Melaka adalah satu satu negara bagian di Malaysia yang juga dikenal dengan Melaka Bendaranya Bersejarah. Menjadi kota dengan sejarah tinggi dengan berbagai etnis, budaya, dan adat yang berbaur menjadi satu. Oleh karena itu, pada tahun 2008 UNESCO menyatakan Melaka sebagai World Heritage atau warisan dunia.

Terdapat dua wilayah, pertama adalah Kota Tua di tepi Sungai Melaka dan kedua adalah Kota Baru yang merupakan pemekaran dengan mereklamasi laut. Sebagai tempat yang masuk dalam warisan dunia, kota ini tidak hanya menawarkan bangunan bersejarah dengan beragam budaya saja. Baik wisata alam, wisata modern, juga destinasi lainnya dapat ditemukan.

Melaka hanya dua jam perjalanan saja dari Kuala Lumpur, namun tidak hanya akan cukup jika sekedar mampir. Butuh waktu yang lebih lama untuk menelusuri keindahan dan keunikan wisata-wisata yang penuh dengan histori. Jika berkunjung ke Malaysia untuk berlibur, maka Melaka menjadi salah satu yang harus dikunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata populer di Melaka.

1. Sungai Melaka

Sungai Melaka
Image Credit: Google Maps Muthuraja S

Sungai ini dijuluki oleh pelaut Eropa sebagai Venesia dari Timur. Hal ini karena sungai ini menjadi pelabuhan masuk utama Asia dan Eropa pada akhir abad ke-16. Saat ini, Sungai Malaka menjadi tempat wisata yang populer. Di sungai ini wisatawan dapat menikmati bangunan-bangunan kuno, pemukiman, juga jembatan kuno dengan dekorasi modern menggunakan perahu.

Sungai Melaka juga memiliki beberapa jembatan yang cukup terkenal. Ada Jembatan Tan Bong Seng, Jembatan Hantu Malaka yang menghubungkan Kampung Pantai dengan Kampung Jawa, juga Jembatan Pasar Lama yang menghubungkan Kampung Hulu dengan Pasar Pusat Lama. Menariknya, ada lampu-lampu hias yang sangat indah di sepanjang sungai saat malam hari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malaka, Malaysia

2. Stadthuys in Malacca

Stadthuys in Malacca
Image Credit: Google Maps Anis Sabrina

Berada di tepian sungai, bangunan Belanda mencolok berwarna merah ini menjadi yang tertua di Asia Timur. Kediaman resmi dari gubernur dan pejabat Belanda ini menjadi warisan sejarah yang dibangun sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Wisatawan dapat melihat arsitektur khas kolonial Belanda seperti pintu yang tebal dengan engsel yang terbuat dari besi tempa, jendela bergalur.

Saat ini bangunan inti Stadthuys yang telah direnovasi dialihfungsikan sebagai museum yang berisi adat istiadat dan juga tradisi Malaka. Selain itu koleksi yang ada juga menunjukkan sejarah masa lalu dari masa Kesultanan Melayu, hingga pendudukan dari Portugis, Belanda, dan juga Inggris. Destinasi ini juga memiliki banyak spot foto unik termasuk taman bertuliskan I Love Melaka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

3. Museum Baba Nyonya

Museum Baba Nyonya
Image Credit: Google Maps Muhamad Saifuldin

Ada banyak pedagang dari China yang bermukim dan menetap di Selat Malaka. Pedagang dari China ini juga banyak yang menikah dengan masyarakat lokal dan disebut dengan Baba. Para pedagang ini juga banyak yang berhasil dan memiliki kekayaan. Museum Baba Nyonya merupakan potret keberhasilan pedagang China tersebut yang membangun hunian bergaya victorian yang megah.

Museum ini sendiri mulai didirikan pada tahun 1896, merupakan tiga rumah yang dijadikan satu kemudian dipugar hingga menyerupai bangunan bergaya China Peranakan pada abad ke-19. Dekorasinya merupakan paduan Barat dan Timur. Dapat dilihat dari lantainya yang merupakan tradisional China, ukiran pintu dan jendela, juga furnitur-furnitur lainnya.

Harga Tiket: RM 16; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tun Tan Cheng Lock, Melaka, Malaysia.

4. Kuil Cheng Hoon Teng

Kuil Cheng Hoon Teng
Image Credit: Google Maps Kok zi hao

Kuil Cheng Hoon Teng merupakan bangunan yang terkenal dan populer di Melaka sehingga menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi. Kuil ini sendiri berada tidak jauh dari Jonker Street yang juga sangat terkenal, dibangun oleh Kapten Li yang merupakan menantu dari kapten kedua Malaka sebagai rasa terima kasih atas kemakmuran keluarganya.

Bangunan ini dibangun dengan bahan-bahan bangunan yang didatangkan langsung dari China. Bahkan pekerjanya juga dari China. Oleh karena itulah Kuil Cheng Hoon Teng sangat kental dengan unsur-unsur budaya China. Di kuil ini, tepatnya pada aula utama untuk sembahyang terdapat patung besar dengan jubah merah yang dipersembahkan untuk Dewi Kwan Im.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tokong, Kampung Dua, Melaka, Malaysia.

5. Melaka Jonker Street

Melaka Jonker Street
Image Credit: Google Maps Mila J

Salah satu wisata belanja yang sangat populer adalah Jonker Street yang merupakan kawasan pecinan dengan pusat perbelanjaan terluas. Semua yang wisatawan butuhkan jika berada di Malaysia, ada di Jonker Street.

Awalnya kawasan ini hanya terkenal dengan toko barang antik, kini menjadi pusat kerajinan, baju, juga sentra makanan setelah banyaknya wisatawan yang datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Jebat, Melaka, Malaysia.

6. Dataran Melaka

Dataran Melaka
Image Credit: Google Maps Agus PD

Dataran Melaka merupakan pusat perbelanjaan selanjutnya yang juga menarik untuk dikunjungi. Pusat perbelanjaan ini sangat besar dan menawarkan berbagai brand yang terkenal.

Selain itu ada juga restoran dan café untuk bersantai dan mengisi perut. Dengan mengusung konsep one stop stopping, destinasi ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

7. Benteng A’Famosa

Benteng A’Famosa
Image Credit: Google Maps Greg Cornfield

A’Famosa hanyalah reruntuhan benteng yang saat ini hanya berupa rumah jaga berwarna putih yang diawetkan. Letaknya ada di bawah bukit Gereja St. Paul. Padahal pada tahun 1511, A’Famosa berada di sepanjang lereng bukit, kini yang tersisa hanya gerbang Porta de Santiago.

Benteng ini juga merupakan salah satu peninggalan dengan arsitektur Eropa tertua yang tidak jauh daru Istana Sultan. Benteng ini dilengkapi dengan 2 meriam tembak yang ada di bagian depan. Meriam ini menjadi spot yang banyak menarik wisatawan sebagai latar foto.

Selain itu, bangunan ini juga tampak antik karena dindingnya terbuat dari batu bata muai yang sudah memudar warnanya. Karena tampak kuno sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parameswara, Bandar Hilir, Alor Gajah, Melaka, Malaysia.

8. Museum Bahari Melaka

Museum Bahari Melaka
Image Credit: Google Maps Suhaimi Yusof

Museum Bahari Melaka merupakan replika dari kapal Portugis bernama Flor de la Mar. museum yang sudah dibuka untuk umum sejak 1994 ini menyimpan berbagai arsip dan catatan akan peran dari kota ini yang menjadi pusat bisnis baik regional maupun internasional. Selain itu, ada juga banyak wawasan sejarah Melaka yang lain.

Didominasi dengan tangga berbentuk spiral, museum ini menjadi tampak indah. Pengunjung juga dapat melihat koleksi tekstil, sutra, porselen, hingga rempah-rempah yang dibawa masuk para pedagang yang berasal dari Arab, India, dan juga China. Museum dengan tinggi 34 meter ini juga sangat unik tiang kapal yang menjulang tampak seperti akan membawa wisatawan berlayar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Bandar Hilir, Malacca, Malaysia.

9. Istana Kesultanan Melaka

Istana Kesultanan Melaka
Image Credit: Instagram malaysianheritagetour

Istana Kesultanan merupakan sebuah museum yang menyimpan foto artefak, juga gambar-gambar yang menunjukkan warisan budaya Melayu dan sejarah dari Kesultanan Melayu.

Istana ini juga sangat unik karena dibangun tanpa menggunakan paku. Istana ini hanya disangga dengan kayu-kayu berukir dengan atap yang terbuat dari tembaga dan seng.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kota, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

10. Menara Taming Sari

Menara Taming Sari
Image Credit: Instagram Melaka Hari Ini

Menara ini sangat unik karena bangunannya berbentuk seperti keris dengan puncak sebagai gagangnya. Di atas menara, wisatawan dapat melihat pemandangan kota dari ketinggian hingga 360 derajat.

Ada sesi-sesi untuk dapat ke puncak, setiap sesi hanya terdiri dari 80 orang. Dari atas ketinggian, wisatawan juga bisa melihat Sungai Melaka yang mengalir hingga Selat Melaka.

Harga Tiket: RM 23; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

11. Gereja Santo Paulus

Gereja Santo Paulus
Image Credit: Google Maps Joo Seng Cheng

Gereja yang didirikan pada tahun 1521 dan menjadi yang tertua di Melaka. Terdapat patung St. Francis Xavier yang terbuat dari marmer sebagai bentuk penghormatan.

Gereja ini sendiri dibangun oleh pemerintahan Portugis. Letaknya di Bukit St. Paul sehingga menawarkan keindahan alam yang sangat mengesankan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kota, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.

12. Christ Church Melaka

Christ Church Melaka
Image Credit: Instagram FOOD and TRAVEL CHANNEL (VLOG)

Destinasi wisata satu ini sangat kental dengan arsitektur bergaya Eropa dengan dinding yang tebal. Catnya berwarna merah dan terlihat sangat mencolok.

Bangunannya tampak megah ditambah dengan tiang-tiang tinggi. Gereja ini sendiri dibangun oleh Belanda 1753, lokasinya ada di samping destinasi wisata Stadthuys.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gereja, Bandar Hilir, Malacca, Malaysia.

13. Museum Cheng Ho

Museum Cheng Ho
Image Credit: Google Maps hendry tano

Laksamana Cheng Ho tentu sudah tidak asing di telinga. Menurut sejarah, Laksamana Cheng Ho sudah beberapa kali mengunjungi Malaka dalam perjalanannya ke Samudra Barat seperti Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, hingga Samudra Hindia.

Di museum ini wisatawan dapat melihat benda peninggalan Laksamana Cheng Ho, juga miniatur banyaknya armada kapal yang dia pimpin.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muzium Budaya Cheng Ho, 51, Lorong Hang Jebat, Malacca, Malaysia.

14. Melaka Staraits Mosque

Melaka Staraits Mosque
Image Credit: Instagram Places Malaysia

Masjid yang diresmikan pada tahun 2006 ini berada di pusat kota. Masjid ini merupakan destinasi wisata religi yang cukup banyak dikunjungi.

Masjid ini sangat unik karena berdiri di pinggir sebuah danau buatan. Masjid dengan bangunan yang sangat megah ini juga dirancang dengan teknologi yang canggih sehingga tampak seperti mengapung di atas air.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Melaka 8, Melaka, Malaysia.

15. Pantai Klebang

Pantai Klebang
Image Credit: Google Maps zulfiarman ali amran

Pantai ini menjadi destinasi wisata alam yang harus dikunjungi jika berada di Melaka. Lokasinya tidak jauh dari Tanjung Kling. Pantai ini banyak digunakan wisatawan sebagai tempat untuk bermain layang-layang. Tidak heran jika ada banyak penjual layangan di sana. Selain bermain layang-layang, pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati buah kelapa di gazebo pinggir pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Melaka, Malaka, Malaysia.

Melaka merupakan salah satu yang harus dikunjungi jika berada di Malaysia. Perlu mempersiapkan fisik yang prima dan waktu yang cukup jika datang ke kota yang memiliki sejarah yang tinggi tersebut agar dapat berkeliling di sudut-sudut kota sepuasnya. Tempat wisata menarik di Melaka akan memberikan pengalaman dan wawasan baru dalam perjalanan liburan yang menyenangkan.