akan kehabisan tujuan untuk liburan. Mengeksplorasi sudut-sudut kota juga tidak pernah membosankan. Tidak heran jika banyaknya destinasi wisata dan turis yang datang membuat pariwisata menjadi salah satu yang sangat berperan dalam pertumbuhan perekonomian. Berikut rekomendasi tempat wisata populer di Kuala Lumpur, Malaysia yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas Kuala Lumpur
Image Credit: Google Maps KP Loh

Menara ini sangat terkenal dan menjadi salah satu landmark dari Malaysia. Menara yang sangat populer ini juga merupakan objek wisata terbaik yang harus dikunjungi jika berada di ibukota Malaysia. Liburan Anda ke Malaysia akan terasa kurang rasanya jika belum mengambil gambar dengan latar bangunan kembar yang megah ini.

Menara Kembar Petronas ini memiliki tinggi hingga 451,9 meter. Terdapat 88 lantai dengan objek wisata berupa dua menara kembar yang dirancang oleh arsitek dari Argentina, Cesar Pelli. Wisatawan juga tidak hanya dapat mengambil gambar dengan latar menara namun juga dapat memasuki gedung menara yang tampak lebih cantik saat malam hari.

Harga Tiket: RM 85; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuala Lumpur City Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

2. Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur
Image Credit: Google Maps Mart van Lieverloo 

Tidak hanya Menara Kembar Petronas saja, ada juga menara lain yang juga menarik perhatian yaitu menara Kuala Lumpur. Menara dengan tinggi 421 meter ini memiliki 6 lantai dan menjadi 7 yang tertinggi di dunia. Menara ini sendiri mulai dibangun pada 4 Oktober 1991 dengan 3 tahap dan baru selesai dibangun pada 1 Maret 1995.

Menara ini sebenarnya difungsikan untuk memperlancar jaringan komunikasi. Akan tetapi wisatawan juga dapat berkunjung dan menikmati dek yang berada di atas menara. Dari menara yang sangat populer di Malaysia ini, wisatawan dapat dengan leluasa menikmati keindahan dari atas ketinggian. Selain itu, wisatawan juga bisa bebas mengambil gambar dari atas menara.

Harga Tiket: RM 105; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Punchak Off, Jalan P. Ramlee, Kuala Lumpur, Malaysia.

3. Aquaria KLCC

Aquaria KLCC
Image Credit: Google Maps Hisayamie

Jika menyukai keindahan ekosistem laut tanpa harus menyelam, maka Aquaria KLCC menjadi solusinya. Destinasi ini juga sangat menarik, menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan di dalam terowongan yang memiliki panjang 90 meter. Wisatawan dapat merasakan sensasi seperti di dalam air, dikelilingi hewan laut baik di kanan, kiri, dan atas kepala.

Di dalam terowongan ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan-ikan lalu, ada juga hiu, kura-kura laut hijau, ikan piranha, dan masih ada banyak lagi. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat berlibur dengan keluarga. Selain menikmati keindahan alam bawah laut, anak-anak juga akan dapat belajar mengenai hewan-hewan laut yang hidup di sana.

Harga Tiket: RM 71; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pinang, Kuala Lumpur City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

4. Taman KLCC

Taman KLCC
Image Credit: Google Maps Hadi Salle

Taman KLCC merupakan sebuah taman hijau dengan luas hingga 20 hektar. Dirancang oleh Roberto Bulre Marx, taman ini mulai dibangun pada tahun 1997 dan menjadi salah satu taman terbaik di Kuala Lumpur. Dengan keunikan-keunikan yang ditawarkan, taman yang teduh karena ada banyak pepohonan ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Taman ini juga dilengkapi dengan danau buatan. Luasnya mencapai 10.000 meter persegi. Di sepanjang danau terdapat jalur untuk jogging, jalan kaki, dan juga taman yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak. Selain itu ada juga hiasan-hiasan seperti air terjun dan air mancur yang ada di sekitar kolam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: KLCC, Lot No. 241, Level 2, Suria, Kuala Lumpur City Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

5. Islamic Art Museum Malaysia

Islamic Art Museum Malaysia
Image Credit: Google Maps Junior Yeoh

Islamic Art Museum Malaysia merupakan objek wisata religi dengan seni islam yang dapat menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi termasuk buku-buku di perpustakaan, juga perhiasan terkecil dan juga model skala Masjidil Haram yang berada di Mekkah.

Bangunan ini sendiri memiliki lahan dengan luas 3 hektar. Lokasinya ada di area Taman Botani Perdana. Destinasi ini sendiri sangat cocok bagi wisatawan yang memang tertarik untuk melihat beragam karya seni islami di kota ini.

Harga Tiket: RM 14; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lembah, Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

6. Masjid Jamek

Masjid Jamek
Image Credit: Google Maps Terence Lee

Destinasi wisata religi Islami selanjutnya adalah Masjid Jamek yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Dibangun pada tahun 1909, masjid ini sangat terkenal dan menjadi yang tertua di Kuala Lumpur. Sementara itu gaya bangunan masjid mengambil dari gaya Mogul yang ada di India bagian Selatan.

Lokasi Masjid Jamek berada di pertemuan antara Sungai Klang dan Sungai Gombak. Tampak sangat menakjubkan karena memiliki 2 menara dan 3 kubah yang membuatnya tampak sangat megah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tun Perak, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

7. Zoo Negara

Zoo Negara
Image Credit: Google Maps Sukirt Singh

Zoo Negara juga sering disebut Kebun Binatang Nasional. Dengan luas 45 hektar, kebun binatang ini berada di Ulu Klang. Ada cukup banyak koleksi hewan yang eksotis di kebun binatang ini. kurang lebih ada 459 jenis dengan total lebih dari 5000 hewan. Koleksinya sendiri berupa hewan-hewan mamalia, reptil, ikan, amfibi, dan juga banyak lagi lainnya.

Zoo Negara menjadi salah satu tujuan wisata edukasi yang favorit. selain menjadi tempat untuk rekreasi, kebun binatang ini juga berdedikasi sebagai tempat untuk konservasi, pendidikan, juga penelitian dari hewan dan tumbuhan yang ada di sana.

Harga Tiket: RM 44; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Zooview, Taman Zooview, Ampang, Selangor, Malaysia.

8. Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu
Image Credit: Google Maps J. Philipp Krone

Taman kupu-kupu atau juga dikenal dengan Kuala Lumpur Butterfly Park merupakan kebun binatang dengan beragam jenis kupu-kupu yang dibuka untuk publik. Dengan luas 80 hektar, taman kupu-kupu memiliki hingga 5.000 jenis kupu-kupu, serangga, dan juga tanaman yang eksotis. Wisatawan juga dapat melihat pameran kupu-kupu dan serangga di tempat wisata ini.

Harga Tiket: RM 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cenderawasih, Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

9. KL Tower Mini Zoo

KL Tower Mini Zoo
Image Credit: Google Maps Anand G Iyer

Seperti namanya, KL Tower Mini Zoo merupakan kebun binatang mini, namun binatang koleksi di dalamnya cukup menarik. Hewan-hewan di sana seperti phyton, kelinci, monyet, dan lainnya. Anak-anak juga dapat memberi makan binatang-binatang seperti hamster, kura-kura, burung, dan lainnya. Oleh karena itulah, KL Tower Mini Zoo menjadi destinasi liburan keluarga favorit di Kuala Lumpur.

Harga Tiket: RM 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Puncak, Kuala Lumpur, Malaysia.

10. Tugu Negara

Tugu Negara
Image Credit: Google Maps Ru Wi

Tugu negara merupakan monumen bersejarah yang dibangun guna menghormati dan mengenang para prajurit yang gugur dalam perang dunia I dan II, dan juga kedaruratan Tanah Melayu. Jumlah tentara yang gugur ini lebih dari 11.000 prajurit. Dengan adanya tugu ini, diharapkan masyarakat tidak pernah lupa pada jasa-jasa mereka.

Tugu Negara ini juga sangat menarik dikunjungi karena tidak hanya berupa monumen saja. Di sekitarnya telah ditambahkan dengan air mancur yang menjadi daya tarik. Air mancur ini juga menambah keindahan dari kawasan di sekitarnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parlimen, Kuala Lumpur City Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

11. Kuil Thean Hou

Kuil Thean Hou
Image Credit: Google Maps Maxim Shesterikov

Destinasi selanjutnya adalah Kuil Thean Hou yang merupakan sebuah kuil dengan 6 tingkat yang berada di Kuala Lumpur. Kuil yang dibangun dengan arsitektur China ini sudah mulai dibuka sejak tahun 1989. Bangunannya sangat menarik sehingga banyak wisatawan yang datang. Kuil ini juga akan tampak lebih indah saat malam hari karena adanya pernak-pernik lampu yang meriah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Persiaran Endah, Taman Persiaran Desa, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

12. Sin Sze Si Ya Temple

Sin Sze Si Ya Temple
Image Credit: Google Maps Christoph Pressler

Sin Sze Si Ya Temple juga merupakan kuil yang dibangun oleh Kapitan Yap Ah Loy pada tahun 1864. Kuil ini sendiri menjadi yang tertua di kota ini. Wisatawan dapat mengunjungi kuil ini setiap hari dari jam 07.00 hingga 17.00 dan langsung akan disambut dengan berbagai pernak-pernik khas kuil. Menariknya, lokasinya cukup mudah dijangkau dapat menggunakan kereta LRT tujuan Pasar Seni.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tun H S Lee, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

13. Pasar Seni

Pasar Seni
Image Credit: Google Maps Mohamed Tahan.

Pasar Seni merupakan destinasi yang sangat cocok bagi pecinta wisata belanja. Di pasar seni ini, wisatawan dapat membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik, pakaian, karya seni, dan juga makanan ringan khas Malaysia. Pasar ini juga sangat ramai dikunjungi wisatawan dari mancanegara.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Ismail, Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

14. Jalan Petaling

Jalan Petaling
Image Credit: Google Maps EM Karim

Jalan Petaling juga menjadi salah satu objek wisata belanja selanjutnya yang harus dikunjungi jika berada di Kuala Lumpur. Selain dapat memuaskan hobi para pecinta wisata belanja, kawasan ini juga memiliki daya tariknya. Tidak heran jika Jalan Petaling selalu ramai, termasuk juga banyak wisatawan asing yang berkunjung.

Di Jalan Petaling sendiri juga banyak menjual pernak-pernik, pakaian, mainan, juga oleh-oleh. Tidak hanya itu, Jalan Petaling juga menjadi tempat yang cocok untuk berburu kuliner. Ada banyak sekali makanan-makanan yang sudah tentu lezat dijual di sepanjang jalan. Terdapat juga pasar malam untuk berwisata malam bersama keluarga maupun teman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pusat Kota Kuala Lumpur, Kuala Lupur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

15. Titiwangsa Lake Garden

Titiwangsa Lake Garden
Image Credit: Google Maps Antonio

Destinasi ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Berupa sebuah taman dengan danau yang indah, wisatawan yang datang juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti jogging, bersepeda, bahkan berkuda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tembeling, Titiwangsa, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Kuala Lumpur yang memiliki beragam tempat wisata yang sangat menyenangkan untuk dieksplorasi. Tidak mengherankan jika saat ini Kuala Lumpur menjadi tujuan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan tanpa harus bingung mencari destinasi wisata yang tidak pernah membosankan.