Laos merupakan negara di Asia Tenggara yang diapit dengan negara-negara lain termasuk Thailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan China. Oleh karena itu Laos menjadi salah satu negara yang tidak memiliki pantai. Meski begitu, bukan berarti Laos tidak memiliki destinasi wisata yang menarik. Ada banyak daya tarik yang membuat Laos menjadi negara yang patut dikunjungi oleh wisatawan.

Dengan beragam suku bangsa dan budaya, masyarakat di negara ini masih memiliki tradisi yang kuat. Salah satu yang dapat dilihat dan cukup mendominasi adalah dengan banyaknya kuil-kuil Buddha yang juga dapat menjadi potensi wisata yang menarik. Bahkan beberapa kuil Buddha ini menjadi yang tertua di Asia Tenggara.

Keindahan alam iklim tropis yang hangat di negara berjulukan Tanah Terkunci juga tidak kalah memikat untuk di eksplor. Sayangnya masih banyak wisatawan yang belum mengetahui destinasi wisata di Laos ini. Berikut adalah rekomendasi objek wisata yang menarik dikunjungi jika berlibur di Laos untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

1. Buddha Park atau Xien Khuan

Buddha Park atau Xien Khuan
Image Credit: Twitter Remus Mark Carballo

Buddha Park atau Xieng Khuan dalam bahasa aslinya merupakan sebuah taman patung di ruang terbuka. Taman ini dihiasi dengan patung-patung Buddha dengan ukuran raksasa dan juga dewa-dewa Hindu. Kawasan ini merupakan taman yang didirikan sejak tahun 1958 oleh seorang biarawan dan seniman patung yaitu Bunleua Sulila.

Selain patung Buddha dan dewa-dewa, terdapat juga patung setan dan binatang mitologi dari dua kepercayaan tersebut. ada juga patung Buddha yang berbaring dengan panjang 40 meter dan Dewa Indra berada di atas gajah berkepala tiga. Daya tarik lainnya yaitu pintu masuk yang dibentuk menyerupai mulut setan menuju taman indah yang berujung pada café di tepi sungai.

Harga Tiket: 8000 KIP; Map: Cek Lokasi
Alamat: Deua, Thanon Tha, Vientiane, Laos.

2. Wat Xieng Thong

Wat Xieng Thong
Image Credit: Facebook Circle

Wat Xieng Thong menjadi kuil terbesar yang ada di Luang Prabang dan juga menjadi simbol sejarah yang sangat penting. Struktur bangunannya memiliki karakteristik dari arsitektur Lao di abad ke-16.

Dengan ukiran dinding dengan pola rumit, dewa-dewa Buddha, serta kereta duka dengan tinggi hingga 12 meter. Bentuk kuil masih asli, hanya dilakukan perbaikan pada atap dan penyepuhan emas.

Kuil ini dulunya merupakan tempat penobatan bagi raja-raja Laos. Sampai sekarang, kuil yang menjadi salah satu destinasi wisata menarik ini masih menjadi tempat berkumpul perayaan-perayaan penting. Bangunannya yang masih tradisional, Wat Xieng Thong menjadi salah satu yang harus dikunjungi jika berada di Laos.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khem Khong, Luang Prabang, Laos.

3. Wat Si Saket

Wat Si Saket
Image Credit: Google Maps Lemuel Untivero

Wat Si Saket memiliki sejarah yang sangat panjang. Di dalamnya terdapat ribuan patung Buddha dengan berbagai ukuran dan gaya. Arsitektur dan tata letaknya sangat indah termasuk atap bertingkat lima yang memiliki ornamen-ornamen, perpustakaan bergaya Burma, ruang pentahbisan dengan langit-langit bunga sim, juga menara gendang.

Terdapat juga kuil yang penampung ribuan gambar-gambar yang terbuat dari kayu, bebatuan, dan juga perunggu. Patung-patung ini sebagian besar diukir pada abad ke-16 hingga abad ke-18. Destinasi wisata ini dapat dikunjungi pada jam 08.00 hingga siang, lalu kembali dibuka pada pukul 13.00 hingga 16.00 dengan biaya masuk yang sangat terjangkau.

Harga Tiket: 5000 KIP; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ave Lane Xang, Vientiane, Laos.

4. Vang Vieng

Vang Vieng
Image Credit: Google Maps ຄໍາແສນ ບຸດດາລາ

Vang Vieng  merupakan kota yang berada di antara Viantiane dan juga Luang Prabang. Daya tarik dari Vang Vieng adalah tubing dan juga laguna dengan warna biru mencolok untuk berenang. Di kawasan ini juga terdapat goa batu kapur yang berada di atas laguna. Di dalam goa, terdapat patung Buddha bersepuh emas dalam posisi tidur dengan formasi bebatuan yang unik di sekitarnya.

Selain tubing dan berenang di laguna, wisatawan yang datang ke Vang Vieng juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang seru seperti hiking, olahraga air, ataupun hanya sekedar bersantai. Terdapat juga pasar lokal di mana wisatawan dapat membeli tekstil khas laos dan keranjang anyaman. Wisatawan juga bisa membeli kartu pos untuk dikirimkan ke keluarga atau teman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Vang Vieng, Laos.

5. Bolaven Plateau

Bolaven Plateau
Image Credit: Google Maps Marta O

Bolaven Plateau merupakan dataran tinggi yang menyajikan desa-desa dari suku setempat, perkebunan kopi yang masih tradisional, serta air terjun dengan keindahan alam yang sangat indah. Sayangnya, kawasan ini masih kurang dikenal oleh para wisatawan. Padahal menyusuri kawasan ini akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Champasak, Laos.

6. Vat Phou

Vat Phou
Image Credit: Google Maps Ilse Maxian

Vat Phou atau kuil gunung dibangun pada abad ke-10 sehingga lebih tua jika dibandingkan dengan Angkor Wat yang dibangun abad ke-12. Kuil ini sekarang hanya berupa reruntuhan, namun wisatawan yang berkunjung masih dapat merasakan kemagisan yang menggambarkan sejarah di masa lalu. Vat Phou sendiri berada di kaki Gunung Phu Kao yang langsung menghadap daratan dan Sungai Mekong.

Harga Tiket: Map: Cek Lokasi
Alamat: Muang Champassak, Laos.

7. Pha That Luang

Pha That Luang
Image Credit: Twitter Beatthetravelagent

Pha That Luang merupakan salah satu monumen sakral yang dibangun pada abad ke-3. Monumen ini memiliki tinggi hingga 44 meter dengan puncak yang dilapisi oleh emas asli. Terdapat juga menara-menara yang mengelilingi stupa utama. Destinasi wisata ini cukup mudah untuk dijangkau dengan tuk-tuk atau sepeda. Jaraknya juga hanya sekitar 4 kilometer dari pusat kota Vientiane.

Biasanya di Pha That Luang selalu diadakan Festival Luang pada bulan Oktober dan November. Festival ini sendiri merupakan salah satu dari perayaan Buddhis yang sangat penting di Laos. Pada festival ini akan ada banyak sekali parade, upacara keagamaan, serta pertunjukan tradisional yang berlangsung selama 3 hari. Ada juga festival menarik lainnya yaitu Boun Pha That Luang.

Harga Tiket: 5000 KIP; Map: Cek Lokasi
Alamat: Vientiane, Laos.

8. Patuxai

Patuxai
Image Credit: Google Maps sơn đen

Patuxai merupakan landmark di Kota Vientiane dan menjadi simbol dari perjuangan Laos yang pernah dijajah oleh Prancis selama hampir satu abad. Monumen ini sendiri berbentuk gerbang yang sangat megah dengan paduan arsitektur Eropa dan Laos. Monumen yang berada di tengah kota ini menjadi favorit wisatawan juga tempat untuk melihat pemandangan dari atas monumen Patuxai.

Harga Tiket: 3000 KIP; Map: Cek Lokasi
Alamat: P.D.R, Vientiane, Laos.

9. Vientiane Night Market

Vientiane Night Market
Image Credit: Google Maps 과누

Viantiane Night Market berada di sepanjang Sungai Mekong. Di kawasan ini terdapat banyak sekali kios-kios yang menawarkan cideramata khas Laos, sangat cocok bagi para pecinta wisata belanja.

Seperti namanya, kawasan ini dapat dikunjungi saat matahari mulai tenggelam hingga malam hari. Cukup banyak wisatawan asing yang datang, karena itu pedagang mayoritas dapat berbahasa Inggris.

Tidak hanya berbelanja saja, kawasan ini juga dapat menjadi tempat yang cocok untuk bersantai menikmati keindahan Sungai Mekong. Pemandangan akan jauh lebih indah saat matahari terbenam. Sehingga meski tidak ingin berbelanja, Viantiane Night Market masih dapat dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Vientiane, Laos.

10. That Dam

That Dam
Image Credit: Twitter somewhereintheworld

That Dam atau dapat diartikan stupa hitam merupakan salah satu stupa kuno yang masih tersisa setelah adanya pendudukan Siam yang terjadi di abad ke-17. Stupa ini perada di pusat kota dan menjadi landmark yang sangat populer karena bentuknya yang sangat menarik di antara kota modern di sekitarnya. Pada malam hari monumen ini tampak lebih indah dengan lampu warna-warni.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rue Samsenthai, Vientiane, Laos.

11. Phu Chi Fa

Phu Chi Fa
Image Credit: Google Maps ผู้เดินทาง sc cs

Phu Chi Fa berada di ketinggian 1628 mdpl sehingga menawarkan keindahan alam yang sangat memukau di bawahnya. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunrise dengan suasana dingin layaknya pegunungan. Wisatawan juga akan ditemani oleh para pemuda yang akan dengan senang hati menjadi pemandu lokal dan menunjukkan keindahan Laos yang berbatasan dengan Thailand.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Phu Chi Fa, Laos.

12. Luang Prabang

Luang Prabang
Image Credit: Google Maps Alessia Caputo

Luang Prabang menjadi kota kecil yang ada di Laos dengan bangunan-bangunan yang mayoritas masih menggunakan teknik dan bahan yang masih tradisional. Tidak heran jika kawasan ini diakui UNESCO sebagai warisan dunia.  Selain itu, kota yang dikelilingi oleh perbukitan serta dilalui oleh Sungai Namkhan dan Mekong ini juga sangat populer sebagai destinasi wajib di Laos.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Luang Prabang, Laos.

13. Tad Sae Waterfall

Tad Sae Waterfall
Image Credit: Google Maps กิตตินันท์ โชติทวีศักดิ์

Destinasi wisata ini memang tidak terlalu populer, namun sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri. Wisatawan juga bisa berenang di kawasan ini sehingga perlu juga untuk membawa baju ganti.

Tad Sae juga tempat di mana wisatawan dapat melihat dan berinteraksi dengan gajah. Untuk menuju kawasan ini, sudah ada banyak agen perjalanan yang menyediakan layanan tur.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nam Khan, Luang Prabang, Laos.

14. Khuang Si Falls

Khuang Si Falls
Image Credit: Google Maps Ronnie Delicana

Khuang Si Falls merupakan salah satu air terjun yang ada di Laos yang wajib untuk dikunjungi. Dengan pemandangan hutan yang indah di sekelilingnya, air terjun ini juga memiliki warna hijau turquoise yang menambah daya tarik. Air terjun ini juga berundak-undak. Tidak hanya menyenangkan untuk berenang, kawasan ini juga dapat dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: 20000 KIP; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ban Long, Luang Prabang, Laos.

15. Khuang Si Falls Butterfly Park

Khuang Si Falls Butterfly Park
Image Credit: Google Maps Valeria Squillante

Tidak jauh dari Khuang Si Falls, terdapat juga Khuang Si Falls Butterfly Park. Di kawasan ini wisatawan dapat melihat banyak sekali kupu-kupu cantik dengan aneka warna.

Kawasan ini sendiri menjadi pusat penelitian kupu-kupu, tanaman inang, juga penelitian pelestarian alam dan lingkungan di Laos. Selain untuk umum, kawasan ini sering menjadi tujuan darmawisata untuk belajar menjaga alam sekitar.

Harga Tiket: 20000 KIP; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ban Long, Laos.

Meskipun tidak banyak diketahui oleh para wisatawan, namun sebenarnya Laos sebenarnya memiliki beragam tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menghabiskan waktu berlibur di Laos tidak hanya mendapatkan kesempatan melihat keindahan alam dan budaya yang kental, namun juga akan mendapatkan kesan yang mendalam.