Seperti layaknya Malaysia, Negara Singapura juga memiliki letak geografis yang bersebelahan dengan Indonesia. Berdiri di sebuah pulau dekat Semenanjung Malaya sebelah Selatan, membuat negara berjulukan Negeri Singa ini menjadi salah satu Negara perdagangan.

Letaknya yang strategis membuat para pedagang dari seluruh dunia datang berbondong-bondong ke Singapura. Hal tersebut yang menjadikan negara ini pada kemudian hari memiliki penduduk dengan berbagai Etnis.

Selain predikat sebagai negara perdagangan dan juga negara maju, Singapura juga menyimpan berbagai keindahan yang dapat membuat wisatawan merasa takjub saat berkunjung. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata hits yang menarik dikunjungi di Singapura.

1. Patung Merlion Sebagai Lambang Singapura

Patung Merlion Sebagai Lambang Singapura
Image Credit: Google Maps Cakerolleverything

Patung Merlion yang terletak di muara sungai Singapura ini sudah melekat pada negara ini sendiri. Jika berbicara tentang Singapura, sudah pasti tidak terlepas dengan patung ikonik ini.

Dalam bahasa Indonesia, patung ini memiliki makna putri duyung atau makhluk mitologi yang biasa hidup di daerah laut dan perairan. Makna ini tentu sejalan dengan letak Negara Singapura yang berada tepat di sekitar laut.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke patung Merlion untuk berfoto, pastikan terlebih dahulu hari yang tepat. Misalnya ketika akhir pekan, lampu tumblr dari sekitar patung akan dinyalakan oleh pihak pengelola untuk menambah keindahan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fullerton Rd, Singapura.

2. Bianglala di Singapura

Bianglala di Singapura
Image Credit: Google Maps Arunkumar S

Jika pengunjung ingin datang dan menikmati keindahan Singapura dari panorama yang tinggi, maka Bianglala adalah wahana yang tepat. Memiliki tinggi sekitar 165 meter, pengunjung dapat melihat keadaan dari ibukota Singapura dengan jelas.

Wahana ini beroperasi pada jam-jam tertentu, dan pengelola mewajibkan pengunjung untuk menaati peraturan tinggi badan. Hal ini dimaksudkan agar ketika sedang menaiki bianglala, pengunjung dapat merasa lebih aman.

Saat malam hari, panorama dari atas bianglala memiliki pemandangan yang sangat indah. Kerlap kerlip lampu jalanan, gedung, dan juga sorot dari pijar kendaraan yang melintas dapat menumbuhkan kesan melankolis tersendiri.

Harga Tiket: SGD 33; Map: Cek Lokasi
Alamat: Raffles Ave, Singapura.

3. Jalanan Sekitar Orchad

Jalanan Sekitar Orchad
Image Credit: Google Maps Chlotus L.

Berada di sebuah distrik yang sering digunakan oleh masyarakat lokal untuk menjual berbagai macam keperluan. Jalanan Orchad terkenal sebagai sebuah daerah perbelanjaan.

Pengunjung bisa membeli berbagai cinderemata dan juga makanan khas Singapura di daerah ini. Tempat ini buka dari pagi hingga larut malam, dan biasanya baru tutup setelah pukul 1 dini hari.

Terdapat banyak toko yang menjual berbagai macam jenis oleh-oleh, juga toko yang menyediakan jasa seperti foto untuk pengunjung. Kursi di daerah ini juga ditata sedemikian rupa, sehingga dapat meninggalkan kesan rapi dan indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Orchard Road, Singapura.

4. Pulau Buatan Marina

Pulau Buatan Marina
Image Credit: Google Maps C.H. Lin

Wahana ini buka pada tahun 2010 dan memiliki berbagai keindahan seperti hotel, tempat spa, dan juga resort. Ada pula toko yang berjejer rapi pada tiap lantai guna memenuhi keinginan pengunjung yang ingin berbelanja.

Pemandangan dari sekitar pantai pada siang dan malam hari, serta kemewahan dari pulau buatan tentu dapat pengunjung jadikan tujuan utama kala berkunjung. Selain itu, fasilitas lain dari Marina ini tak main-main.

Banyak sudut hiburan seperti bioskop dan juga tempat bermain ada di daerah ini. Pengunjung tidak akan merasa kecewa saat datang ke tempat yang pernah didapuk sebagai tempat paling megah se-Asia Tenggara ini.

Harga Tiket: SGD 23; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marina, Boulevard Singapura.

5. Bersafari Ria Pada Malam Hari

Bersafari Ria Pada Malam Hari
Image Credit: Google Maps K FC

Tajuk yang diangkat oleh tempat ini adalah wisata alam pada malam hari. Pengunjung dapat menikmati keindahan tempat ini setelah matahari bergulir ke arah barat.

Pihak pengelola memberitahu jika tempat ini sengaja dibuka hanya pada malam hari guna membuat pengalaman pengunjung jadi semakin mantap. Juga untuk membedakan tempat ini dari tempat wisata yang lain.

Langkah pengelola ini tentu menjadi tepat, karena terbukti tiap tahun ada 1 juta lebih wisatawan yang datang. Dibuka sejak tahun 1984, safari malam hari memiliki sejarah yang begitu panjang.

Harga Tiket: SGD 35; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mandai Lake Road, Singapura.

6. Pulau Sentosa Nan Indah

Pulau Sentosa Nan Indah
Image Credit: Google Maps Vladimir Iliev

Daya tarik yang dimiliki oleh tempat ini adalah rindangnya pepohonan yang mengelilingi. Selain itu juga terdapat banyak wahana seperti kereta gantung yang siap memanjakan pengunjung.

Mirip seperti bianglala Singapura, di tempat ini pengunjung juga bisa melihat pemandangan dari atas kereta gantung. Panorama yang tersaji dari atas tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan bagian bawah.

Oleh karena itu, Sentosa juga menjadi salah satu tempat yang sering didatangi oleh banyak pengunjung. Sebab tempat ini menyimpan banyak keindahan tersendiri baik kala siang maupun malam hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentosa Island, Singapura.

7. Pusat Seni Esplanade

Pusat Seni Esplanade
Image Credit: Google Maps Shreenivas Joshi

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan gedung dengan pementasan seni khas Singapura yang memiliki banyak tipe pertunjukan. Pengunjung bisa menonton berbagai atraksi mulai dari tradisional hingga modern.

Memiliki bentuk bangunan mirip seperti buah durian, maka gedung ini sering disebut sebagai gedung durian. Hal tersebut berkaitan dengan budaya di Singapura yang memiliki budaya multikultural.

Pada hari tertentu, pengunjung dapat menonton pertunjukan teater yang berasal dari judul terkenal. Pengunjung juga dapat melihat lukisan hasil karya seniman di pajang pada bagian dinding.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Esplanade Dr, Singapura.

8. Universal Studio di Singapura

Universal Studio di Singapura
Image Credit: Google Maps Hai Lee

Pengunjung tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata yang hits di Singapura ini, karena berasal dari rumah produksi yang begitu terkenal. Berbagai wahana yang ada di kawasan Universal diambil dari judul-judul film yang pernah mereka publikasikan.

Pengunjung dapat bermain wahana permainan air ala bajak laut, dan juga berfoto ria bersama diorama robot yang tinggi. Menariknya, tempat ini juga menyediakan wahana khusus bagi pengunjung yang masih berusia balita.

Tentu saja hal tersebut dapat membuat orang tua merasa aman untuk menitipkan anak ke wahana khusus. Juga agar para orang tua bisa lebih menikmati waktu bersama dan bermain di wahana lain.

Harga Tiket: SGD 74; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentosa Gateway, Singapura.

9. Kawasan Jalan Bugis

Kawasan Jalan Bugis
Image Credit: Google Maps Elshia Dianita

Untuk pengunjung yang ingin menikmati pengalaman mendapatkan barang murah dari area pasar. Maka kawasan ini wajib untuk pengunjung datangi saat berada di Singapura.

Karena jalanan Bugis sudah terkenal di kalangan wisatawan sebagai area yang menjual berbagai kebutuhan dengan harga miring. Pengunjung dapat menemukan berbagai cinderamata lucu, dan juga bentuk oleh-oleh lain untuk pengunjung bawa pulang.

Kawasan ini dahulu diramaikan oleh pendatang yang kemudian menetap dan membangun rumah. Lalu pada kemudian hari, daerah Jalan Bugis semakin ramai dipadati baik oleh masyarakat lokal maupun pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: New Bugis Street, Singapura.

10. Kawasan Gardens By the Bay

Gardens By the Bay
Image Credit: Google Maps Shane

Terdiri atas 3 taman utama yang berjejer rapi dan membentuk satu kesatuan. Pengunjung dapat merasakan pengalaman berbeda saat datang ke masing-masing taman.

Tanaman yang hidup pada area taman selalu dijaga oleh pengelola dengan sedemikian rupa. Sehingga membuat pengunjung yang datang bisa semakin merasa nyaman dan tenang.

Ketiga area taman terhubung ke laut dan memiliki pemandangan ciamik khusus untuk pengunjung. Tempat duduk dan juga berbagai jenis bunga yang hidup di sekitar taman tentu dapat menambah kesan indah.

Harga Tiket: SGD 28; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marina Gardens Dr, Singapura.

11. Daerah Sungai Singapura

Daerah Sungai Singapura
Image Credit: Google Maps Holger Bauer

Jika sebelumnya pengunjung dapat menikmati keindahan patung Merlion yang berada tepat di depan sungai. Maka ke arah seberang, pengunjung dapat melihat panorama dari sungai yang mengalir.

Tempat ini ramai di datangi oleh para wisatawan, sebab pengunjung bisa menaiki kapal untuk berkeliling. Pengunjung bisa menyewa kapal wisata yang disediakan oleh pengelola wahana guna memandang Singapura dari arah sungai.

Selain itu, ada pula pemandu wisata yang siap menjelaskan perilah sejarah Singapura. Juga penjelasan detail mengenai bagaimana aliran sungai menjadi amat penting bagi masyarakat yang tinggal di Negeri Singa ini.

Harga Tiket: SGD 24; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singapore River, Singapura.

12. Jembatan Helix yang Unik

Jembatan Helix yang Unik
Image Credit: Google Maps Chi Lung Chang

Pengalaman yang dapat pengunjung dapatkan saat berkunjung ke jembatan ini adalah keunikan bentuk dari jembatan Helix. Memiliki desain seperti DNA makhluk hidup, ditambah cahaya dari lampu remang-remang merupakan keindahan tersendiri.

Pada siang hari, jembatan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati makanan khas Singapura sembari menatap pemandangan dari jembatan. Sedangkan pada malam hari, tempat ini disulap menjadi kawasan wisata penuh warna.

Ketika akhir pekan, jembatan Helix akan ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Hal tersebut bisa terjadi karena jembatan ini terletak di antara ramainya ibukota.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Helix Bridge, Singapore

13. Kebun Binatang Singapura

Kebun Binatang Singapura
Image Credit: Google Maps Irina Kozienko

Untuk pengunjung yang ingin menikmati wisata edukasi atau mengenalkan jenis hewan kepada anak. Maka tempat ini adalah wahana yang cocok untuk pengunjung datangi.

Memiliki banyak koleksi satwa, mulai dari hewan endemik hingga hewan langka nan eksotis. Tentu membuat tempat wisata edukasi ini jadi semakin bagus.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengelilingi kebun binatang menggunakan kendaraan yang disediakan oleh pengelola. Pengunjung juga bisa menaiki kendaraan pribadi untuk memberi makan hewan yang ada di sekitar kebun binatang.

Harga Tiket: SGD 29; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mandai Lake Rd, Singapura.

14. Kuil Buddha Tooth Relic

Kuil Buddha Tooth Relic
Image Credit: Google Maps Manuele G Muraro

Sebagai negara dengan banyak suku, etnis, dan juga perpaduan dari berbagai kepercayaan. Tentunya Singapura juga memiliki kawasan wisata dengan bentuk bangunan ibadah.

Salah satunya adalah kuil Buddha yang ada di pusat kota dan telah ada sejak tahun 1982. Pengunjung dapat melakukan wisata religi di daerah kuil secara gratis tanpa biaya.

Keindahan dan ketenangan dari kuil ini adalah sesuatu yang patut diunggulkan. Bagaimana tidak, sebab kuil ini sendiri di bangun pada daerah yang ramai namun kondusif dan menenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: South Bridge Rd, Singapore.

15. Kawasan Kebun Botani

Kawasan Kebun Botani
Image Credit: Google Maps Chin Guan Tan

Tempat ini jadi ramai dikunjungi oleh wisatawan karena selain menyimpan keindahan dengan koleksi 6000 lebih jenis flora. Juga karena tidak ada biaya sama sekali untuk bisa masuk ke dalam area kebun.

Pengunjung dapat dengan bebas melakukan banyak kegiatan di kawasan kebun botan. Pengunjung juga bisa bersantai atau melepas penat dari kehidupan urban yang ramai.

Tempat ini buka sepanjang hari dan tidak tutup kecuali saat ada perawatan bunga. Biasanya pengelola akan memilih hari tertentu tiap 1 kali dalam sebulan guna merawat tanaman dan bunga yang tumbuh di sekitar kebun.

Harga Tiket: SGD 6; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cluny Rd, Singapore.

16. Kawasan Museum Peradaban

Kawasan Museum Peradaban
Image Credit: Google Maps Hai Nguyen

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan dari museum serta ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah Asia. Maka pengunjung bisa datang ke museum ini.

Memiliki banyak koleksi tentang peradaban Asia dan juga bagaimana masyarakat didalamnya berkembang. Pengunjung akan dibawa kembali untuk napak tilas perjalanan hingga sampai ke tahap ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Empress Pl, Singapore.

17. Taman Jurong Penuh Burung

Taman Jurong Penuh Burung
Image Credit: Google Maps Rezeki

Untuk pengunjung yang ingin mengetahui tentang berbagai jenis burung endemik atau burung yang menghuni kawasan tertentu. Kawasan taman Jurong bisa memberikan pengunjung pengalaman baru.

Koleksi burung yang ada di taman ini sangat bervariasi. Lebih dari itu, pengunjung juga dapat menemukan jenis burung dari yang umum hingga yang langka sekalipun.

Harga Tiket: SGD 31; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jurong Hill, Singapore.

18. Jembatan Henderson

Jembatan Henderson
Image Credit: Google Maps Md Jakir Hossain

Memiliki nama unik seperti panggilan untuk warga Eropa, jembatan kayu ini sangat hits di kalangan anak muda Singapura. Hal tersebut tak lain adalah karena bentuk unik dari jembatan.

Desain futuristik yang diusung jembatan ini nyatanya mampu menarik banyak kalangan. Terutama kalangan anak muda pecinta seni kontemporer.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Henderson Road, Singapura.

19. Daerah India Kecil

Daerah India Kecil
Image Credit: Google Maps Alan26978

Singapura mempunyai satu daerah yang didalamnya hidup masyarakat pendatang dari India. Tempat ini begitu menarik untuk dikunjungi karena makanan khasnya.

Pengunjung dapat menikmati kelezatan makanan India yang tidak tersedia di daerah lain. Juga karena tempat ini menjual berbagai barang dan cinderamata khas India.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Timah Road, Singapura.

20. Kawasan Kota Pecinan

Kawasan Kota Pecinan
Image Credit: Google Maps Zhou Dong

Selain daerah yang memiliki banyak pemukiman warga pendatang dari India. Ada pula kawasan yang bernama pecinan di Singapura.

Sama seperti India kecil, daerah pecinan juga menyimpan keindahan tersendiri. Diantaranya adalah budaya khas yang masih kental, dan juga makanan nikmat yang dapat pengunjung coba sewaktu-waktu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: New Bridge Rd, Singapore.

21. Bukit Hijau Faber

Bukit Hijau Faber
Image Credit: Google Maps Piotr Snarski

Tempat yang berada 105 meter di atas ketinggian air laut ini menjadi tujuan wisata oleh banyak warga lokal. Hal tersebut bisa terjadi karena pemandangan dari atas bukit yang indah.

Pengunjung bisa melihat sekilas keseluruhan Singapura dari atas bukit. Tanaman dan rumput yang tertata rapi dan hijau juga bisa membuat pengunjung semakin terpikat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Telok Blangah Rd, Singapura.

22. Kawasan Ubin

Kawasan Ubin
Image Credit: Google Maps Hervé Caux

Ubin adalah sebuah nama pulau di penghujung Singapura yang dijadikan tempat menikmati senja dan makanan laut oleh banyak wisatawan. Pulau ini memiliki nama khusus yaitu tempat penghujung.

Makna dari kata tersebut adalah tempat ini seringkali dijadikan sebagai tujuan akhir tempat wisata oleh kebanyakan pengunjung. Juga karena pulau ini berbatasan langsung dengan beberapa pulau lain di seberangnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Island Ubin, Singapore.

23. Tempat Belanja Vivocity

Tempat Belanja Vivocity
Image Credit: Google Maps Allan Llegado

Seperti namanya, mal ini sejak pertama kali dibangun telah berhasil menarik minat banyak pengunjung untuk datang. Sebab keadaan di dalam mal terlihat begitu modern dan futuristik.

Sponsor utama dari mal ini adalah pabrikan Vivo. Hal tersebut membuat sudut dari berbagai ruangan yang ada kental dengan nuansa ala gadget Vivo serta perangkat keras keluaran pabrikan tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: HarbourFront Walk, Singapura.

24. Museum Tussauds

Museum Tussauds
Image Credit: Google Maps Lawrence Ang

Nama museum Tussauds sendiri belakangan jadi sering diperbincangkan pada banyak media sosial. Sebab museum ini memiliki koleksi patung dari berbagai tokoh penting di dunia, termasuk dari Indonesia.

Museum Tussauds mempunyai banyak koleksi patung dan gambar dari para tokoh terkenal. Pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas seperti berfoto dan juga mempelajari biografi sang tokoh.

Harga Tiket: SGD 32; Map: Cek Lokasi
Alamat: Imbiah Rd, Sentosa, Singapura.

25. Akuarium Raksasa Marine Park

Akuarium Raksasa Marine Park
Image Credit: Google Maps Rohit Bhargava

Bagi pengunjung yang ingin melihat dari dekat tentang kehidupan biota laut dan juga ekosistem yang hidup di bawah air. Pengunjung dapat mengunjungi salah satu akuarium terbesar di Singapura ini.

Keindahan bawah laut akan langsung terpampang nyata saat pengunjung masuk ke dalam area akuarium. Memiliki banyak koleksi hewan laut dan juga tumbuhan seperti karang dan jenis gangga, tempat ini juga bisa menjadi wisata edukasi.

Harga Tiket: SGD 40; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentosa Gateway, Singapore.

Panorama yang tersaji dari dalam akuarium juga tidak main-main. Pengunjung akan merasa benar-benar pergi ke bawah laut, karena di dalam akuarium sengaja dibangun bangkai kapal yang meniru desain dari kapal laut asli.

Singapura merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dijelajahi wisatawan saat musim liburan. Keindahan Singapura tidak hanya terletak pada bangunan, namun juga panorama alam nan asri dan menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published