Banyak sekali masyarakat Indonesia yang berkunjung ke negara Malaysia. Keindahan yang ditawarkan di sana juga terbilang indah dan memukau. Berbagai tempat wisata alam maupun wisata buatan juga ada banyak di negara yang satu ini.

Ketika berkunjung ke negara tersebut, maka dijamin Anda tidak akan mengalami culture shock. Pasalnya, budaya atau kebiasaan yang terdapat di sana tidak terlalu berbeda jauh dengan budaya yang ada di Indonesia. Dengan begitu, tentu saja Anda akan bisa menghabiskan waktu liburan dengan perasaan yang nyaman.

Anda tidak perlu bingung untuk menentukan tempat wisata mana yang akan dikunjungi ketika sudah sampai di Malaysia. Setidaknya, ada beberapa destinasi yang tentu saja menarik dan sayang apabila tidak Anda datangi. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Malaysia yang bisa Anda jelajahi saat liburan.

1. Legoland Malaysia

Legoland Malaysia
Image Credit: Google Maps Nick Lance

Manjakanlah anak-anak Anda dengan berkunjung ke taman bermain yang paling terkenal di Malaysia, tidak lain bernama Legoland. Taman bermain yang satu ini mempunyai 2 wahana utama yaitu Legoland Waterpark dan Legoland Theme Park. Setiap wahana pun menerapkan harga tiket yang berbeda.

Apabila ingin berkunjung ke dua wahana utama yang ada di sana secara sekaligus, maka Anda dapat langsung saja membeli tiket terusan saja. Soal atraksi dan wahananya tidak perlu dirugikan lagi. Tempat wisata ini dilengkapi dengan permainan dan fasilitas yang mumpuni. Uniknya, seluruh bangunan terdapat di sana didesain menyerupai tumpukan lego.

Harga Tiket: RM 157; Map: Cek Lokasi
Alamat: Persiaran Medini Utara 3, Bandar, Johor Bahru, Johor, Malaysia.

2. Masjid Putra di Putrajaya

Masjid Putra di Putrajaya
Image Credit: Google Maps Samir Čeligija

Seperti yang sudah diketahu bahwa penduduk Malaysia mayoritas menganut agama Islam. Dikarenakan hal itu, maka sayang sekali bila ketika berkunjung ke negara tersebut Anda tidak meluangkan waktu menyaksikan Masjid Putra yang terletak di Putrajaya. Pembangunan masjid ini menggunakan arsitektur khas Timur Tengah.

Keunikan dari bangunan masjid tersebut tampak dari lokasinya yang menjorok ke arah Danau Putrajaya. Disebabkan oleh letaknya tersebut maka tidak heran jika disebut juga dengan masjid apung. Untuk memasuki masjid tersebut, pengunjung tidak akan dipungut dengan biaya apapun alias gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Persiaran Persekutuan, Presint 1, Putrajaya, Wilayah Persekutuan Putrajaya, Malaysia.

3. Gunung Mulu National Park

Gunung Mulu National Park
Image Credit: Google Maps Theo Althaus

Gunung Mulu National Park menjadi salah satu destinasi wisata alam di Malaysia yang cukup terkenal. Lokasi dari gunung yang satu ini ada di Serawak. Supaya tiba di gunung ini, maka Anda perlu menaiki pesawat. Sesudah tiba di bandara setempat, maka perjalanan dapat dilanjutkan kembali dengan menyewa kendaraan.

Daya tarik utama yang dimiliki olev destinasi wisata ini yaitu adanya dua gua yang mempunyai keunikan tersendiri. Uniknya lagi, diantara dua gua yang ada di sana dihiasi oleh aliran sungai. Tentu saja hal ini akan semakin menambah suasana alami yang dipancarkan oleh tempat wisata ini.

Harga Tiket: RM 10; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Mulu, Serawak, Malaysia.

4. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis
Image Credit: Google Maps Harold Fung

Fort Cirnwallis adalah salah satu situs sejarah yang kerap dikunjungi oleh wisatawan asing. Di sana Anda dapat mengunjungi sebuah Seri Rambai Canon, kapel tua, serta galeri yang menyuguhkan sejarah Malaysia. Benteng ini bisa mulai Anda kunjungi sejak jam 9 pagi hingga 7 malam, serta setiap hari dibuka untuk wisatawan umum.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi untuk tiba di sana. Angkutan umum yang dapat Anda gunakan yaitu taksi ataupun bus.

Harga Tiket: RM 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.  Tun Syed Sheh Barakbah, George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

5. Penang War Museum

Penang War Museum
Image Credit: Google Maps Joy Hon

Museum Perang Penang atau Penang War Museum adalah tempat wisata yang terletak di Bukit Batu Maung, yaitu di sebelah Tenggara dari Pulau Penang. Daya tarik penting yang ada di tempat ini yakni bangunannya menjadi benteng ketika jaman penjajahan Inggris. Dalam bangunan juga ada berbagai jenis benda bersejarah serta ruang bawah tanah.

Apabila berniat melakukan tur khusus misal seperti Observation Tower atau Tunnel Tour, maka Anda akan diwajibkan untuk mengeluarkan biaya tambahan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana terlebih dahulu.

Harga Tiket: RM 22; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Maung, Batu Maung, Pulau Pinang, Malaysia.

6. Penang National Park

Penang National Park
Image Credit: Google Maps Jo Mateixa

Penang National Park adalah destinasi wisata yang sering didatangi oleh wisatawan asing dan wisatawan lokal. Hal menarik dari tempat ini tidak lain pada luas tempatnya sekitar 1.213 hektar. Tempat tersebut merupakan penangkaran penyu yang ada di Pantai Kampi dan Pantai Kerachut, danau alami, dan hutan bakau yang sangat mempesona.

Penang National Park adalah rumah untuk ribuan fauna dan flora khas daerah tropis. Apabila beruntung, maka pada bulan September hingga April Anda bisa melihat peristiwa dimana burung yang langka melakukan migrasi. Asyiknya, untuk menikmati hal itu semua, maka pengunjung tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pejabat Taman Negara P. Pinang, jalan Hassan Abbas, George Town, Penang, Malaysia.

7. Malaysia Textile Museu

Malaysia Textile Museu
Image Credit: Google Maps Parvin Ef

Jika ingin mengetahui sejarah kain dan pakaian Malaysia, maka Anda bisa berkunjung ke Malaysia Textile Museum. Di sana Anda bisa belajar berbagai hal mengenai kain khas serta menengok langsung cara dan alat pembuatan berbagai kain tradisional. Untuk bisa mengunjungi museum tersebut, Anda akan tidak akan dipungut biaya.

Setiap hari museum dibuka mulai jam 9 pagi hingga 6 malam, kecuali selain hari besar seperti pada saat Idul Adha dan Idul Fitri. Anda dapat memilih untuk mengelilingi museum tersebut dengan memakai jasa pemandu atau sendirian. Museum juga memamerkan kain khas negara lain seperti Indonesia, Thailand, dan India.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hishamuddin, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

8. The Habitat Penang Hill

The Habitat Penang Hill
Image Credit: Google Maps Panupong Yokyongsakul

Apabila Anda berniat untuk mengenalkan alam dan hutan kepada anak, maka Habitat Penang Hill menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Ini merupakan tempat wisata edukatif yang wajib dimasukkan ke dalam daftar liburan Anda. Di sana wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan, panorama laut, dan berbagai macam flora yang mengagumkan.

Ketika datang ke tempat tersebut, maka Anda bisa menaiki wahana yang dinamakan The Canopy Walk. Wahana tersebut akan menawarkan wisatawan untuk merasakan sensasi seperti sedang berjalan di atas udara serta melintasi pepohonan yang sangat rindang. Sedangkan, berbagai wahana lainnya juga ada, misal seperti Fragrance Garden, Butterfly Bank, dan lainnya.

Harga Tiket: RM 55; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Stesen, Bukit Bendera Air Itam, George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

9. Pulau Redang

Pulau Redang
Image Credit: Google Maps Zac

Pulau Redang adalah tempat wisata yang populer untuk kalangan orang yang menggemari olahraga menyelam. Selain mempunyai spot terbaik untuk menyelam, air lautnya pun terbilang jernih sekali. Dari daratan Anda dapat melihat berbagai biota laut yang sangat menggemaskan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Redang, Kuala Terengganu, Trengganu, Malaysia.

10. Gua Batu (Batu Cave)

Gua Batu (Batu Cave)
Image Credit: Google Maps Agilan Nadarajan

Caves adalah tempat wisata sekaligus ikon yang sangat populer di Selangor. Wisata ini adalah tempat suci untuk umat Hindu. Pengelola Gua Batu ini setiap tahun mengadakan festival agama Hindu Thaipusam.

Gua Batu merupakan gua batu kapur yang terbagi menjadi tiga gua utama serta beberapa gua yang kecil. Ketika masuk ke tempat tersebut, Anda akan langsung disambut dengan patung Dewa Murugan yang tingginya sekitar 42 meter dan dilapisi oleh emas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gombak, Batu Caves, Selangor, Malaysia.

11. Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car
Image Credit: Google Maps Rozali Ismail

Langkawi Cable Car akan memberikan sensasi yang seru untuk berkendara memakai gondola yang melayang pada ketinggian sekitar 709 meter di atas permukaan air laut. Selama 20 menit perjalanan, maka Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang khas hutan tropis.

Harga Tiket: RM 30; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Telaga Tujuh, Langkawi, Kedah, Malaysia.

12. Kuil Kek Lok Si

Kuil Kek Lok Si
Image Credit: Google Maps Roberto Lopez Garcia

Daya tarik yang dimiliki oleh Kuil Kek Lok Si ini yaitu bangunan pagodanya yang terbagi atas tujuh lantai. Bahkan, desain pagoda yang ada di sana adalah percampuran dari budaya Burma, Thailand, dan Cina. Di dalam kuil ada 10 ribu patung Buddha yang dibuat dari perunggu dan pualam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tingkat Lembah Ria 1, Air Hitam, Pulau Pinang, Malaysia.

13. Bukit Bintang

Bukit Bintang
Image Credit: Google Maps Umar Naqshbandi

Jika New York mempunyai Time Square, maka Malaysia mempunyai Bukit Bintang. Ini adalah salah satu destinasi wisata belanja yang sering didatangi oleh pengunjung asing maupun lokal. Di sana, ada berbagai pusat perbelanjaan yang tentunya menjual benda murah hingga benda impor yang bermerek. Selain itu, di sana pun terdapat pedagang kaki lima, kafe, dan restoran.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia.

14. Taman Burung KL

Taman Burung KL
Image Credit: Google Maps Bala Krishnan

Taman Burung KL adalah bagian dari tempat wisata Taman Botani Perdana yang lokasinya kisaran 10 menit dari Kota Kuala Lumpur. Anda bisa menyaksikan 3000 ekor burung di Taman Burung KL yang terdiri atas spesies asing maupun lokal. Anda pun dapat berfoto, memberikan makan, maupun menyaksikan proses pengeraman dari telur buatan memakai incubator.

Harga Tiket: RM 25; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cenderawasih, Perdana Botanical Gardens, Kuala Lumpur, Malaysia.

15. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas
Image Credit: Google Maps Lucic Vlade

Menara Kembar Petronas tersebut tercatat pernah dinobatkan sebagai menara paling tinggi di dunia tahun 1998 hingga 2004, dan akhirnya gelar itu sekarang ini dimiliki oleh Burj Khalifa yang terletak di Dubai.

Selain dijadikan untuk markas oleh beberapa perusahaan, ternyata daya tarik lain dari menara yang satu ini yaitu jembatan udara. Nah, jembatan udara ini menghubungkan dua menara yang ada di lantai 41 serta 42.

Harga Tiket: RM 85; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuala Lumpur City Centre, Kuala Lumpur, Malaysia.

16. Sam Poh Tong

Sam Poh Tong
Image Credit: Google Maps Jason PSL

Sam Poh Tong adalah kuil gua alami yang letaknya ada di Gunung Rapat, yaitu kisaran 5 km jaraknya dari Ipoh. Dalam kuil ini ada berbagai patung dewa bagi agama Buddha. Sementara, pada langit-langitnya ada stalagmite dan stalaktit alami yang kecantikannya dapat membuat seluruh wisatawan merasa semakin takjub. Kuil Sam Poh Tong tersebut mulai dibuka dari pukul 9 pagi hingga 6 petang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Gunung Rapat, Ipoh, Perak, Malaysia.

17. Bukit Bendera

Bukit Bendera
Image Credit: Google Maps Muthuraja S

Bukit Bendera adalah kompleks wisata yang ada di dataran tinggi di Penang. Di sana ada berbagai macam tempat menarik yang cantik dan sayang jika terlewatkan saat liburan ke Malaysia.

Mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mengagumkan saat kereta tiba di puncak dari Bukit Bendera. Nah, dari puncak ini Anda dapat menikmati panorama alam sambil menikmati cemilan yang lezat.

Harga Tiket: RM 30; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Bendera, Pulau Penang, Penang, Malaysia.

18. Taiping Zoo

Taiping Zoo
Image Credit: Google Maps Shinolisa Zhang

Taiping Zoo merupakan tempat wisata yang memadukan wisata alam dan wisata edukatif. Taiping Zoo tersebut juga dipakai sebagai tempat yang berguna untuk melindungi dan meneliti satwa. Sekarang ini ada kurang lebih 1.200 fauna dan terdiri dari sekitar 140 spesies. Salah satu program yang sangat menarik di tempat ini yaitu adanya Night Safari.

Untuk harga tiket regular dengan tiket Night Safari pun tergolong sangat berbeda. Program tersebut menyajikan tur untuk mengelilingi kawasan kebun binatang ketika di malam hari. Biasanya tur akan dibuka mulai dari jam 8 hingga 11 malam.

Harga Tiket: RM 20; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Tasik Taiping, Taman Tasik Taiping, Taiping, Perak, Malaysia.

19. Pulau Manukan

Pulau Manukan
Image Credit: Google Maps Giovanni Kim

Pulau Manukan menjadi pulau paling besar nomor dua yang ada di area wisata Taman Tunku Abdul Rahman. Daya tarik yang ada di Pulau Manukan ini yaitu air laut yang sangat jernih.

Wisatawan bisa mengeksplorasi kekayaan alam bawah laut dengan cara snorkeling atau menyelam. Untuk pemberangkatan kapal yang berasal dari Kota Kinabalu menuju ke Pulau Manukan ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai 3 sore.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Manukan, Malaysia.

20. Gurney Drive

Gurney Drive
Image Credit: Facebook I Love Penang

Gurney Drive adalah pusat dari wisata kuliner yang letaknya berada di Penang, Malaysia. Terdapat berbagai macam menu kuliner yang dijual di sana, misalnya saja mulai dari kuliner mancanegara, kuliner lokal, kuliner halal, dan kuliner non-halal.

Apabila dari Bandar Udara Internasional Penang, maka Anda bisa menyewa kendaraan supaya tiba di Gurney Drive. Tempat tersebut akan dibuka mulai dari pagi hari hingga tengah malam, dan bahkan terdapat bebera restoran yang mampu buka hingga 24 jam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penang, Malaysia.

21. Desaru Fruit Farm

Desaru Fruit Farm
Image Credit: Google Maps Ang Chee Yong

Anda harus merasakan sensasi dari memetik buah secara langsung dari pohon dengan mengunjungi Desaru Fruit Farm. Di sana ada berbagai jenis buah khas negara tropis, misalnya saja seperti sirsak, jambu air, nangka, dan durian. Tempat ini adalah rumah untuk 100 jenis buah yang berasal dari 10 spesies yang berbeda.

Harga Tiket: RM 30; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Cemaran, Desaru,Kota Tinggi, Johor, Malaysia.

22. Sri Mahariamman

Sri Mahariamman
Image Credit: Google Maps WenHong Zhuang

Sri Mahariamman adalah situs agama Hindu yang berlokasikan di kawasan Chinatown yang ada di pusat Kuala Lumpur. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan apalagi ketika ada festival agama Hindu. Untuk mengunjungi Kuil Sri Mahariamman ini Anda tidak harus membayar biaya masuk. Pengunjung hanya harus menyewa loker saja guna menyimpan sandal atau sepatu.

Hal tersebut dikarenakan wisatawan dilarang memakai alas kaki saat akan memasuki area dalam kuil. Untuk daya tarik yang ada di sini yaitu pada arsitektur dan bangunannya yang cukup unik. Tempat wisata tersebut setiap hari buka jam 6 pagi hingga 9 malam. Anda bisa menaiki kendaraan umum seperti taksi dan bus untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tun H S Lee, City Centre, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

23. Lake Gardens

Lake Gardens
Image Credit: Google Maps Mackoy Orolfo

Lake Gardens adalah destinasi wisata yang lokasinya sendiri ada di Kuala Lumpur. Destinasi wisata tersebut bisa dijangkau menggunakan berbagai transportasi umum seperti kereta, taksi, dan bus. Komplek taman yang memiliki luas 91 hektar tersebut mempunyai banyak wahana yang seru. Misalnya saja seperti Monumen Nasional, Taman Rusa, dan Taman Kembang Sepatu.

Pengunjung tidak akan dimintai biaya sama sekali apabila ingin masuk ke kawasan wisata Lake Gardens. Pengunjung nantinya juga dapat menyusuri semua kompleks taman hanya dengan jalan kaki maupun mengendarai sepeda. Terdapat tempat penyewaan sepeda di taman tersebut.

Harga Tiket: RM 3; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perdana Botanical Gardens, Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Malaysia.

24. Museum Kesenian Islam Malaysia

Museum Kesenian Islam Malaysia
Image Credit: Google Maps Junior Yeoh

Museum yang satu ini akan dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Untuk berkunjung ke sini maka Anda bisa menaiki taksi mulai dari Kota Kuala Lumpur. Museum ini juga menjadi rumah untuk sejarah peradaban agama Islam di Malaysia dan dunia.

Harga Tiket: RM 14; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lembah, Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

25. Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur
Image Credit: Google Maps Egor G

Hal unik yang dimiliki oleh Menara Kuala Lumpur yakni lantai puncaknya yang dapat berputar sampai 360 derajat. Di puncak menara juga ada restoran yang mewah dan menyajikan menu makanan khas Malaysia. Jika mengunjungi menara tersebut ketika malam hari, maka Anda akan melihat gemerlap lampu perkotaan yang sangat memukau.

Harga Tiket: RM 105; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Punchak Off, Jalan P. Ramlee, Kuala Lumpur, Malaysia.

Nah, itulah beberapa tempat wisata unik dan menarik yang wajib Anda datangi saat berlibur ke Malaysia. Pastikan bahwa Anda mempunyai pengetahuan yang cukup supaya ketika berlibur ke luar negeri, bisa terhindar dari berbagai hal yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published