Adelaide menjadi ibu kota dari negara bagian Australia Selatan. Letaknya ada di utara semenanjung Fleurieu, di antara Pegunungan Mount Lofty dan Teluk St. Vincent. Kota ini menjadi kota kelima yang paling padat di Australia. Selain menjadi kota yang memiliki sejarah panjang, Adelaide juga memiliki keindahan dan banyak daya tarik.

Kota ini memiliki taman hijau yang terawat, juga ada pemandangan alam seperti pegunungan dan pantai. Salah satu yang menjadi daya tarik Adelaide adalah Kangaroo Island atau Pulau Kanguru di mana wisatawan dapat dengan mudah melihat dan bahkan berinteraksi dengan hewan khas Australia tersebut.

Sayangnya, saat ini kota ini belum menjadi destinasi wisata utama bagi para wisatawan. Padahal banyak sekali destinasi yang dapat dieksplorasi. Berikut beberapa tempat wisata menarik di Adelaide sebagai tujuan untuk berlibur.

1. Kangaroo Island

Kangaroo Island
Image Credit: Google Maps Cricket X – Ray

Mendengar hewan kanguru, pasti langsung terbayang Australia. Hewan khas ini dapat banyak ditemui di Kangaroo Island atau Pulau Kanguru. Selain itu, ada juga berbagai satwa unik seperti singa laut, hewan-hewan reptil, dan juga lebah. Oleh karena itulah pulau yang terbesar ketiga di Australia ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Lokasi Pulau Kanguru ada di barat daya Adelaide. Pulau ini memproduksi minuman anggur dan juga berbagai agrikultur seperti madu, daging, wol, dan juga padi-padian. Selain itu, pulau ini juga memiliki beberapa destinasi wisata seperti Flinder Chase National Park, juga Seal Bay Conversation Park. Sebagai daya tarik Australia, pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama dari Eropa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kangaroo Island, Australia Selatan, Australia.

2. South Australian Museum

South Australian Museum
Image Credit: Google Maps Chandime ubesingha

South Australian Museum berdiri sejak tahun 1856 yang menjadi museum sejarah alam dan sebagai lembaga penelitian di kota ini. Dikelola oleh Pemerintah Australia Selatan, museum ini sendiri berada di kompleks bangunan North Terrace, sebuah kawasan budaya yang ada di Adelaide Parklands. Lokasi tersebut membuat museum ini sangat mudah untuk diakses.

Ada berbagai macam barang koleksi yang tersimpan di South Australian Museum. Beberapa koleksi merupakan benda purba seperti berbagai fosil, koleksi mineral dan meteorit, megafauna, juga galeri kehidupan Suku Aborigin yang merupakan penduduk asli Australia. Selain koleksi benda bersejarah, museum ini juga memiliki perpustakaan yang dapat dikunjungi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: North Terrace, Adelaide SA, Australia.

3. Migration Museum

Migration Museum
Image Credit: Google Maps Ali Rizwan

Migration Museum atau Museum Migrasi merupakan sebuah bangunan museum yang berisi sejarah sosial di Australia Selatan, terutama Adelaide. Museum ini juga menjadi salah satu dari tiga museum yang dikelola oleh History Trust of South Australia. Dibangun atas inisiatif pemerintah pada 1983, museum ini akhirnya dibuka untuk umum sejak 1986.

Migration Museum berkaitan erat dengan sejarah pemukiman imigrasi yang ada di Australia. Dengan bangunannya yang tampak klasik, museum ini menjadi tempat untuk mempromosikan keragaman budaya. Ada beberapa aspek yang ditonjolkan termasuk etnis, kelas sosial, usia, jenis kelamin, dan juga wilayah.

Harga Tiket: 18 AUD; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kintore Ave, Adelaide SA, Australia.

4. Adelaide Zoological Gardens

Adelaide Zoological Gardens
Image Credit: Google Maps Nick Blyth

Destinasi wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga karena memberikan wawasan baru pada anak-anak untuk mengenal beragam hewan. Kebun binatang ini merupakan kedua yang tertua di Australia. Dibuka pada 23 Mei 1883, kebun binatang ini memiliki luas 8 hektar. Koleksi hewan di dalamnya sebanyak 300 spesies dengan jumlah lebih dari 2.000 binatang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Frome Rd, Adelaide SA, Australia.

5. Gorge Wildlife Park

Gorge Wildlife Park
Image Credit: Google Maps Paul O’Leary

Selain Zoological Gardens, destinasi lain untuk melihat berbagai macam hewan liar adalah Gorge Wildlife Park. Destinasi dengan luas hampir 6 hektar ini berada di Cuddle Creek, Adelaide Hills. Jaraknya sekitar 30 kilometer timur laut dari pusat kota. Sudah dibuka sejak 1965, kebun binatang milik pribadi ini masih dikelola oleh keluarga yang sama sampai saat ini.

Terdapat cukup banyak hewan eksotis di kebun binatang ini, termasuk burung-burung dan hewan-hewan reptil. Selain itu, ada juga hewan seperti koala, tasmanian devil, dan hewan lainnya yang sangat menakjubkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Redden Dr, Cudlee Creek SA, Australia.

6. Elder Park

Elder Park
Image Credit: Google Maps Ray Warren

Elder Park atau Taman Elder merupakan salah satu taman yang publik yang ada di Kota Adelaide. Lokasinya berada di tepian selatan Sungai Torrens. Taman ini cukup banyak dikunjungi wisatawan dan sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Apalagi taman ini mudah untuk diakses, termasuk dengan menggunakan transportasi umum seperti bus.

Harga Tiket: 95 AUD; Map: Cek Lokasi
Alamat: King William Rd, Adelaide SA, Australia.

7. Adelaide Botanic Garden

Adelaide Botanic Garden
Image Credit: Google Maps Jane Paterson

Botanic Garden merupakan kebun raya yang memiliki luas hingga 51 hektar. Kebun raya ini berada di sudut timur laut Adelaide yang sudah dibuka sejak tahun 1857. Seperti namanya, di dalam kebun raya ini tumbuh berbagai koleksi tanaman obat-obatan, flora asli dari Australia, juga tanaman lainnya yang memiliki tujuan untuk sarana pendidikan dan juga penelitian.

Taman ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai. Wisatawan yang datang dapat menghabiskan waktu sepuasnya bersama keluarga. Menariknya lagi, kebun raya ini memiliki beberapa tempat lain yang dapat dikunjungi seperti Palm House, Konservasi Bicentennial, juga Rose Garden yang membuat taman ini menjadi lebih alami dan indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: North Terrace, Adelaide SA, Australia.

8. Rundle Mall Plaza

Rundle Mall Plaza
Image Credit: Google Maps Rundle Mall Plaza

Rundle Mall Plaza merupakan sebuah tempat perbelanjaan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di pusat perbelanjaan ini tersedia berbagai macam barang yang dapat dibeli seperti makanan-makanan yang lezat, buku-buku yang menarik, juga souvenir untuk oleh-oleh. Terdapat bangunan yang sangat unik seperti bola raksasa, banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai spot foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rundle Mall, Adelaide SA, Australia.

9. Victoria Square

Victoria Square
Image Credit: Google Maps Jayson Myst

Destinasi wisata ini cukup terkenal di Adelaide dan sangat menarik untuk dikunjungi terutama saat Natal. Hal ini karena di utara alun-alun terdapat pohon natal setinggi 24,5 meter. Tempat ini juga memiliki air mancur yang menjadi daya tarik karena adanya lampu-lampu yang sangat cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Grote St, Adelaide SA, Australia.

10. Marina Pier

Marina Pier
Image Credit: Google Maps Marina Pier

Marina Pier merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi di Adelaide. Destinasi ini juga sangat cocok sebagai tempat berlibur dengan keluarga. Ada banyak keseruan yang didapatkan, terutama untuk anak-anak. Di Marina Pier, wisatawan dapat merasakan berenang dengan lumba-lumba melalui Temptation Dolphin Swim.

Anak-anak berusia 9 tahun ke atas dapat masuk dalam air dan bermain-main secara langsung dengan mamalia laut ini. Sudah disediakan pakaian renang khusus untuk wisatawan yang tidak dapat berenang sehingga dapat mengapung di atas air. Sementara untuk 9 tahun ke bawah dapat melihat atraksi lumba-lumba di atas speedboat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marina Pier, Glenelg SA, Australia.

11. Pantai Semaphore

Pantai Semaphore
Image Credit: Google Maps Mikey B

Pantai Semaphore sangat menarik untuk dikunjungi karena merupakan pantai terbaik yang ada di Adelaide. Pantai ini cukup aman untuk bermain air, baik dewasa maupun anak-anak. Di pantai ini, wisatawan juga dapat berjalan-jalan santai dan bebas beraktivitas di lapangan yang luas. Ada juga kedai Fish n’ Chips untuk mengisi perut.

Daya tarik pantai ini adalah festival Adelaide International Kite Festival, yaitu festival layang-layang yang dilangsungkan pada bulan Maret atau April. Layang-layang dengan berbagai ukuran dan warna dapat dilihat pada siang hari, sementara pada malam hari akan ada pertunjukan kembang api. Selain itu ada juga Semaphore Summer Carnival yang diadakan setiap 11 Desember hingga 31 Januari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Semaphore SA, Australia.

12. Lake Bumbunga

Lake Bumbunga
Image Credit: Google Maps DONGLEI LI

Lake Bumbunga merupakan sebuah danau garam yang berada di Australia Selatan, kurang lebih 2 jam perjalanan dari Adelaide. Danau yang menjadi pertambangan garam sejak tahun 1881 ini sangat unik karena selain pemandangannya yang indah, danau ini memiliki air yang dapat berubah menjadi merah muda tergantung oleh salinitas air di sepanjang tahun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Australia Selatan, Australia.

13. The Garden of Unearthly Delights

The Garden of Unearthly Delights
Image Credit: Instagram Caroline Elliott

Taman ini merupakan salah satu destinasi outdoor yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menjadi tempat untuk berwisata malam, wisatawan juga dapat melihat berbagai festival yang terkenal dengan beragam lampu berwarna-warni yang membuat suasana menjadi lebih romantis. Oleh karena itu, taman ini sangat cocok untuk hangout bersama teman atau pasangan.

Tidak hanya sekedar taman, ada juga beberapa bar, kios-kios yang menyajikan beragam makanan, pasar, juga berbagai tontonan menarik. Ada pertunjukkan seperti teater, tarian, sirkus, hiburan keluarga, musik, dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rundle Park – Kadlitpina, East Terrace, Adelaide SA, Australia.

14. River Torrens

River Torrens
Image Credit: Google Maps Mark Moses

River Torrens cukup terkenal dan menjadi salah satu sungai yang menjadi daya tarik kota ini. Bersumber dari Bukit Adelaide yang berada dekat dengan Mounth Plesant, sungai ini mengalir sejauh 85 kilometer melintasi pusat kota hingga memasuki Telut St. Vincent. Di sepanjang aliran sungai inilah wisatawan dapat bersantai sambil menikmati keindahan di sekitarnya bersama keluarga atau teman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Australia Selatan, Australia.

15. Barrosa Valley Wineries

Barrosa Valley Wineries
Image Credit: Google Maps Carolyne Moore

Berada sekitar 56 kilometer dari Kota Adelaide, destinasi wisata ini merupakan kawasan anggur yang tertua di Australia. Di kawasan ini, pengunjung dapat melihat perkebunan anggur serta mencicipi dan menikmati hasil produksi anggur. Tersedia juga layanan tour sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan pegunungan, sungai, dan bukit yang indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dixon St, Clarence Park SA, Australia.

Adelaide merupakan kota yang cukup sepi, apalagi jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Australia seperti Sydney atau Melbourne. Tidak banyak wisatawan yang memilih kota ini sebagai tempat untuk menghabiskan liburan. Padahal Adelaide cukup banyak destinasi wisata yang memiliki daya tariknya sendiri untuk dikunjungi.