Timor Leste sangat menarik menjadi salah destinasi untuk menghabiskan waktu liburan. Letaknya tidak jauh dari Indonesia karena tidak hanya berbatasan darat saja, namun juga pernah menjadi salah satu bagian dari Indonesia. Kini Timor Leste sudah mulai populer sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berlibur di tempat-tempat yang memang layak dikunjungi.

Objek wisata di negara berjulukan Bumi Loro Sae sangat beragam. Terdapat Destinasi wisata alam dari gunung, pantai, hingga danau yang menawarkan keindahannya, juga destinasi wisata dengan sejarah maupun budaya yang kental. Situs-situs religi juga banyak ditemukan dan merupakan simbol dari sejarah pada masa lalu, terutama situs Katolik Roma sebagai agama mayoritas.

Di bawah ini merupakan daftar rekomendasi tempat wisata yang dapat dipilih jika berkunjung ke Timor Leste. Selain memiliki ciri khas tersendiri, destinasi wisata berikut juga sangat populer dan memiliki banyak kunjungan dari wisatawan. Karena kepopulerannya, destinasi-destinasi berikut tidak boleh terlewatkan jika berlibur ke negara yang berbatasan dengan Nusa Tenggara Timur ini.

1. Cristo Rei

Cristo Rei
Image Credit: Google Maps Marcelino T.putra

Cristo Rei merupakan destinasi yang sangat populer di Timor Leste. Destinasi wisata ini sendiri merupakan situs religi berupa patung Yesus dengan tinggi hingga 27 meter. Wisatawan memang harus mengeluarkan tenaga untuk menaiki ratusan anak tangga mencapai puncak. Namun, lelah akan terbayar dengan pemandangan indah hamparan laut dan lepas pantai Semenanjung Fatucama.

Sejarahnya, situs religi ini merupakan hadiah dari Pemerintah Indonesia untuk Timor Leste yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Katolik Roma. Patung Yesus ini sendiri dihadiahkan pada tahun 1996 ketika Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia. Saat ini, Cristo Rei menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Timor Leste.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dili, Timor Leste.

2. Air Panas Marobo

Air Panas Marobo
Image Credit: Google Maps Deswindo Arief

Pemandian Air Panas Marobo merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di Timor Leste. Pemandian ini sendiri berada di Maliana yang terletak di ujung barat Timor Leste. Dari Dili, lama perjalanan kurang lebih 4 jam. Selama perjalanan, hamparan sawah dan pepohonan yang rimbun akan menemani sehingga tidak akan terasa lelah.

Air panas Marobo sendiri memiliki tiga kolam renang dengan warna yang berbeda. Kolam berwarna biru merupakan kolam dengan air panas yang airnya turun langsung dari gunung. Kolam ini sangat nyaman untuk berendam. Kolam berwarna putih berisi air dingin yang bercampur kapur. Sementara kolam hijau juga memiliki air panas dengan suhu yang cocok untuk berendam berlama-lama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bobonaro, Timor Leste.

3. Pulau Atauro

Pulau Atauro
Image Credit: Twitter TOD(Alin Atodiresei)

Pulau Atauro juga menjadi yang populer sebagai destinasi wisata di Timor Leste. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Dili.

Pulau ini juga memiliki banyak daya tarik, salah satunya adalah biota laut yang cukup beragam sehingga banyak penyelam yang betah menghabiskan waktu menikmati keindahan alam bawah laut. Air laut di pulau ini juga sangat jernih sehingga terumbu karang terlihat dari permukaan air.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Atauro Island, Timor Leste.

4. Gunung Ramelau

Gunung Ramelau
Image Credit: Google Maps Colin Trainor

Gunung Ramelau memiliki ketinggian hingga 2986 mdpl dan menjadi daratan paling tinggi di Timor Leste. Di puncaknya, wisatawan dapat melihat sunrise maupun sunset dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan sulit untuk dilupakan. Dari atas gunung ini, wisatawan akan bukit-bukit yang berselimut awan sebelum kemudian tersibak oleh sinar matahari.

Mendaki Gunung Ramelau dapat dimulai dari Desa Hatubuilico yang berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari Dili. Sesampainya di puncak, wisatawan akan menemukan patung Virgin Mary setinggi 3 meter yang biasa digunakan untuk memanjatkan doa. Di hari-hari besar umat Katolik, kawasan ini juga akan sangat ramai oleh para peziarah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dili, Timor Leste.

5. Selat Wetar

Selat Wetar
Image Credit: Facebook Backpacker Indonesia

Selat Wetar menjadi rute migrasi lumba-lumba dan paus pada bulan Oktober hingga Desember. Dengan pemandangan yang indah, wisatawan juga dapat melihat dan mengambil gambar lumba-lumba yang berenang bebas di lautan juga beragam hewan laut dan beberapa jenis paus. Tidak heran jika saat ini, Selat Wetar banyak dilirik oleh wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selat Wetar, Timor Leste.

6. Taman Nasional Nino Konis

Taman Nasional Nino Konis
Image Credit: Google Maps Xittu Moko

Taman Nasional Nino Konis memiliki luas hingga 1236 kilometer. Taman Nasional ini juga menjadi rumah bagi beragam spesies burung langka, kurang lebih berjumlah 200 burung yang unik dan cantik. Taman Nasional ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan akam dan fauna, di dalamnya juga terdapat situs bangunan yang sakral dan bersejarah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tutuala, Lautem District, Timor Leste.

7. Pulau Jaco

Pulau Jaco
Image Credit: Google Maps Josep M Gracia

Pulau Jaco menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan Raja Ampat dan menjadi andalan destinasi wisata di Timor Leste. Pulau dengan luas 11 kilometer ini tidak berpenghuni sehingga bersih dari sampah. Karena tidak banyak campur tangan manusia, pulau ini masih sangat alami dan kelestariannya masih terjaga dengan baik.

Perjalanan untuk menuju Pulau Jaco memakan waktu yang lama dan cukup melelahkan, namun sepadan dengan pemandangan alam yang indah dari pulau yang eksotis ini. Air lautnya juga sangat jernih sehingga wisatawan dapat menghabiskan waktu yang lama untuk menikmatinya. Tidak heran jika pulau ini menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jaco Island, Timor Leste.

8. Bukit Tasi Tolu

Bukit Tasi Tolu
Image Credit: Facebook Steven Arsenal

Bukit Tasi Tolu menawarkan danau yang memiliki warna kemerahan di waktu-waktu tertentu karena adanya alga atau ganggang merah. Pemandangan di danau ini juga sangat indah. Selain itu terdapat juga patung Paus Paulus Yohanes II sebagai penghormatan atas kunjungan beliau tahun 1989.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dom Aleixa, Dili, Timor Leste.

9. Penjara Ai Pelo

Penjara Ai Pelo
Image Credit: Google Maps Pedro Catarino

Penjara Ai Pelo merupakan peninggalan dari penjajah Portugis. Tidak lagi menjadi tempat penjara setelah rusak akibat banjir, puing-puing bangunan ini kini menjadi destinasi wisata yang menarik. Waktu terbaik untuk datang ke destinasi wisata ini adalah saat sore hari di mana sinar matahari masuk ke celah-celah bangunan sehingga membuatnya tampak syahdu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suco Lauhata, Liquica, Timor Leste.

10. Pemakaman Santa Cruz

Pemakaman Santa Cruz
Image Credit: Google Maps Ra Otw

Berada di pusat Kota Dili, pemakaman ini menjadi saksi perjuangan pada peristiwa yang terjadi pada 12 November 1991 yang menjadi awal Timor Leste berdiri sendiri. Meskipun sebuah pemakaman, namun kawasan ini tidak menyeramkan. Justru properti yang digunakan berwarna-warni dan tampak meriah. Destinasi wisata ini juga memberikan pelajaran tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Santa Cruz, Díli, Timor Leste.

11. Pasar Tais

Pasar Tais
Image Credit: Google Maps Mariko Honda

Kain Tais merupakan khas dari Timor Leste yang memiliki warna yang beragam dan filosofi tinggi. Pada masa lalu, setiap corak menunjukkan status sosial. Kini, kain tais menjadi oleh-oleh khas dari Timor Leste. Untuk membelinya, wisatawan dapat mengunjungi Pasar Tais yang juga menjual berbagai produk kain tais seperti tas, pakaian, selendang, dan lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dili, Timor Leste.

12. Baucau

Baucau
Image Credit: Google Maps Silvio Casagrande

Baucau berada di sebelah timur Dili dengan kota tua uang memiliki udara sejuk. Hal ini karena bangunan kolonial yang ada ada di sana memiliki pohon beringin dengan ukuran yang sangat besar. Selain itu, ada juga kolam renang yang dialiri mata air alami dan sangat jernih. Kolam renang ini berusia cukup tua.

Pusat kota terbesar kedua yang ada di Timor Leste ini juga terdapat bangunan bernama Pousada de Baucau yang berwarna merah muda flamboyan. Bangunan ini menghadap langsung ke pusat kota. Jika turun ke laut, cukup berkendara sebentar dari Baucau ini, wisatawan akan sampai di desa nelayan kecil dengan garis pantai pasir putih yang indah dan juga teluk berbatu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baucau, Timor Leste.

13. Maubisse

Maubisse
Image Credit: Google Maps Herculano Soares

Maubisse berada di atas bukit dengan ketinggian 1400 mdpl yang ada di pegunungan yang terjal. Maubisse sendiri dikelilingi dengan pemandangan alam yang sangat indah. Wisatawan juga dapat mengeksplor kawasan ini ke desa tradisional Mambae dengan dibantu oleh pemandu wisata. Di desa ini wisatawan dapat belajar bertanam kopi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Maubisse, Timor Leste.

14. Desa Com

Desa Com
Image Credit: Google Maps Tiago Larsen

Com merupakan nama dari desa nelayan kecil. Letaknya ada di tepi barat Taman Nasional Nino Konis di Lautem. Desa nelayan ini memiliki pantai dengan pasir berwarna putih kekuningan yang indah dan membentang dari kedua arah.

Di tepi pantainya berjejer resor-resor kecil dan wisma. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Com seperti memancing, bersantai menikmati sunset, dan lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Com, Timor Leste.

15. Pantai Tutuala

Pantai Tutuala
Image Credit: Google Maps 林錦芬

Pantai Tutuala menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan jika berlibur ke Timor Leste. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang sangat bersih dan luas. Lokasinya sendiri memang cukup jauh dari Dili, kurang lebih 7 jam perjalanan, namun lelah perjalanan akan langsung terbayarkan setelah sampai di pantai ini.

Ada cukup banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Tutuala. Salah satu yang digemari oleh wisatawan adalah kegiatan snorkeling. Pemandangan alam bawah lautnya memang sangat menarik untuk dilihat.

Wisatawan juga sering bermain-main saja di sekitar bibir pantai karena kawasan ini sangat bersih dan tertata sehingga membuat wisatawan betah menghabiskan waktu berlama-lama di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tutuala, Timor Leste.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata menarik di Timor Leste yang belum disebutkan. Dengan banyaknya pilihan wisata, Anda sudah tidak perlu khawatir akan merasa bosan jika berlibur ke Timor Leste. Sebaliknya, Anda dapat sepuasnya mengelilingi negara yang satu ini dan menemukan beragam tempat yang tidak akan membuat Anda menyesal telah berkunjung.